Tip dan Trik Menikmati RPG Open World Seperti Fallout

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 8, 2015.

Discuss Tip dan Trik Menikmati RPG Open World Seperti Fallout in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,754
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    “Gagal tamat” mungkin bisa menjadi istilah yg bisa saya gunakan untuk menggambarkan topik daritulisan ini. Bagaimana tidak? Belakangan saya beberapakali menjumpai kasus“terjebaknya fokus” temandalam bermaingameyang bisa dikatakan semakin sporadis akibat konten yg cukup besar.Hal tersebutmembuat kemungkinan mereka menamatkan game sepertiFallout 4 danThe Witcher 3: Wild Huntsemakin kecil, terlebih lagi di saatgame keren lainnya akandirilis dalam jangka waktu berdekatan.

    Sebagai gameryang cukup sering berhadapan dengangame open world keluaran Bethesda (mulai dariElder Scrolls Morrowind hinggaFallout 4), saya melihat bahwa semakinke sini,game yg mereka buatsemakin luas & berisi. Siapapun pasti akanmenghabiskan puluhanjam untuk menjelajahi setiap detail tempat yg ada.

    Keberadaan dunia yg sangat luas tadi membuat waktu bermainmu semakin dimelarkan oleh konten sampingan yg seolah tak akan pernah ada habisnya. Ini membuat saya merasa perlumembagikan sejumlah trik menikmatigame open worldagar pengalaman bermainmu berjalan “lancar”,dalam artian kisahsingle playercampaign terselesaikan dengan baik dangame yg kamu beli dengan harga mahal benar-benar bisadinikmati dengan baik.
    PlaytroughPertama Ditujukan untuk Mengejar EsensiCerita
    [​IMG]

    Hal yg perlu diingat & ditekankan dalam setiap bermaingame open world adalahselalu jadikanpengalamanpertamamu sebagaibasis untuk menikmati sebagiandari keseluruhan cerita yg ada. Ini artinya kamu tidak harus mengejarplaytroughpertamamusesempurna mungkin, jadi hindarilah obsesibergabung dengansetiap faksi yg ada dalamgame ataumendapatkansemuaending yg tersedia.

    Pengalaman bermaingame open world yg ditawarkan oleh Bethesda (dan beberapa developer lainnya) belakangan inisemakin diarahkan untuk permainanmultisesi. Hal tersebut dibuat dengan harapanagar gameyang mereka buat akan dimainkanulang dengan replay valueyang tinggi, entah itu untuk mengejar setiapachievement yg disediakanatau sekedar bereksperimen dengan model karakter baru.
    [​IMG]Di Fallout 4 rasanya lebih mudah menerjang peluru yg ditembakkan lawan, daripada menghindari rasa penasaran pada objek yg terlihat dari kejauhan

    Oleh karena itulah dalam setiapgame yg wujud karakter utamanya selalu dibuatsendiri oleh pemain (alias tidak ada dibuatkan karakter utamayang jelas seperti Geralt of Rivia, CommanderSheppard, & lainnya), pihak developer selalu memberikan opsi jalan cerita / endingyang lebih dari satu.

    Jadi bila kamu tidak sampaimenyelesaikansalah satu dari sekianending yg ada, maka kamu saya anggap telah gagal menamatkangame tersebut. Intinya di sini cukup fokuskandirimu pada misi utamasaja, sebelum rasa bosan menghinggapimu terhadappola permainangame tersebut.
    Mengejar Achievement Itu Perlu, Asal…[​IMG]“Berhenti membunuh kaum kami untuk ke 399 kalinya!!!” Teriak sang monster Draugr

    Bagimerekayang tergolonggamer completionist alias gemar memburu semuaachievement dalamgame, maka buatlah “struktur pengejaran” yg jelas dengan cara melihat & menentukan achievement mana saja yg ingin kamu raih di sini. Jangan berlaku sporadis.

    Di era internet yg banyak mengandung informasi bermanfaat seperti saat ini, saya rasa mencari bocoranachievement apa saja yg ada dalam gameadalah hal yg mudah, apalagi jika kamu menggunakan Steam.
    [​IMG]Silakan browsing & cari tahu mana saja achievement yg mendekati progres bermain kamu untuk saat ini. Jangan cari yg terlalu jauh.

    Parapengejar trofidanachievement merupakan sasaranempuk bagi mekanismequest pangacaualur bermain. Sebagian dari merekamudah sekali dialihkan dengan ragam aktivitas sampingan yg memakan waktu, jadijangan heran jikaada kawanmu yg hingga kini belum menamatkan cerita sebuahgamehanyakarena mereka sudah terlalu lama bermain.Saran saya: beri mereka dukungan moril untuk segeramenyelesaikanquestutama, jangan tanya trofi platinumnya sudah ada berapa.

    Kabar baiknya, beberapa game buatan Bethesda ada juga yg masih bisa kamu lanjutk mainkan setelah menamatkan cerita utamanya. Kesempatan inilah yg bisa kamu gunakan untuk mencariachievement komplementer seperti membunuh sekian ratus musuh, mengoleksiitem collectible, & lain sebagainya.
    Lakukan Ekpserimendengan Karakter Baru & Lakukanlah Hal yg Belum Pernah Dilakukan di SesiSebelumnya
    [​IMG]

    Nah, jika kamu sudah susah payah menamatkanquestcerita pertama kamu, langkah berikutnya adalah mendayagunakan kesempatan bermainmu berikutnya untuk menjelajahi kontengame yg kamu lewatkan di sesi sebelumnya.

    Mau bergabung dengan faksi lain yg kamu jadikansebagai lawandi sesi sebelumnya? Oh … silakan. Ingin bermain peran sebagai karakter baru, jadi koboi Wastelanddan menjelajahi museum penyihir diFallout 4, / jadiDovahkiinpencopet ulung diSkyrim?Itu malah justru disarankan.

