Tantangan Terberat Seorang CISO

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Mar 26, 2015.

Discuss Tantangan Terberat Seorang CISO in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,100
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Tantangan Terberat Seorang CISO

    Menjadi seorang CISO (Chief Information Security Officer) bukanlah tugas yg mudah. Ia bertanggung jawab terhadap keamanan informasi sebuah organisasi & menjaganya untuk tidak terekspos oleh pihak ketiga. Itulah yg pernah dirasakan oleh Vish Padmanabhan, Advisor SEAC Leader Pricewaterhouse Coopers Indonesia untuk bi&g TICE (Technology, Information, Communication, Entertainment and Media). Vish adalah mantan CIO dari Telstra, perusahaan telekomunikasi terbesar di Australia. Dalam sebuah diskusi singkat di Oakwood, Mega Kuningan, (26/3/15), ia menuturkan bahwa menjadi seorang CISO/CIO penuh dengan banyak tantangan. Vish memaparkan beberapa tantangan yg pernah dihadapinya ketika menjabat sebagai CISO/CIO.

    Tantangan terbesar pertama yg harus dihadapi oleh seorang CISO menurut Vish adalah memastikan bagaimana faktor keamanan tidak mengganggu operasional bisnis. Business is very important. Person who becomes a CISO/CIO have to make sure that security wont hinder the business, papar Vish. Berdasarkan pengalamannya, tidak sedikit perusahaan yg menanggalkan keamanannya untuk memperlancar kemudahan bisnis. Begitupun sebaliknya. Banyak juga perusahaan yg terlalu berfokus pada keamanan sehingga melalaikan kepentingan bisnisnya. Keamanan harus dibuat sesederhana mungkin, sehingga bisa diaplikasikan secara user friendly, kata Vish.

    Hal ini berkorelasi langsung dengan tantangan kedua yg harus dihadapi oleh seorang CISO/CIO. Tantangan berikutnya yg harus dihadapi oleh seorang CISO/CIO adalah memastikan bahwa faktor keamanan tidak mengurangi pangsa pasar perusahaan. Menurut Vish, ketika perusahaan terlalu berfokus pada keamanan & tidak menyederhanakan layanannya biasanya hal ini berimbas pada berkurangnya pangsa pasar. Oleh karenanya, seorang CISO/CIO dalam pan&gan Vish harus ditantang pula untuk bisa memberikan produk, jasa or layanan pada konsumen secara cepat & tentunya menaikkan kolaborasi keamanan agar bisa beriringan dengan bisnis.

    Agar tantangan yg dihadapi oleh CISO/CIO ini bisa teratasi, Vish menuturkan bahwa mereka yg menduduki jabatan harus orang yg tepat, memiliki pengalaman di bi&g industri dengan baik, mempunyai relasi dengan jaringan CISO/CIO dari seluruh dunia & harus memiliki inovasi. Khusus aspek inovasi ini, Vish menekankan bahwa seorang CISO/CIO harus mempunyai testing lab di mana mereka bisa terus berinovasi untuk menghadapi ancaman terhadap keamanan informasi yg selalu dinamis.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenTantangan Terberat Seorang CISO diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page