Start Surabaya Diresmikan, Inilah “Pabrik” Startup Kreatif Anak Muda Surabaya!

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jan 7, 2015.

Discuss Start Surabaya Diresmikan, Inilah “Pabrik” Startup Kreatif Anak Muda Surabaya! in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,101
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania! Selamat membaca Start Surabaya Diresmikan, Inilah “Pabrik” Startup Kreatif Anak Muda Surabaya!.
    [​IMG]
    Nih Forward Factory-nya. Keren kan?

    Mengawali tahun 2015, program Start Surabayasecara resmi dibuka oleh TriRismaharini, Walikota Surabaya. Pembukaan Start Surabaya ini juga dibarengi dengan peresmianForward Factory, coworking spaceterbaru Surabaya yg dikhususkan untukpeserta Start Surabaya.Acara pembukaannya sendiri dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Januari 2015 ini di gedung Spazio lantai 7 yg merupakan lokasiForward Factory-nya.

    Bagi yg belum tahu,Start Surabaya adalah sebuah program inkubasi & akselerasi perusahaan rintisan (startup) kreatifberbasis teknologi, yg memiliki misi agar anak muda Surabaya dapat meluncurkan bisnis atauproduk berbasis teknologi yg berdampak positif & memberikan nilai tambah kepada masyarakat.Program yg diselenggarakan oleh Kibar bersama dengan Pemerintah Kota Surabaya, Spazio, SuaraSurabaya FM, & Enciety adalah inkubator di tingkat kota yg pertama kalinya diadakan di Indonesia.Dengan mengusung kerjasama & kolaborasi antara berbagai elemen baik komunitas, akademisi,media, pemerintah, maupun swasta, para stakeholder yg terlibat secara bersama-sama inginmemajukan Surabaya menghadapi tantangan ekonomi global di masa mendatang melaluipemberdayaan anak muda yg kreatif & inovatif.

    [​IMG]
    Yansen Kamto, CEO dari Kibar

    Acara dimulai dengan sambutan dari Yansen Kamto selaku CEO dari Kibar. Yansen banyak menjelaskan mengenai seperti apa konsep dari Start Surabaya, & konsep coworking space yg diterapkan dalam Forward Factory tersebut. “Sebagai entrepreneur yg berkecimpung di industri kreatif, coworking space seperti Forward Factory sangatlah dibutuhkan, bukan hanya untuk menampung ide, tetapi juga untuk memicu tumbuhnya kolaborasi serta kerjasama antar orang dari berbagai latar belakang berbeda,”ungkapYansen.

    Start Surabaya sendiri menjalankan seleksi yg cukup ketat dalam mencari bibit-bibit unggul yg nantinya akan “digembleng” dalam Forward Factory ini. Dimulai dari sesi pendaftaran yg akhirnya mencatat total 568 peserta dari berbagai kalangan, dilanjutkan dengan sesi interview yg diikuti oleh 120 peserta, hingga akhirnya terpilih 45 peserta batch pertama yg akan berkolaborasi & berkarya dalam Forward Factory.

    [​IMG]

    Forward Factory bukan hanya merupakan tempat bekerjabagi para peserta Start Surabaya untuk mengembangkan ide masing-masing, tapi mereka juga akanberkolaborasi dengan berbagai komunitas & pebisnis kreatif serta teknologi di Surabaya dansekitarnya seperti Beon, Soledad & The Sister Co., Ayorek!, Waft Lab, Layaria, Kreavi, danFotografer.net.

    Berbagai komunitas yg terlibat ini secara bergotong royong mengisi & melengkapi berbagai hal didalam coworking space tersebut, mulai dari menghias dekorasi ruangan hingga mengisi berbagaiprogram & aktivitas yg mendorong & menginspirasi kreativitas anak muda Surabaya. Salah satucontohnya, sebagian dinding di area Forward Factory dihias oleh mural / lukisan dinding darikomunitas Serikat Mural Surabaya, di mana mereka menampilkan ikon Surabaya, yaitu ikan hiu danbuaya.Munculnya coworking space ini merupakan sebuah awal untuk mengumpulkan talenta muda kreatif,sehingga ke depannya mereka dapat menyebarkan semangat kolaborasi & menumbuhkan pondasiekosistem industri kreatif berbasis teknologi di Surabaya.

    [​IMG]
    Tri Rismaharini, Walikota Surabaya

    Selain Yansen, sambutan secara khusus juga diberikan oleh Tri Rismaharini. Walikota Surabaya yg akrab dipanggil dengan Risma ini mengungkapkan bahwa industri kreatif terutama digital akan berjaya, & Surabaya akan menjadi salah satu pusatnya. “Saya berharap, dengan adanya Start Surabaya, Surabaya bisa menjadi pusat industri kreatif di Indonesia,” ungkap Risma. Risma juga menjelaskan, dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang kepala daerah, dirinya juga selalu mengedepankan semangat kolaborasi ini untuk mempercepat akselerasi pembangunan berbagai bidang di Surabaya.

    [​IMG]

    Setelah berbagai sambutan, acara dilanjutkan denganperesmian Forward Factory secara langsung oleh Risma dengan melaksanakan potong tumpeng. Salah satu peserta termuda dalam Start Surabaya akhirnya mendapatkan kehormatan untuk mendapatkan potongan tumpeng pertama dari orang nomor satu di Surabaya tersebut. Usai meresmikan, kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para peserta Start Surabaya untuk mengabadikan momen bersamaibu walikota. Acara sendiri tidak berhenti di situ saja, karena tampak peserta juga mengikuti sesi talkshow perdana di Forward Factorylantas dilanjutkan dengan sesi mentoring perdana mereka di Start Surabaya.

    [​IMG]

    Selama tiga bulan, para peserta akan digembleng untuk menjalani aktivitas berupakombinasi workshop, seminar, konsultasi serta pelatihan yg dibantu mentor & fasilitatorberpengalaman dari industri. Mereka akan menjalani serangkaian proyek yg akan membantumereka menciptakan startup mulai dari ide hingga eksekusi. Mereka juga akan dibekali denganberbagai pelatihan soft skill yg bisa membantu mengembangkan kemampuan diri & kepribadianmereka sebagai calon pebisnis kreatif berbasis teknologi. Proses ini akan terus berulang tiga bulan selanjutnya dalam batch kedua, ketiga & seterusnya. Semoga dengan hadirnya Start Surabaya ini akan banyak hadir startup-startup baru yg bisa menghasilkan produk berkualitas, sehingga berdampakpositif & memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

    Saatnya anak muda berkarya & berjaya!

    [​IMG]

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Start Surabaya Diresmikan, Inilah “Pabrik” Startup Kreatif Anak Muda Surabaya! diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Start Surabaya Diresmikan, Inilah “Pabrik” Startup Kreatif Anak Muda Surabaya!.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page