Tip Menghemat Baterai Smartphone | Tech in Asia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 23, 2016.

Discuss Tip Menghemat Baterai Smartphone | Tech in Asia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,755
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Baterai cukup menjadi masalah nomor satu bagi hampir penggunasmartphone. Kalau kamu melihat di kafe / restoran, orang-orang cenderung memilih kursi yg dekat dengan sumber listrik untuk mengisi daya bateraismartphone mereka. Bahkan,powerbank pun seperti sudah menjadi aksesoris wajib yg selalu tersedia di dalam tas.

    Sebenarnya, hal apa sih yg menyebabkan baterai cepat berkurang? Banyak faktor yg mampu menguras daya baterai kamu dengan cepat. Oleh karena itu, dalam rubrik Techtorial perdana ini saya ingin membagikan beberapa tip untuk menghemat bateraismartphone kamu.

    Baiklah, tanpa berlama-lama lagi langsung saja kita menuju ke tip nomor satu dalam menghemat baterai.
    Gunakan aplikasi untuk mengetahui notifikasi tanpa perlu menyalakanlayar
    [​IMG]

    Semakin banyak aplikasi media sosial danchatting yg kamu miliki, tentu akan menambah frekuensi notifikasi yangsmartphone kamu terima. Setiap suara notifikasi muncul, kamu harus menyalakanlayarsmartphone untuk mengetahui sumbernya. Menyalakan & mematikan layarseperti ini tentu menguras daya baterai kamu.

    Sebagai solusinya, kamu dapat mencoba aplikasi seperti AcDisplay yg dapat memberitahu jenis notifikasi meskipun layarsmartphone kamu dalam keadaan mati. Aplikasi iniakan memperlihatkantampilan minimalis yg menginformasikan segala jenis notifikasi yg pernah masuk.

    Kamu dapat mengatur bagaimana jenis tampilan yg akan dimunculkan oleh AcDisplay. Salah satu contohnya adalah tampilan layar serba hitam yg tidak menggunakan terlalu banyak daya baterai. Apabila kamu ingin meresponnotifikasi yg masuk, cukup sentuh ikon yg berkaitan.

    Sebagai alternatif dari AcDisplay, kamu dapat menggunakan aplikasi DynamicNotifications yg menawarkan fitur-fitur serupa.
    Jangan gunakan aplikasi penghemat baterai
    [​IMG]

    Ironis memang, sebuah aplikasi yg bertujuan untuk menghemat dayabaterai malah membuat penggunaannya semakin boros. Kamu dapat dengan mudah menyebutkan puluhan aplikasi penghemat baterai yg tersedia baik di Google Play Store & App Store. Deretan aplikasi penghemat baterai tersebut malah mampu membuat bateraismartphone kamu cepat habis.

    Hal ini dikarenakan aplikasi penghemat baterai tersebut akan terus berjalan padabackground smartphone. Lalu, seperti yg kamu ketahui bahwa aplikasi yg terus berjalan akan menguras daya bateraismartphoneterus menerus. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi yg selalu aktif bukanlah cara yg tepat untuk menghemat baterai.

    Sebenarnya, kamu dapat melakukan sendiri apa yg aplikasi penghemat baterai lakukan terhadapsmartphone kamu. Seperti meredupkan cahaya layar, menonaktifkan fitur getar, & “membunuh” aplikasi-aplikasi kurang berguna yg masih berjalan padabackground, seluruhnya dapat kamu lakukan secara manual melalui pengaturan padasmartphone.
    Gunakan koneksi2G apabila jaringan 3G/4Gtidak stabil
    [​IMG]

    Ketika kamu berada di tempat dengan cakupan sinyal yg minim,smartphone akan terus menerus mencarinya untuk mendapatkan koneksi yg baik & stabil. Kamu tidak menginginkan hal ini karena mampumenguras daya bateraismartphonedengan cepat.

    Seperti yg kamu ketahui bahwa jaringan 3G apalagi 4G di Indonesia belum terlalu stabil. Oleh karena itu, apabila kamu sedang berada dalam situasi sulit sinyal sepertiini, lebih baik gunakan saja jaringan 2Gdaripada harus mengorbankan daya baterai kamu yg begitu berharga.
    [​IMG]Sumber gambar: Josh Covarrubias

    Apabila sinyal 2G itu pun masih belum dapat kamu temukan alias tidak ada sinyal sama sekali, lebih baik gunakan modeairplane saja dari pada membebankansmartphone kamu melakukan pencarian sinyal yg tidak kunjung memberikan kepastian.

    Kalau kamu tidak dapat membendung keinginan untuk tetap eksis & terhubung dengan internet, carilah koneksiwifi yg dapat kamu gunakan. Metode ini dapat menghemat baterai lebih efektif daripada bergantung pada sinyal 3G / 4G.
    Matikan pencarianwifidan sensor lainnya
    [​IMG]

    Setelah puas memperbarui status media sosial,streamingvideo, & mengunduh banyak aplikasi dangamemenggunakanwifi, jangan lupa untuk mematikannya pencarian wifi padasmartphoneapabila kamu tidak menggunakannya lagi.

    Selama kamu tidak tersambung dengan koneksi wifi, smartphone kamu akan terus menerus mencarinya selama pencarianwifi kamu aktif. Kamu tidak mauhal ini terjadi apabila ingin menghemat daya baterai.Hal yg sama dapat kamu terapkan juga pada pencarian lainnya seperti Bluetooth, GPS, & NFC.
    Matikan juga fitur-fitur “pintar” yg tidak kamu gunakan[​IMG]Contohnya, Air Gesture yg dimiliki oleh smartphone Samsung

    Sebuahsmartphone tidak harus selalu “pintar” untuk tetap berfungsi. Ketika melakukan chat dengan teman, bermain game, & meramban internet, kamu tidak perlu terus menerus menyalakan GPS & sinkronisasi otomatis bukan?Mematikan dua fiturinidapat membantu dalam penghematan daya bateraismartphone kamu.

    Begitu juga dengan fitur-fitur “pintar” lain yg sebenarnya kamu jarang sekali / bahkan tidak pernah menggunakannya. Misalnya, entah bagaimana smartphone kamu menyebutnya, fitur sepertismart gesture, smart lock, & sebagainya. Kamu masih dapat mengoperasikansmartphonekamu dengan normal tanpa perlu terus mengaktifkan fitur tersebut bukan?

    Semoga tip yg saya bagikan di atas dapat menghilangkan ketergantungan kamu kepadapower bank / sumber listrik setiap saat. Kalau kamu memiliki tip menghemat baterai yg lebih jitu, yuk bagikan pada kolom komentar di bawah ini!

    Techtorial adalah rubrik baru diTech in Asia. Rubrik ini hadir setiap akhir pekan untuk membahas tentang tutorial serta tip & trik seputar teknologi.

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page