This War of Mine Review

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 27, 2014.

Discuss This War of Mine Review in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,622
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. This War of Mine Review.

    Mungkin udah sering banget kita temui video game bertema peperangan di pasaran yg cenderung lebih memfokuskan aksi personil militer dalam peperangan itu sendiri. Tapi beda dengan game buatan studio indie 11 Bit Studios yg bakal Gamexeon review kali ini, yaitu This War of Mine (TWOM).

    STORYLINE


    Latar waktu TWOM berdasar pada serangan yg terjadi di Sarajevo (1992-1996). Peperangan yg menewaskan banyak warga sipil ini merupakan serangan militer terlama yg menimpa sebuah ibukota dalam sejarah peperangan modern.

    Yang bikin game TWOM punya premis yg menjanjikan adalah sudut pan&g yg para developer 11 Bit Studios ambil dalam sebuah peperangan. Ketika kebanyakan game bertema peperangan selalu mengambil sudut pan&g karakter utama sebagai seorang prajurit militer, TWOM justru mengambil sudut pan&g warga sipil sebagai pihak yg sering terlupakan & jadi korban perang. Pihak-pihak yg memulai perang seringkali lupa bahwa ka&g rakyat sipil mereka jadikan korban dalam peperangan yg mereka mulai. Mereka lupa bahwa rakyat sipil hanya manusia biasa yg ngga terlatih sebagai prajurit untuk bisa beradaptasi untuk bertahan hidup dalam kondisi saat maupun pasca perang.



    Dalam game ini kita bakal mengontrol beberapa karakter yg akan saling bekerja sama untuk bisa bertahan hidup dalam beratnya situasi serangan di Sarajevo. Masing-masing karakter punya alasan untuk terus bertahan hidup. Akhir kisah mereka tergantung seberapa terampil & kuatnya tekad kita untuk membantu mereka bertahan hidup.

    GAMEPLAY


    Gaya permainan TWOM adalah point & click sidescrolling platformer. Kita akan mengendalikan lebih dari satu karakter yg akan berjuang bersama dalam situasi sulit semasa perang. Tugas utama mereka adalah ngumpulin segala macem bentuk perlengkapan & bahan pangan untuk dipake bertahan hidup selama mungkin. Bahan-bahan itu bisa diperoleh dengan berbagai cara. Mau mengais dari puing-puing, barter dengan sesama rakyat sipil, or bahkan merampok. Bahan-bahan yg udah dikumpulin nantinya bisa dipake buat crafting perlengkapan lain seperti layaknya main Minecraft. Mulai dari perlengkapan istirahat seperti kasur, sofa, kursi, perlengkapan masak seperti kayu bakar, bahan bakar, kompor, saringan air bersih, hingga persenjataan seperti pisau & senjata api.

    Di situasi sulit & kepepet seperti hidup dalam masa peperangan, moral manusia sebagai makhluk beradab pun diuji. Apakah mereka akan tetep bisa mempertahankan nilai-nilai moral sesama manusia dengan ngga mencuri persediaan milik rakyat sipil lain, or bakal lebih mengutamakan egonya sebagai orang egois yg lebih milih mempertahankan kelangsungan hidup diri sendiri ketimbang orang lain.



    Kalian bakal banyak dihadapkan oleh pilihan moral dalam game ini. Beberapa contohnya seperti ketika ada dua orang anak kecil yg minta bantuan gue buat ngasih sisa stok obat buat ibu mereka yg se&g sakit. Bokapnya udah lama pergi nyari stok bahan makanan & obat tapi ngga balik-balik. Saygnya stok obat gue udah habis & gue terpaksa ninggalin mereka berdua pulang dengan tangan hampa. Di hari lain ketika ketiga karakter gue udah mulai kelaparan, di suatu malam karakter gue terpaksa ngerampok rumah sepasang kakek-nenek. Di satu sisi gue butuh makan untuk bertahan hidup, tapi di sisi lain gue juga kasihan dengan kakek-nenek yg terpisah dari keluarga mereka. Ketika gue putusin untuk ngambil beberapa bahan makanan dari mereka, hal ini berimbas di karakter gue yg mengalami beban moral karena udah nyuri bahan makanan yg sebenernya dibutuhin orang lain. Karena terlalu depresi akibat perbuatannya, karakter gue pun gantung diri.



