Startup HMS SaaS Medico Raih Pendanaan dari East Ventures

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 18, 2016.

Discuss Startup HMS SaaS Medico Raih Pendanaan dari East Ventures in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,756
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Medico, startup hospital management system (HMS) berbasis SaaS (Software as a Service), hari ini (18/1) mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Ventures1. Didirikan oleh Grace Tahir & Jonathan Sutantyo, startup yg produknya masih dalam tahap pengembangan ini dijadwalkan meluncur pada kuartal kedua 2016.

    Dengan perolehan pendanaan ini, Medico berencana untuk perekrutan & penyempurnaan produknya. Besarnya pendanaan sendiri tidak disebutkan. Awalnya Medico didanai secara bootstrap oleh Grace & saudara laki-lakinya, Jonathan Tahir.

    [​IMG]

    Duafounder Medico, Grace & Jonathan Sutantyo telah berkecimpung di industri kesehatan.Keduanya telah menjadi pemain di industri tersebut selama 30 tahun. Berdasarkan pengalaman tersebut, mereka mengenali adanya sejumlah masalah yg kerap dihadapi pengguna HMS.

    Saya & Jonathan melihat minimnya sistem manajemen yg baik untuk penyedia layanan kesehatan. Sistem yg ada saat ini antara terlalu kaku, terlalu mahal, / malah keduanya, jelas Grace kepada Tech in Asia.

    Menurut Grace, sebagai startup, tim Medico memilki kesempatan merancang (HMS) dari awal berdasarkan umpan balik (pengguna). HMS dari Medico juga diklaim lebih terjangkau dari layanan serupa yg sudah ada.

    Grace tidak menyebutkan berapa biaya yg akan dipatok Medico kepada provider layanan kesehatan. Namun, menurutnya, rentang harga akan bervariasi, tergantung dari seberapa besar provider tersebut & durasi kontraknya.
    Potensi pasar yg besar
    Bukan hanya karena adanya masalahpada HMS saat ini, Medico juga melihat adanya peluang di ranah kesehatan. Menurut data yg dipaparkan Medico, saat ini industri kesehatan Indonesia mengeluarkan dana belanja kebutuhan IT sebesar $2 miliar (sekitar Rp27,9 triliun).Jumlah tersebut diproyeksikan meroket hingga lebih dari $6 miliar (sekitar Rp83,9 triliun) pada 2019.

    Dari sisi sasaranpengguna,saat ini sudah terdapat hampir 30.000 penyedia layanan kesehatan di Tanah Air, yg terdiri dari rumah sakit, klink, & apotek.Dalam lima tahun ke depan, jumlah itu pun diproyeksikan bertambah sebanyak 10 hingga 13 persen,dan Medico mengaku siap untuk menunggangi peningkatan tersebut.

    Mengenai kompetisi, Grace mengatakan pasar HMS masih sangat fragmented, serta belum jelas siapa yg menjadi pemimpin di segmen ini. Sehingga Medico, dengan pengalaman para pendiri & keunggulan produknya, berambisi menjadi pemimpin pasar HMS di Indonesia.

    Diedit oleh Pradipta Nugrahanto
    • Keterangan: East Ventures juga berinvestasi di Tech in Asia. Baca halaman etika kami untuk informasi lebih lanjut.

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page