Snowden Ungkap Aktifitas Mata-Mata Selandia Baru

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Mar 10, 2015.

Discuss Snowden Ungkap Aktifitas Mata-Mata Selandia Baru in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,109
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Snowden Ungkap Aktifitas Mata-Mata Selandia Baru

    Lagi & lagi, Snowden membuat gebrakan lainnya dengan mengungkap data baru tentang aktifitas mata-mata or yg lebih dikenal dengan istilah surveillance. Dari informasi yg diungkap Snowden tersebut, ia menjelaskan bahwa pemerintah Selandia Baru melakukan aktifitas mata-mata sama seperti yg dilakukan oleh NSA. Government Communications Security Bureau (GCSB) diklaim Snowden melakukan aktifitas mata-mata ke sejumlah negara di Pasifik Selatan. Tidak hanya itu, GSCB pun melakukan koordinasi dengan ba& intelijen Australia untuk memata-matai beberapa negara tetangganya seperti Indonesia, Filipina & Papua Nugini.

    Informasi yg dihembuskan oleh Snowden ini sangat menghebohkan. Mengingat wilayah Asia-Pasifik, khususnya Australia & Indonesia sempat bersitegang akibat tindakan mata-mata negeri kangguru itu kepada sejumlah pejabat teras Indonesia, tak terkecuali Presiden SBY. Berdasarkan informasi yg dipaparkan oleh Snowden, kegiatan mata-mata itu sangat terorganisir. Selandia Baru tergabung di kelompok Five Eyes, sebuah operasi kerja sama antara Amerika Serikat, Kanada, Inggris & Australia untuk memata-matai sejumlah negara di wilayah Pasifik Selatan. Paparan yg terdapat dalam dokumen Snowden tersebut menyatakan bahwa GSCB berhasil menghimpun sejumlah data penting berupa surel, catatan komunikasi & data pengguna.

    Markas besar GSCB terletak Walhopai, di wilayah Pasifik Selatan. Mereka memata-matai beberapa negara di antaranya adalah Fiji, Papua New Guinea, Kepulauan Solomon, Nauru, Samoa, Vanuatu, Kiribati, Kaledonia Baru, Tonga & Polinesia Perancis. Berdasarkan berita yg dilansir dari The Intercept, data komunikasi yg dikumpulkan oleh GSCB ini bersifat acak. Informasi tersebut tidak menyebutkan target spesifik siapa yg diincar oleh lembaga tersebut. Data penyadapan GSCB ini berasal dari program komputer NSA yg bernama Xkeyscore, yg mana isinya berupa data rahasia yg Snowden ungkap pada tahun 2013 yg lalu.

    PM Selandia Baru, John Key, menyatakan bahwa informasi yg ada dalam data Snowden itu penuh asumsi yg salah. Per&a menteri tersebut bahkan menyatakan bahwa jika memang ada penyadapan yg digunakan untuk melindungi kepentingan negara, itu tidaklah salah karena mereka dibayar untuk itu. Se&gkan politisi dari Partai Liberal yg merupakan oposan PM John Key, Andrew Little mengatakan bahwa ia kaget dengan hal itu. Tetapi, ia memaklumi jika GSCB harus melakukan penyadapan untuk kepentingan negara. Hanya saja ia menyaygkan sikap Selandia Baru yg mengumpulkan data tersebut untuk disetorkan pada pemerintah AS.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenSnowden Ungkap Aktifitas Mata-Mata Selandia Baru diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page