    Faktorreplay valuemerupakan hal paling pentingdi sesi bermain kamu dalam RPG.Kamu sekarang mempunyaialasan lagi untuk bertahan memainkangame yg sudah susah payah kamu beli.

    Sensasislow burn alias menghabiskangame kamu tanpa terburu -buru (menikmatinya setengah-setengah) menjadi faktor penting berikutnya di sini.Lakukan hal yg kamu inginkan satu demi satu, bermainlah peran baru di dunia ini, dapatkan achievement yg kamu mau,dan cari percabangan cerita yg baru. Niscaya kamu semakin tak akan menyesali pembeliangamekamu.
    ModSebagai Alternatif untuk Menambah Pengalaman BermainSelanjutnya[​IMG]Lewat bantuan mod, Arnold Schwaz.. eh si Conan pun bertualang di Skyrim

    Ini mungkin bisa menjadi tahap bermain berikutnyaapabilakamu sudah mulai merasa bosan dengan pengalaman yg ada di versi asligame tersebut. Anggap saja kamu sudah menamatkan semua cerita yg ada di sini, jadi tak ada alasan lagi bagi kamu untuk bereksperimen dengan variasi baru di sini.

    Mod sendiriterbagidaribermacam jenis & masing-masing menawarkan pengalaman yg berbeda, mulai dari hal yg sifatnya komplementer seperti quest tambahan,mod kosmetik sepertiface overhaul & tekstur alternatif, hinggamod jenis konversi totalyang mengubah hampir semuakonten dalamgame(contohlahSkywind & Skyblivion).
    [​IMG]Seberapa jauh kamu bisa menempuh batasan game yg kamu punya bisa diuji di sini

    Fungsimodsendiri sangatlahbermanfaat untuk mendayagunakan kembaligame yg telah kamu beli. Beberapamodyang sifatnya komplementer bahkan memperbaiki beberapa kekurangan yg dulu disebabkan oleh keterbatasan systemrequirements.

    Saya ambil contohmod FalloutNewVegas sepertiNew Vegas Uncut- Freeside.Mod dengan kapasitas yg tak terlalu banyak ini menghilangkan dinding pembatas yg memotong jalanan kota New Vegas Strip layaknya kondisidemoFallout New Vegas di E3 2010 silam.

    Meskipun sepele, tapi hal ini cukup menambah realisme permainanFallout New Vegas, sehingga saya pun kembali bermain menamatkangame ini sekali lagi, tapi dengan pengalaman yg sedikit berbeda.

    Oh ya … satu hal lagi. Bermain dengan menggunakanmod bukan berarti kamu bebas risiko dari kendala teknis.Jika tidak dilakukan dengan benar maka kamu bisa saja akan mengalamicrash & bahkan kehilangansave karaktermu secara tidak sengaja. Karena itulah gunakan hal ini dengan seefektif mungkin.
    Butuh Tantangan Lebih? Cobalah Bermain denganModel “Iron Man Run“[​IMG]“Merasa cukup jago? Coba bermain dengan cara ini teman..” ujar sang monster di belakang

    Sedikit terinspirasi dari model permainanhack and slash RPG sepertiDiablo dan lain sebagainya, langkah berikutnya untuk bermaingame open world semacamFallout danElder Scrolls Skyrim adalah bermain dengan gaya “iron man“. Sedikit perkenalan buat kamu yg belum pernah mendengar modelgame semacam ini sebelumnya, iron man run adalah metode bermaingame secarahardcore di mana kamu hanya memiliki satu nyawauntuk digunakan bermain. Apabila kamu mati satu kali, maka kamu harus konsisten menghapussave game kamu & memulai semuanya lagi dari awal.

    Lantas bagaimana cara menerapkanmetode bermaingame semacam ini ke dalamgame yg tak memiliki fitur Hardcore Mode di dalamnya?Well, sebenarnya ada cara cukup mudah seperti mematikan fiturauto save, pantang menggunakanquick save, & jangan pernah melakukansave game selain saat kamu ingin berniat mengakhiri sesi bermain.

    [​IMG]

    Bermaingame open worlddengan metodeini efektifmemberikan pengalamansurvival yg benar-benar seru. Saya masih ingat bagaimana saya dulunya pernah menerapkan iron man runke dalamFallout New Vegas. Hasilnya bisa dibilang sangat menegangkan. Setiap itemdanlokasi yg saya kunjungi selalu saya pertimbangkan, karena seperti yg saya katakan, apabila saya mati maka berakhir sudah belasan jam waktu yg telah saya habiskan.

    Sebagai catatan,bermaingame dengan modeliron man runmemerlukan konsistensi pemaindalam menghapus save gamemilik mereka di saat mati. Metode bermaingame semacam ini memang kurang begitu cocok untuk dimainkan di saat kamu baru memulaigame untuk pertama kalinya. Namun apabila kamu sudah mendapatkan semuaendingatauachievement yg ada & membutuhkan tantangan baru, maka ini adalah pengalamanyang sangat menarikuntuk dicoba.

    Catatan: untuk cerita serulebih seputar modelpermainansemacam ini, kamu bisa membaca ceritapengalamandari penulisRock, Paper, and ShotgundanPC Gamer.

    Sumber gambar:Fallout Wiki, Dead End Thrills

    Itulah tadi adalah sebagian trik bermain game open world yg bisa saya bagikan demi kenikmatan bermainmu. Kamu tentunya boleh membagi ilmu kamu sendiri, bagaimana cara pendekatan paling oke agarRPGopen world yg kamu mainkan bisa terselesaikan dengan baik. Selamat mencoba!

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page