    Hal-hal yg karakter kita lakuin juga berlaku buat orang lain. Selagi kita menyusuri reruntuhan bangunan di tempat lain buat nyari persediaan material & bahan pangan, orang lain (NPC) juga ngelakuin hal yg sama di rumah tempat karakter kita bertahan hidup. Kebanyakan dari mereka merampok & ka&g ngga segan buat ngebunuh karakter kita. Solusi buat meminimalisir aksi perampok ini dengan cara crafting senjata & papan untuk barikade pintu rumah kita. Selain itu juga kita bisa mengatur peran karakter kita di malam hari. Apakah mereka butuh tinggal untuk bega&g ronda semaleman, keluar rumah mengais persediaan, or tidur buat istirahat semaleman. Tiap pilihan akan selalu ada konsekuensinya & itu semua pilihan yg sulit.



    Kegiatan karakter nantinya akan terbagi jadi dua. Di pagi hingga malam, kalian bisa ngelakuin kegiatan-kegiatan seperti crafting perlengkapan baru, upgrade peralatan rumah, masak, or istirahat total. Malam hingga paginya kalian bisa milih untuk bega&g ngeronda di rumah, tidur, or keluar nyari lokasi baru buat ngumpulin persediaan. Saygnya siklus waktu di TWOM terhitung cukup singkat. Rasanya satu hari ngga bakal pernah cukup buat ngelakuin itu semua.

    Mungkin kalian bisa coba tips bertahan hidup dari artikel yg kabarnya ditulis langsung oleh salah satu korban perang serangan Sarajevo buat main game TWOM ini.

    GRAPHIC


    Kalo kalian pernah main game Deadlight (buatan Tequila Works), kurang lebih feel-nya hampir sama. Tampilan visual dalam game didominasi warna monokrom hitam-putih lengkap dengan efek debu & kabut yg menghiasi kota yg dilanda peperangan. Kegiatan karakter di dalam bangunan bisa terlihat jelas dengan gaya visual bangunan yg terpotong sehingga kita bisa lihat seisi bangunan. Meskipun tampilan visual bangunan digambarkan dalam bentuk gambar potongan, bukan berarti karakter kita bisa serta-merta lihat isi sebuah bangunan (asing) meskipun berada di luar. Tampilan interior bangunan asing baru yg kita dieksplorasi akan di-blur selama kita belum masuk. Hal ini bikin kita lebih waspada dalam memasuki bangunan baru yg rawan berisi warga or tentara yg bersenjata. Selama pintu bangunan masih tertutup, karakter kita nantinya bisa ngintip isi ruang yg ada di depannya sebelum melancarkan aksi stealth-nya.

    Dari segi kualitas grafis sebenernya sih standar aja. Dengan grafis yg demikian, game TWOM itungannya cukup enteng buat dimainin secara mobile di laptop. Frame rate-nya pun juga cukup stabil di angka 30-an FPS. Yang bikin wah justru di nuansa yg tercipta dari desain environment-nya. Reruntuhan bangunan pasca perang dilengkapi efek debu & dinginnya kabut malam bisa bikin kita makin depresi dalam bertahan hidup di game TWOM.

    SOUND


    Seperti di kebanyakan game yg juga punya unsur stealth, aspek suara memegang peran penting bagi karakter dalam beraksi. Mengais diantara reruntuhan bangunan sangat mustahil tanpa menimbulkan suara berisik. Kalo bangunan yg dimasuki sepi sih ngga apa, tapi jadi berbahaya kalo ada orang bersenjata di dalamnya. Selain karakter kita bisa masuk dengan cara mengendap-endap, mereka juga dibekali kemampuan crafting beberapa peralatan untuk masuk ke dalam bangunan asing tanpa perlu terlalu berisik. Seperti contohnya untuk membuka pintu yg terkunci, kita bisa pake lockpick sebagai alternatif dari pemakaian linggis yg pasti jauh lebih berisik. Memutar lewat rute ruangan yg jauh dari orang bisa jadi solusi untuk menjelajah bangunan, tapi sering jalur alternatif ini tertutup oleh gundukan beton yg roboh. Biarpun berisik, jauh lebih aman & efisien waktu kalo kalian pake sekop buat mindahin puing-puing itu ketimbang milih rute yg riskan ketemu langsung sama orang bersenjata.

