Sistem Rating Game Indonesia Bakal Permudah Misi Mendikbud dalam Pendidikan Game

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Mar 4, 2015.

Discuss Sistem Rating Game Indonesia Bakal Permudah Misi Mendikbud dalam Pendidikan Game in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,101
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania! Selamat membaca Sistem Rating Game Indonesia Bakal Permudah Misi Mendikbud dalam Pendidikan Game.
    [​IMG]
    Anies Baswedan, Mendikbud Indonesia

    Pendidikan gamebakal semakin mudah jika Indonesia memiliki sistem rating sendiri
    Dalam sebuah seminar, Menteri Pendidikan & Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia, Anies Baswedan sempat mengungkapkan adanya efek negatif dari video game yg memicu banyaknya aksi pembegalan di berbagai daerah Indonesia. Pernyataan tersebut sedikit bertolak belakang dengan sebuah penelitian yg sudah kami bahas sebelumnya, dimana meningkatnya popularitas sebuah game, terutama yg bertema kekerasan justru membuat aksi kekerasan di dunia nyata berkurang.

    [​IMG]Prof Anies, Begal Bisa Berkurang Berkat Video Game KekerasanBaca Juga
    Akan tetapi, Anies Baswedan pun memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai pernyataannya tersebut. Dikutip dari sebuah artikel di halaman resmi Kemdikbud, Anies menjelaskan bahwa video game yg tepat dapat memberikan dampak positif pada anak, bahkan juga bisa digunakan secara khusus sebagai media pembelajaran kognitif, motorik, maupun sosial emosional. Bagaimana caranya? Anies menjelaskan bahwa di sinilah peran sistem rating dalam game seharusnya bisa bekerjadengan baik.

    [​IMG]Kuliah Om Jas: Apa itu Rating Game?Baca Juga
    Sistem rating berperan untuk memberikan peringatan tentang kecocokan konten dalam game untuk dimainkan usia tertentu. Ada banyak sistem rating yg diimplementasikan di berbagai negara dunia, seperti ESRB (Amerika), CERO (Jepang) & PEGI (Eropa). Contohnya dalam ESRB, terdapat enam kategori rating disesuaikan dengan konten game-nya, antara lainEarly Childhood (cocok untuk anak di bawah lima tahun), Everyone (untuk semua umur),Everyone 10+ (untuk usia 10 tahun ke atas), Teen (untuk usia 13 tahun ke atas / remaja), Mature (untuk usia 17 tahun ke atas) & Adults Only(untuk dewasa), serta satu kategori Rating Pending yg artinya game tersebut belum mendapatkan rating.

    [​IMG]
    Sistem rating ESRB yg banyak digunakan di dunia, termasuk Indonesia

    Namun, di Indonesia sendiri implementasi dari sistem rating ini belum sepenuhnya bisa berjalan dengan baik, karena adanya perbedaan kultur & kebudayaan antara Indonesia dengan negara asal sistem rating tersebut.Untuk itu memang dibutuhkan sistem rating yg lebih sesuai dengan kultur yg ada di Indonesia. Beberapa bulan terakhir,sistem rating khusus untuk Indonesia yg disebut dengan Indonesia Game Rating System (IGRS) tengah digodok oleh Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemkominfo) bersama para pelaku industri game di Indonesia. Tujuannya tentu saja, untuk memberikanpanduan & edukasi kepada orang tua ataupun gamer itu sendiri mengenai game apa yg cocok untuk mereka mainkan.

    [​IMG]Liputan: Diskusi Membahas Sistem Rating Game di Indonesia Bersama KemenkominfoBaca Juga
    Dari draft awal yg pernah diperkenalkan Kemkominfo, sistemrating di Indonesia sendiri nantinya akan dibagi menjadi beberapa kategori, antara lainU (ditujukan untuk semua umur), B (Balita, usia 1-5 tahun yg membutuhkan pendampingan orang tua), A (Anak, usia 6-10 tahun yg membutuhkan bimbingan orang tua), R (Remaja, usia 13 tahun ke atas & masih membutuhkan bimbingan orang tua), D (Dewasa, usia 17 tahun ke atas) & X (Lebih Dewasa, 21 tahun ke atas). Sistem ini statusnya tentatif & masih digodok untuk mencari komposisi yg pas. Ke depannya saat diimplementasikan nanti, sistem rating ini bisa berperan dalam pendidikan game untuk masyarakat.

    Mendikbud menjelaskan, pemahaman sistem rating ini sangat penting karena masih banyak anak & orangtua yg masih awam & membeli game tanpa memperhatikan kategori rating-nya, / mungkin belum paham dengan logo & hurufrating yg ada di cover sebuah game. Mendikbud juga berharap orangtua bisa menyadari klasifikasi rating game ini, serta membimbing & terlibat bersama anak-anaknya untuk memilih game yg cocok sesuai dengan usia mereka. Harapan Mendikbud tersebut tentunya akan lebih mudah tercapai jika Indonesia memiliki sistem rating sendiri seperti IGRS nantinya, dengan logo & penjelasan yg lebih mudah dipahami orang awam dibandingkan sistem rating seperti ESRB, CERO / PEGI.

    [​IMG]

    Semoga IGRS bisa secepatnya diimplementasikan, & benar-benar bisa mempermudah pendidikan game seperti harapan Kemendikbud.

    [Sumber: Kemdikbud]

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Sistem Rating Game Indonesia Bakal Permudah Misi Mendikbud dalam Pendidikan Game diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Sistem Rating Game Indonesia Bakal Permudah Misi Mendikbud dalam Pendidikan Game.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page