Telah Ditemukan Worm Yang Dapat Menyerang Firmware Macs

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Aug 13, 2015.

Discuss Telah Ditemukan Worm Yang Dapat Menyerang Firmware Macs in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Telah Ditemukan Worm Yang Dapat Menyerang Firmware Macs

    Komputer keluaran Apple sering disebut sangat aman karena firmware-nya yg tak bisa ditembus oleh pembuat virus. Namun kini tak lagi, karena telah ditemukan sebuah malware yg bisa menembus komputer milik Apple tersebut. Adalah dua peneliti keamanan bernama Xeno Kovah & Trammell Hudson yg membuat & mendemonstrasikan Thunderstrike 2, malware buatan mereka, dilansir dari Wired.

    Thunderstrike 2 bisa menginfeksi BIOS dari perangkat Mac, & tak bisa dibersihkan dengan sekadar menginstal ulang OS & bahkan mengganti storage. Parahnya, malware yg di desain proof-of-concept worm ini tetap bisa menyebar secara otomatis dari MacBook ke MacBook meski tak saling terhubung internet. “(Serangan ini) sukar untuk dideteksi, sangat sulit untuk disingkirkan, & memang benar-benar sulit melindungi terhadap sesuatu yg berjalan di dalam firmware,” kata Xeno Kovah.



    Firmware sendiri merupakan tempat yg sangat strategis untuk menyisipkan malware pada sebuah mesin, karena firmware bekerja di bawah tingkat dimana antivirus & produk keamanan lainnya beroperasi sehingga dapat membiarkan malware tersebut menginfeksi firmware tanpa ada gangguan. Firmware juga tak terpengaruh apabila sistem operasi pada perangkat tersebut dihapus or diinstal ulang, akibatnya malware tetap dapat menginfeksi firmware tersebut terus menerus. Oleh karena itu jika korban berpikir dapat membersihkan komputernya dari malware dengan menginstal ulang sistem operasi komputer, hal ini tidak berlaku pada malware pada firmware.

    Mereka akan bersemayam di ROM yg ada di komputer Mac, seperti adapter Thunderbolt to Ethernet. Dengan begitu, penyebarannya juga bisa terjadi ketika aksesoris yg terinfeksi dipakai di komputer lain. “Masyarakat tak sadar bahwa barang sekecil & semurah (adapter Thunderbolt to Ethernet-red) ini bisa menginfeksi firmware mereka. Kamu menyebarkan malware ini ke seluruh dunia,” ujar Kovah.

    Menurut Kovah, exploitasi semacam ini lebih parah dibanding Stuxnet, yg menyerang Iran beberapa waktu lalu melalui sebuah flashdisk. “Stuxnet bersembunyi di balik driver kernel dalam file sistem Windows. Jadi ia mudah terdeteksi, karena itu adalah tempat yg dicek oleh semua orang,” tambahnya.Sementara Thunderstrike 2 menyerang ROM semacam BIOS, & biasanya pembuat perangkat tak melindungi firmware di chip tersebut. “Kami membuat penelitian ini untuk meningkatkan kesadaran mereka terhadap serangan firmware,” ucap Kovah.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenTelah Ditemukan Worm Yang Dapat Menyerang Firmware Macs diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page