Liga Indonesia SPESIAL: Debutan Indonesia Di Piala AFF Yang Cetak Gol Di Laga Perdana

Discussion in 'Bola' started by Bola, Nov 24, 2014.

Discuss SPESIAL: Debutan Indonesia Di Piala AFF Yang Cetak Gol Di Laga Perdana in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,236
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Turnamen Piala AFF 2014 sudah resmi bergulir sejak Sabtu (22/11). Laga di Grup A antara Filipina kontra Laos menjadi pembuka turnamen sepakbola tertinggi antarnegara Asia Tenggara itu. Timnas Indonesia pun bisa dibilang cukup berhasil melewati adangan tim tuan rumah Vietnam di laga perdana.

    Menyusul, mereka mampu menahan Vietnam dengan skor 2-2. Dua gol tim Merah Putih dilesakkan Zulham Malik Zamrun pada menit ke-33 dan Samsul Arif (84). Sementara dua gol Vietnam dicetak Que Ngoc Hai (11) dan Le Cong Vinh (68).

    Yang menarik adalah, ada beberapa pemain Indonesia di laga itu melakoni debut mereka di Piala AFF. Sebut saja Zulham, Manahati Lestusen, Achmad Jufriyanto, serta Sergio Van Dijk. Namun, dari para debutan itu hanya Zulham yang mampu mencetak gol di laga tersebut.

    Goal Indonesia pun mencoba mengulik kembali siapa saja para debutan di Piala AFF, yang berhasil mencetak gol di laga perdana ajang dua tahunan itu. Hasilnya, Zulham merupakan pemain Indonesia ke-16 yang berhasil melakukan itu. Berikut ulasannya:

    PIALA AFF 1996​

    Ini adalah pertama kalinya Piala AFF digelar, tentu saja semua pemain timnas yang terpilih dalam skuat melakoni debut mereka di ajang ini. Ketika itu, Indonesia mampu menang telak di laga perdana atas Laos, skor 5-1.

    Fakhri Husaini menjadi pencetak gol pertama timnas Indonesia di Piala AFF. Gol bersejarah tersebut dilesakkannya ketika pertandingan baru berjalan lima menit. Setelah itu, Eri Irianto (almarhum) menggandakan kedudukan menjadi 2-0 sepuluh menit berselang.

    Gelontoran gol ke gawang Laos tak berhenti sampai di situ. Kurniawan Dwi Yulianto (17), Robby Darwis (34), dan Peri Sandria (65) menggenapi gol kemenangan tim Garuda. Laos hanya berhasil membalas satu gol.

    PIALA AFF 1998​

    Pada edisi kedua ini, sebenarnya Indonesia berhasil menaklukkan Filipina pada laga perdana dengan tiga gol tanpa balas. Namun, pencetak gol yang berstatus debutan di laga itu hanya Uston Nawawi. Menyusul, dua gol lainnya dilesakkan Bima Sakti dan Widodo Cahyono Putro yang sebelumnya sudah memperkuat timnas di Piala AFF 1996.

    PIALA AFF 2000​

    Kejadian yang sama terjadi pada Piala AFF 2000. Dipertemukan kembali dengan Filipina di laga perdana, Indonesia berhasil menang dengan skor 3-0. Dan, Eko Purdjianto menjadi debutan yang berhasil langsung mencetak gol pada laga perdana di Piala AFF pertamanya.

    Sementara dua gol lainnya dicetak oleh Aji Santoso dan Kurniawan yang sudah merasakan Piala AFF sebelumnya. Untuk pertama kalinya, Indonesia mengakhiri ajang ini di posisi runner-up.

    PIALA AFF 2004​

    Pada laga perdana fase grup, Indonesia bertemu dengan Laos. Kembali, tim Merah Putih berhasil menang mudah atas Laos enam gol tanpa balas. Dua debutan Piala AFF saat itu berhasil menyumbangkan masing-masing dua gol.

    Mereka adalah Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma. Ilham sendiri berhasil menjadi top skor pada Piala AFF kali ini dengan torehan tujuh gol. Sayang, dia gagal membawa timnas meraih juara.

    [​IMG]
    PIALA AFF 2007​

    Kembali, Indonesia harus menghadapi Laos di laga perdana fase grup. Sama seperti sebelumnya, Indonesia kembali meraih kemenangan dengan skor cukup telak 3-1. Kali ini, Atep Rizal yang menjalani debutnya di Piala AFF tampil impresif.

    Dia berhasil melesakkan dua gol kemenangan untuk timnas pada menit ke-51 dan 75. Sementara satu gol lainnya dicetak Saktiawan Sinaga yang sudah mengecap Piala AFF sebelumnya.

    PIALA AFF 2010​

    Indonesia mengawali Piala AFF kali ini dengan hasil gemilang. Terlebih, di laga perdana mereka berhasil membungkam rival utama Malaysia dengan skor telak 5-1.

    Pada laga itu, tiga pemain debutan ikut menyumbangkan masing-masing satu gol. Mereka adalah Cristian Gonzales, Muhammad Ridwan, dan Irfan Haarys Bachdim. Sayang, Indonesia kembali gagal meraih juara setelah di partai final takluk dari Malaysia dengan agregat skor 4-2.

    [​IMG]
    PIALA AFF 2012​

    Bisa dibilang, persiapan timnas Indonesia di Piala AFF 2012 adalah yang terburuk sepanjang sejarah keikutsertaan timnas di Piala AFF. Pasalnya, polemik mewarnai persiapan tim Garuda. Mulai dari adanya dualisme PSSI, kompetisi, hingga terbentuknya timnas tandingan.

    Namun pada akhirnya skuat Indonesia tetap berangkat ke Piala AFF dengan materi pemain yang mayoritas berasal dari klub Indonesia Premier League (IPL), dan tentunya tanpa pemain klub Indonesia Super League (ISL). Imbasnya, mayoritas pemain saat itu banyak yang mendapatkan debut berlaga di Piala AFF.

    Namun, hanya dua pemain yang berhasil mencetak gol di laga perdana. Mereka adalah Raphael Maitimo dan Vendry Mofu. Saat itu, Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Laos di laga pertama.

    [​IMG]
    PIALA AFF 2014​

    Alfred Riedl kembali ditunjuk untuk kedua kalinya sebagai pelatih timnas Indonesia di Piala AFF kali ini. Beberapa muka baru coba diberikan kesempatan oleh pelatih asal Austria itu. Mulai dari Rizky Rizaldi Pora, hingga pemain muda potensial macam Manahati Lestusen dan Evan Dimas Darmono. Tak ayal, ada 12 pemain dalam skuat Merah Putih saat ini yang baru merasakan atmosfer Piala AFF.

    Namun dari lima pemain debutan yang masuk skuat inti ketika melawan Vietnam di laga perdana, hanya Zulham yang berhasil mencetak gol. Pertandingan itu pun berakhir dengan kedudukan 2-2.

    [​IMG]

    liga indonesia isl, live score, wikipedia, pes 2013, divisi 1, 2014, super, SPESIAL: Debutan Indonesia Di Piala AFF Yang Cetak Gol Di Laga Perdana
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page