Tekan Penyalahgunaan Aplikasi, Sistem Rating Google Play Store Berdasar Usia Bakal Digunakan

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Mar 18, 2015.

Discuss Tekan Penyalahgunaan Aplikasi, Sistem Rating Google Play Store Berdasar Usia Bakal Digunakan in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania! Selamat membaca Tekan Penyalahgunaan Aplikasi, Sistem Rating Google Play Store Berdasar Usia Bakal Digunakan.
    [​IMG]Dengan reviewmanual & sistem rating Google Play Store baru ini,diharapkan jumlah aplikasi & game yg berbahaya bisa ditekan.
    Selama beberapa tahun terakhir, Google memang mengimplementasikan berbagai peraturan mengenai aplikasi & game yg akan didaftarkan di Google Play Store. Namun, peraturan saja ternyata tidak cukup, karena terbukti seringkali Google “kecolongan” denganlolosnya aplikasi dengan kualitas buruk, mengandung banyak malware, / merupakan versi porting ilegaldari game asli yg dirilis di platform lain. Untuk menyiasati hal itu, Google pun membentuk satu tim khusus untuk me-review & menyetujui aplikasi yg bakal masuk secara manual, plus mengimplementasikan sistem rating Google Play Store yg baru.

    [​IMG]Kuliah Om Jas: Apa itu Rating Game?Baca Juga
    Sistem review manual ini hampir sama dengan apa yg dilakukan Apple terhadap App Store-nya, dimana akan ada campur tangan satu tim khusus manusiauntuk menentukan apakah sebuah aplikasi layak ditampilkan & bisa di-download dari Google Play Store. Selain itu, sistem ini juga menggunakan berbagai algoritma komputasi tertentu untuk menyaring dari aplikasi-aplikasi berbahaya & melanggar ketentuan dari Google.

    Sedangkan untuk sistem rating Google Play Store sendiri, nantinya di setiap aplikasi & game yg muncul akan ada penanda rating usia layaknya yg kamu temui di box game-game konsol. Sistem rating yg digunakan akan mengikuti region Google Play Store, sebagai contoh untuk Google Play Store Amerika, maka Google menggunakan sistem rating ESRB. Begitu pula dengan Google Play Store di Eropa, maka Google akan menggunakan sistem rating PEGI. Sistem rating ini penting untuk menunjukkan kepada calon usermengenai berapa usia yg cocok untuk menggunakan aplikasi / memainkan game tersebut. Tujuannya? Tentu saja agar anak-anak tidak memainkan game / menggunakan aplikasi yg banyak mengandung kontendewasa, yg tidak sesuai dengan umurnya.

    [​IMG]
    Contoh implementasi sistem rating dalam aplikasi YouTube Kids di Amerika (menggunakan ESRB)

    Lantas, bagaimana dengan region / negara yg belum memiliki sistem rating sendiri seperti Indonesia? Google akan menerapkan sistem rating Google Play Store yg umum, mengikuti standarInternational Age Rating Coalition (IARC). Jadi nantinya jika kamu membuka sebuah halaman aplikasi / game di Google Play Store, maka kamu akan melihat angka-angka yg menunjukkan umur minimal yg cocok untuk menggunakan aplikasi tersebut. Contohnya jika tertulis 3+, maka aplikasi tersebut cocok untuk anak usia minimal tiga tahun.

    [​IMG]4 Alasan Kenapa Indonesia Butuh Game Rating SendiriBaca Juga
    Perubahan kebijakan ini tentu memberikan “PR” baru bagi para developer yg merilis game & aplikasi di Google Play Store. Bagi yg game & aplikasinya sudah ada di Google Play Store, developer tersebut harus mengisi sebuah kuesioner tambahan di Developer Console yg nantinya akan menentukan rating dari game atauaplikasi tersebut. Hal yg sama juga akan dialami oleh developer yg akan mendaftarkan game / aplikasi baru, dimana mereka juga harus mengisi kuesioner serupa & melalui tim reviewer Google sebelum game / aplikasi tersebut tampil & bisa di-download.

    Bagaimana jika ada developer yg “tidak mau tahu” & tidak mengisi kuesioner ini? Siap-siap saja aplikasi / game yg dibuat akan mendapatkan rating Unrated dari Google. Jika sudah mendapatkan rating Unrated, maka ada kemungkinan aplikasi / game tersebut diblok alias tidak muncul di Google Play Store beberapa negara. Sistem rating ini akan diimplementasikan secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan untuk memberikan waktubagi developer mengisi kuesioner & menentukan rating dari karya mereka.

    Jadi, bagi para developer Android, sudahkah kamu mengisi kuesioner untuk menentukan rating dari game / aplikasi yg sudah kamu buat?

    [Sumber: Android Developer via Engadget]

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Tekan Penyalahgunaan Aplikasi, Sistem Rating Google Play Store Berdasar Usia Bakal Digunakan diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Tekan Penyalahgunaan Aplikasi, Sistem Rating Google Play Store Berdasar Usia Bakal Digunakan.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page