Tip Menemukan Passion Buat yang Mimpi Mendirikan Startup

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 26, 2015.

Discuss Tip Menemukan Passion Buat yang Mimpi Mendirikan Startup in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,755
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Do what you love, love what you do.

    Pernahkah kamu mendengar kutipan di atas? Atau kamu mungkin sering menggunakannya? Tapi apakah kamu mengaplikasikan kutipan tersebut dalam kehidupan sehari-hari?

    Dalam bahasa Indonesia, kutipan tersebut berarti lakukan apa yg kamu cintai, & cintailah apa yg sedang kamu lakukan. Masih berkaitan, pendiri Apple, Steve Jobs, juga pernah mengatakan:

    Youve got to find what you love. The only way to do great work is to love what you do.

    Dua kutipan tersebut menekankan pentingnya passion dimiliki setiap orang, terutama bagi seorang entrepreneur. Lalu, apa sebenarnya passion itu?

    Passion seringkali diumpamakan seperti bahan bakar yg menggerakkan kendaraan. Bahkan, jika yg kamu lakukan merupakan passion-mu, kamu akan selalu kelaparan, & akan terus melakukan hal tersebut lebih banyak & lebih baik lagi.

    Bagi seorang entrepreneur / pelaku startup, passion menjadi bagian dari apa yg dijalankan. Jika kamu bermimpi untuk memulai startup sendiri, maka sesuaikanlah dengan passion kamu.

    Apa keuntungannya? Kamu akan selalu bersemangat dalam mengembangkan startup kamu. Bahkan jika kamu gagal membangun startup tersebut, setidaknya kamu telah melakukan apa yg kamu sukai.

    Baca juga: Mengapa Jurusan Kuliah Kamu Tidaklah Penting di Dunia StartupLalu bagaimana denganmu, apakah kamu sudah menemukan passion-mu? Menjawab pertanyaan ini memang tidak mudah, tapi tidak juga sulit. Berikut adalah beberapa tip untuk mengetahui passion kamu, yg dapat kamu lakukan sejak masih duduk di bangku kuliah.
    Lakukan hal yg belum pernah kamu lakukan
    Sebagai mahasiswa, kamu mungkin banyak terlibat dalam kegiatan di kampus. Kamu memilih untuk bergabung dengan kegiatan & organisasi yg kamu minati. Tapi pernahkah kamu mencoba hal lain yg belum pernah kamu coba sama sekali?

    Misalnya, kamu adalah kuliah di jurusan Sastra Inggris, sangat lazim bergabung dengan kegiatan yg berkaitan dengan kuliahmu, misalnya klub bahasa Inggris. Kamu bisa coba juga mencoba kegiatan lain, seperti pecinta alam / mengikuti penelitian di bidang antropologi.

    Bukan tidakmungkin kamu menemukan hal baru yg ternyataadalah passion-mu. Tidak hanya itu,dengan mencoba banyak hal baru, kamu juga mendapatkansemakin banyak pengetahuan, pengalaman, & jaringan pertemanan yg luas. Siapa tahu, nantinya itu akan berguna saat kamu mendirikan startup.
    Fokus
    Ketika berusaha menemukan passsion kamu, cobalah untuk fokus terhadap diri sendiri. Artinya, jangan bandingkan dengan passion orang lain di sekitarmu.

    Mungkin sesekali passion terdengar lebih keren saat mereka menceritakannya. Akan tetapi, percayalah, kamu akan menjadi lebih keren ketika tahu & jujur dengan diri akan passion-mu.

    Sejalan dengan hal tersebut, jika kamu sedang membangun startup, cobalah fokus mengembangkannya. Misalnya, luangkan waktu beberapa jam di akhir minggu, / saat sedang libur, untuk menyiapkan apa yg diperlukan buat membangun startup. Lakukan hal ini secara konsisten sampai produk kamu selesai dikerjakan.
    Rajin mencatat
    Cobalah mencatat hal-hal baru yg kamu dapatkan. Kamu bisa saja menuliskan target kegiatan yg akan kamu lakukan dalam beberapa waktu ke depan. Jika kamu bepergian ke tempat-tempat baru yg menarik, kamu juga bisa menuliskannya sebagai catatan harian. Jadikan menulis sebagai bagian dari kegiatan rutinmu sehari-hari.

    Baca juga: Hilang Semangat Saat Kuliah? Simak Kutipan Inspiratif dari Para Entrepreneur Ini!

    Mencatat juga dapat berguna ketika kamu sedang mencari ide bisnis startup yg menarik. Seringkali, ide muncul di waktu yg tidak terduga, hilang & terlupakan begitu saja. Untuk mengatasinya, catatlah ide-ide yg muncul di kepala kamu. Mungkin saja ide-ide tersebut berguna buat rencana startup-mu
    Punya komitmen
    Hal yg terakhir & tidak kalah pentingnya adalah memiliki komitmen yg kuat dengan passion & mimpi yg kamu miliki. Komitmen perlu dibangun sejalan dengan passion kamu.

    Membangun startup tidak bisa dilakukan dengan waktu yg singkat, sehingga kamu perlu memiliki komitmen yg kuat. Jangan sampai kamu berhenti di tengah jalan karena kurangnya komitmen dengan apa yg kamu jalankan.

    Tidak ada kata terlambat bagi siapa saja yg mau menemukan passion mereka. Manfaatkan semua kesempatan & fasilitas yg ada dengan sebaik-baiknya. Semoga tip di atas bisa membantu kamu menemukan passionmu!

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah. sumber foto Penn State)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page