Tiongkok Diduga Lakukan Spionase di Asia

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Apr 13, 2015.

Discuss Tiongkok Diduga Lakukan Spionase di Asia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,148
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Tiongkok Diduga Lakukan Spionase di Asia

    Setelah sebelumnya negara Rusia yg dicurigai melakukan spionase di sejumlah negara Barat, kini Tiongkok pun dicurigai melakukan hal yg serupa. Seperti yg dikutip oleh FireEye, mereka menemukan bahwa Tiongkok telah melakukan spionase lebih dari sepuluh tahun lamanya. Dapat dikatakan, spionase yg dilakukan oleh Tiongkok ini terbilang canggih. Mereka melakukan spionase tersebut di beberapa negara Asia Tenggara & India.

    Target spionase yg dilakukan oleh Tingkok itu adalah institusi pemerintahan, perusahaan & organisasi media. Tiongkok melakukan spionase tersebut untuk mencari informasi terkait sengketa Laut China Selatan. Sebuah wilayah yg diperebutkan oleh Tiongkok & beberapa negara ASEAN seperti Filipina, Vietnam, Brunei & Malaysia. Wilayah Laut China Selatan adalah teritorial yg kaya akan migas & sumber pangan laut.

    FireEye mengatakan bahwa pemerintah Tiongkok telah mengirimkan banyak hacker canggih mereka untuk menginfiltrasi jaringan Internet pemerintah di Asia. Cara mereka menginfiltrasi jaringan Internet pemerintah dengan cara penyebaran malware melalui USB Drive. Setelah malware menyebar & tidak terdeteksi, hacker pun akan dengan mudah berdiam di dalam jaringan tersebut & selanjutnya mengumpulkan informasi rahasia.

    Beberapa informasi yg menurut FireEye menjadi incaran hacker ini adalah informasi intelijen pemerintah & berbagai data penting tentang Laut China Selatan. Berdasarkan informasi yg dipaparkan oleh FireEye, Tiongkok menargetkan beberapa negara di Asia Tenggara karena negara anggota ASEAN yg bertikai itu mempunyai ikatan yg kuat dengan pemerintah AS.

    Pemerintahan Obama adalah salah satu negara yg menentang keras dominasi Tiongkok di wilayah Laut China Selatan. FireEye menjelaskan bahwa Tiongkok telah menginfiltrasi jaringan Internet & melakukan spionase sejak tahun 2005 berdasarkan beberapa temuan yg telah mereka peroleh. Tidak hanya itu saja, Tiongkok pun berhasil masuk ke jaringan Intranet setelah sebelumnya memaksa administrator mengunduh file yg berisi malware.

    Ketika dikonfimasi terkait berita ini, Kementerian Pertahanan Tiongkok pun tidak berkomentar banyak. Sebelumnya banyak pihak yg mengabaikan spionase yg dilakukan oleh Tiongkok karena isu tersebut didominasi oleh fenomena Snowden. Aksi mata-mata yg melibatkan NSA itu cukup menyita perhatian dunia & publik lebih terfokus pada isu tersebut.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenTiongkok Diduga Lakukan Spionase di Asia diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page