Temui Cortana, Peramal Piala Dunia 2014 Milik Microsoft yang Hampir 100% Tepat!

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jul 15, 2014.

Discuss Temui Cortana, Peramal Piala Dunia 2014 Milik Microsoft yang Hampir 100% Tepat! in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania!

    [​IMG]

    Masih ingat dengan Paul si Gurita? Di perhelatan Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 lalu tiba-tiba nama Paul yang tinggal diSea Life Centre di kotaOberhausen,Jerman ini menjadi tenar berkat kehebatannya meramal hasil setiap pertandingan, khususnya pertandingan yang melibatkan timnas Jerman. Dalam meramal, dia akan memilih makanan di salah satu wadah yang sudah berisi makanan kesukaannya, dimana dalam wadah tersebut juga terdapat bendera kedua kesebelasan yang bertanding. Di wadah mana dia akan memakan makanannya, menjadi pertanda bahwa bendera yang ada di wadah tersebut akan menjadi bendera negara pemenangnya. Sayangnya, kiprah Paul hanya sampai di Piala Dunia 2010 lalu karena dia menghembuskan nafas terakhirnya pada bulan Desember 2010 karena faktor usia.

    [​IMG]
    Paul si Gurita

    Publik yang merindukan “ramalan” Paul di Piala Dunia 2014 kali ini akhirnya mendapatkan pengganti yang sepadan. Perkenalkan Cortana, asisten digital milik Microsoft yang mereka tanamkan dalam Windows Phone 8.1. Cortana, yang namanya diambil dari AI serial Halo ini menjadi jawaban Microsoft atas Siri, asisten digital serupa yang ditanamkan di iOS. Di perhelatan Piala Dunia 2014 ini, Cortana mendapatkan “tugas” baru, yaitu menebak setiap hasil pertandingan dengan benar. Untuk melakukan hal tersebut, Cortana terintegrasi dengan salah satu fitur search engine milik Microsoft, Bing yang disebut dengan Bing Predicts. Kamu cukup menanyakan kepada Cortana, siapa yang akan memenangkan sebuah pertandingan, dan Cortana akan menjawabnya dengan menyertakan beberapa alasannya.

    [​IMG]

    Cortana pun menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Tercatat, selama 15 babak knockout Piala Dunia 2014 (sejak perdelapan final hingga final, tidak termasuk dengan babak perebutan tempat ketiga), Cortana berhasil menebak seluruh pemenang dengan benar 100%. Kesalahan Cortana hanya dilakukan saat babak perebutan tempat ketiga, dimana dia meramalkan bahwa Brazil menjadi pemenangnya. Padahal, dalam perebutan gelar hiburan tersebut, sang tuan rumah harus takluk dihajar tiga gol tanpa balas oleh Belanda. Tentu keberhasilan Cortana tersebut menambah panjang kesukesan Bing Predicts dalam meramalkan “masa depan” setelah sebelumnya Bing Predicts bisa menebak dengan benar 21 diantara 24 pemenang kategori Piala Oscar dan juga siapa yang berhasil menjadi pemenang atau yang dieliminasi dalam ajang American Idol.

    [​IMG]
    Tebakan manjur Cortana di partai Final Piala Dunia 2014

    Bagaimana cara kerja Cortana memanfaatkan fitur Bing Predicts ini? Dikutip dari blog resminya, Cortana memanfaatkan penuh kemampuan Bing Predicts dengan menganalisa beberapa faktor dan data yang didapatkan, seperti rekor pertemuan dua tim sebelumnya dan juga bagaimana performa mereka dalam kompetisi-kompetisi sebelumnya. Selain itu, ada juga beberapa data lain seperti faktor keuntungan menjadi tuan rumah, letak geografis sebuah negara dan juga bagaimana menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca di arena pertandingan, hingga statistik sebuah tim saat menggunakan permukaan rumput lapangan yang berbeda-beda. Dengan menganalisa banyak data ini, akhirnya Cortana maupun Bing Predicts pun akhirnya bisa menebak siapa yang keluar menjadi pemenang dalam sebuah pertandingan.

    [​IMG]
    Tebakan tepat lainnya dari Cortana

    Meskipun dia hanya merupakan peramal virtual, namun kehebatan prediksi Cortana lebih baik dibandingkan dengan mendiang Paul Gurita. Sebelumnya, Paul hanya bisa menebak 14 pertandingan dengan benar dari 16 pertandingan yang ditebaknya di Piala Dunia 2010 lalu. Di Piala Dunia 2014 ini, Cortana memenangkan persaingan melawan Shaheen, seekor unta yang berasal dari Dubai. Selama perhelatan Piala Dunia 2014 ini Shaheen memang menebak dengan benar lebih banyak dari Cortana, 18 pertandingan. Namun Shaheen juga mendapatkan tugas yang lebih berat, yaitu menebak 27 pertandingan.

    [​IMG]
    Shaheen, unta peramal dari Dubai

    Ke depan, Cortana akan mendapatkan beberapa tugas untuk menjadi “peramal” lagi di berbagai event, seperti memilih pemain yang akan masuk dalam tim NBA dalam NBA Draft, hingga memilih siapa pemenang Pemilu di Amerika Serikat.

    [Sumber: WP Central/Microsoft Blog/Bing/Yahoo]

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Temui Cortana, Peramal Piala Dunia 2014 Milik Microsoft yang Hampir 100% Tepat! diatas dikutip dari Internet secara gamblang.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page