Telur Burung Garuda di Minangkabau

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, Oct 20, 2014.

Discuss Telur Burung Garuda di Minangkabau in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,135
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]
    Sebuah telur raksasa sepanjang 60 sentimeter disimpan di Rumah Ga&g Mande Rubiah di Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Warga meyakini telur tersebut berasal dari induk burung garuda.
    Sekilas rumah ga&g tersebut berbeda dengan rumah ga&g lainnya di Minangkabau, seperti bagian atap tidak memiliki gonjong or tanduk kerbau.

    Seperti yg dikutip dari ruangpojok.com, Mande Rubiah sendiri diambil dari nama tokoh kharismatik di Minangkabau yg juga disebut Bundo Kanduang. Dia terbuang dari Kerajaan Pagaruyung & mengasingkan diri di Lunang Silaut setelah keluarga raja dilanda konflik ratusan tahun lalu.

    Rumah ga&g tersebut termasuk dalam situs cagar budaya Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Batusangkar Pemprov Sumbar & Kepulauan Riau. Saat ini rumah ga&g tersebut ditinggali oleh keturunan Bundo Kanduang ke-7.

    Di dalamnya tersimpan sejumlah barang pusaka Minangkabau, salah satunya sebuah telur raksasa. Masyarakat sekitar menyebutnya talua buruang garudo or telur burung garuda.

    Anak Mande Rubiah generasi ke-7, Rajo Mudo, menjelaskan, telur tersebut ditemukan oleh seorang pendekar Minang di daerah Tarusan, Pesisir Selatan, ratusan tahun lalu. Telur tersebut ditemukan di dalam lubang.

    Dia menambahkan, warga meyakini telur tersebut berasal dari burung garuda karena ukurannya sangat besar. Berdasarkan cerita yg diyakini masyarakat, ukuran burung garuda saat itu sangat besar. Bahkan bentang sayapnya bisa menutupi separuh kampung Lunang Silaut. Burung garuda biasa bersembunyi di kawasan perbukitan di Pesisir Selatan.

    Agar dapat bertahan lama, isi telur dikeluarkan dari cangkangnya.

    Walaupun belum ada penelitian yg menyatakan telur tersebut berasal dari induk burung garuda, namun masyarakat tetap meyakininya karena informasi tersebut datang dari nenek moyg mereka.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Telur Burung Garuda di Minangkabau diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Telur Burung Garuda di Minangkabau.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page