    Di aspek musik, TWOM dihiasi alunan musik latar yg mendayu sekaligus bisa ngegambarin mencekamnya situasi kota dalam peperangan di malam hari. Dijamin kalian bakal makin depresi kalo kelamaan main game ini. Bukan karena gamenya jelek or terlalu susah. Tapi memang karena beban moral dari kisah yg harus dihadapi masing-masing karakter.

    REPLAYABILITY


    Banyak event yg bakal kalian dapet secara acak. Entah itu ketemu survivor lain yg minta gabung ke rumah kalian, entah dua bocah yg minta bantuan bahan makanan & obat-obatan, entah ada orang asing yg ngajak ngerampok persediaan makanan anggota militer. Semuanya terjadi secara ngga berurutan di setiap permainan TWOM. Mungkin puluhan hari yg udah gue habiskan dalam game TWOM hingga tamatnya permainan sekalipun masih sekedar bagian permukaan gamenya aja. Gue yakin banyak (event) rahasia yg tersimpan dalam game ini.



    Dengan banyaknya cara yg bisa ditempuh supaya karakter kalian bisa bertahan hidup selama mungkin, TWOM punya nilai replayability yg tinggi bahkan setelah kalian namatin game ini. Cuma yg jadi satu pertanyaan, kalian kuat mental ngga nanggepin tiap beban moral yg juga dialami setiap karakter di dalamnya ketika main TWOM berulang kali?

    LONGEVITY


    Seperti yg gue bilang sebelumnya, game ini punya kekurangan di singkatnya siklus waktu permainan siang & malamnya. Kecepatan bergantinya hari di TWOM berakibat di cepet tamatnya game ini sekaligus ikut meningkatnya tingkat kesulitan game. Cukup wajar itungan durasi permainan mengingat game ini cuma berukuran sekitar 700MB-an. Tapi meskipun ukuran gamenya kecil, beratnya depresi yg bakal kalian alami bikin 10 hari perang dalam game bakal kerasa seperti depresi selama 10 bulan.

    VERDICT


    Ka&g sebuah proyek game yg ambisius ngga lepas dari hal yg terikat dengan apa yg dialami oleh developernya. Seperti salah satunya game TWOM ini. Salah satu alasan mereka meyakinkan diri buat bikin game dengan sudut pan&g yg beda & ngga takut dengan tema yg tabu adalah karena salah satu dari staff 11 Bit Studios mengalami langsung serangan yg berlangsung di Sarajevo.

    Meskipun game yg mereka bikin mengambil setting tempat serangan yg berlangsung di Sarajevo, pesen utama yg tersirat dari game ini adalah perang membawa kesengsaraan bagi tiap orang. Pihak yg memulai perang & dengan sengaja or tidak melibatkan rakyat sipil hingga menghilangkan nyawa mereka merupakan penjahat perang yg harus diadili.

    This War of Mine bukan sekedar game untuk nyari kesenangan bermain perang. This War of Mine adalah tentang sebuah pengalaman. Simulasi pengalaman akan tekad manusia untuk terus berjuang hidup dalam kondisi terberatnya disamping mempertahankan nilai-nilai moral sebagai manusia dalam peperangan.

    Kalian bisa beli This War of Mine di GOG.com dengan harga asli $19.99 (Bonus FREE goodies: 4 wallpaper) or dari Steam yg lagi diskon 10% (berakhir sampe tanggal 2 Desember 2014). Atau kalo kalian sabar nunggu sampe Black Friday mendekati akhir tahun ntar, harganya bisa turun lebih banyak lagi.

    STORY: 8.0
    GAMEPLAY: 8.0
    GRAPHIC: 8.0
    SOUND: 7.0
    REPLAYABILITY: 9.0
    LONGEVITY: 8.0

    VERDICT SCORE: 8.0

    Catatan: Review This War of Mine dimainkan di versi Windows PC

    Sumber

    Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode.

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. This War of Mine Review.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page