TIA DevTalk Key Ingredients of UI/UX for Development

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 23, 2016.

Discuss TIA DevTalk Key Ingredients of UI/UX for Development in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,756
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Pernahkah kamu ingin menghapus sebuah aplikasi di smartphonekarena ada fitur yg kamu rasa kurang & loading-nya lambat? Lalu, tidak lama kemudian, kamu memilih untuk mengunduh aplikasi lain yg fungsinya serupa, namun fitur yg diusung lebih lengkap, & membuat kamu lebih nyaman menggunakannya? Atau saat kamu sedang asyik menjelajah dunia maya, lalu dahi kamu dibuat mengernyit oleh sebuah situs yg tampilannya berantakan, sehingga kamu buru-buru meninggalkan laman tersebut.

    Itu artinya, secara tidak sadar, kamu baru saja menemui produk yg UX-nya kurang bagus. UX itu apa, sih? Dalam dunia teknologi, kamu akan mendengar istilah user experience (UX) & user interface (UI).

    Gampangnya, UX adalah pengalaman yg kamu rasakan saat menggunakan sebuah produk. Apakah kamu nyaman menggunakannya, apakah ada yg membuat kamu kurang menyukai produk tersebut, & lainnya. Sementara UI lebih berhubungan dengan desain antar-muka dari perangkat / produk yg kamu gunakan. Misalnya, notifikasi pop-up di aplikasi transportasi yg kamu gunakan, hingga desain layar smartphone kamu.

    Karena saat ini persaingan di dunia teknologi digital semakin ketat, maka para kreator maupun developer produk teknologi harus pintar-pintar menciptakan produk. Selain memperhatikan fungsi, kebutuhan, & solusi yg dapat diberikan produk tersebut, pengalaman yg dirasakan pengguna saat menggunakan produk tersebut juga tidak kalah penting.

    UX termasuk salah satu aspek penting untuk menentukan sukses / tidaknya sebuah produk. Kalau UX-nya bagus, tentu produkmu akan disukai banyak orang. Tapi kalau UX-nya kurang bagus? Ya, siap-siap saja melihat rate uninstall yg tidak sedikit.

    Untuk memastikan kalau UX produk sudah cukup bagus, prosesnya tidak hanya berhenti cuma sampai riset UX ke user saja. Developer front end juga perlu menentukan tool yg akan digunakan supaya desain UX bisa dieksekusi dengan baik.

    Yang jadi pertanyaan selanjutnya, komposisi apa saja yg kamu perlukan untuk membuat UI/UX yg sesuai untuk pengguna, dari awal hingga menuju proses development?

    Nah, kalau kamu mau kepo lebih lanjut tentang UI/UX, yuk ikut TIA DevTalk bulan ini! Kami akan mengajak praktisi dari UX Researcher & Front-end Developer yg akan berbagi metode apa saja yg harus dilakukan untuk menyajikan UI/UX terbaik bagipengguna produk.

    Di sini, kamu bisa tahu lebih banyak tentang cara terbaik untuk memahami keinginan pengguna & menerjemahkan ke dalam proses pembuatan produk. Sehingga, kamu bisa menciptakan produk-produk digital yg nyaman untuk dipakai pengguna.

    Apakah kamu Front-end Developer, UX Designer, UI/UX Engineer, Product Manager, Software Developer, / tech savvy yg tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang UI/UX? Kamu harus datang ke acara ini!

    Catat waktu & tempatnya:
    Hari, Tanggal : Rabu, 27 Januari 2016
    Waktu : Pukul 18.00 – 21.00 WIB
    Tempat : Bukalapak Office, Plaza City View, Lt. 1-2, Jalan Kemang Timur No. 22,
    Pasar Minggu, Pejaten Barat, Jakarta Selatan
    Tema : Key Ingredients of UI/UX for Development

    Siapa saja pembicara keren yg kami hadirkan di acara ini?

    Sigit Adinugroho

    Lulusan ITB ini adalah seorang Digital Product Designer. Sigit memiliki pengalaman selama 8 tahun sebagai desainer, baik di startup maupun korporat, termasuk Oracle, Bukalapak, Ice House & DBS Bank. Pernah menjadi UI/UX Mentor di gelaran Google Launchpad Week Jakarta 2015, resep yg dibagikan pembicara ini pastinya terlalu sayang untuk tidak kamu catat.

    Devita Mira

    Sebelum menjadi UX Researcher untuk Bukalapak saat ini, Devita pernah mencicipi posisi Front-end Developer di Bukalapak juga. Dari developer ke researcher, tentunya ada insight & pengalaman menarik yg akan Devita bagikan untuk kamu.

    Selain kedua pembicara keren tadi, kami juga mengundang dua orang expert yg bisa kamu ajak berdiskusi santai seputar UI/UX development sembari networking. Mereka adalah Monika Halim, Senior UX Architect dari OgilvyOne Worldwide & Dhanto Santika Yudha, Front-end Developer Kaskus Network. Jadi, kamu tidak cuma mendengar saja, tapi bisa langsung bertanya pada ahlinya.

    Sudah siap belajar lebih banyak tentang UI/UX langsung dari para ahlinya sambil main-main ke kantor Bukalapak yg keren itu? Yuk, daftarkan diri kamu sekarang juga. Acara ini gratis namun terbatas, lo! Jangan sampai kamu kehabisan kursi!


    Powered by Eventbrite
    Pastikan juga kamu tidak ketinggalan informasi meetup & acara selanjutnya dengan subscribe ke tautan berikut.

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page