tips menjadi entrepreneur

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 22, 2015.

Discuss tips menjadi entrepreneur in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,754
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Batch kedua Tech in Asia Campus Visit baru saja dimulai & sejumlah kampus sukses menjadi saksi berkobarnya semangat para mahasiswa akan dunia kewirausahaan. Pada Senin (21/9) kemarin, bertempat di Kampus Binus Anggrek, Jakarta Barat, Tech in Asia Campus Visit mengundang Alif Priyono selaku COO OLX untuk berbagi ilmu & pengalaman secara langsung kepada para mahasiswa.

    Memulai karirnya di bidang yg jauh dari dunia teknologi, Alif pun awalnya merupakan seorang pekerja biasa. Pertemuan dengan seorang investor asing yg mengajaknya bekerja sama untuk membuka usaha di Indonesia menjadi titik balik dalam hidupnya.

    Jika dulu yg terbayang olehnya ketika mendengar kata bekerja adalah membuka usaha seperti kantor / toko, kini berubah menjadi bisnis berbasis teknologi. Bisnis yg ia kerjakan bersama rekannya bergerak di bidang e-commerce bernama TokoBagus yg kemudian berubah nama menjadi OLX.

    Mengalami sendiri perubahan hidup setelah memasuki dunia startup, ia berbagi beberapa tip penting untuk para mahasiswa yg akan segera memasuki dunia kerja & tertarik untuk menjadi technopreneur.
    1. Peka terhadap perubahan
    Seiring dengan perkembangan teknologi yg cepat, segala aspek dalam hidup kita yg menggunakan teknologi pasti ikut berkembang. Perubahan yg cepat tersebut bagaikan dua sisi koin.

    Dari satu sisi, banyak orang yg menganggap itu sebagai tembok besar yg selalu menjadi penghalang untuk menciptakan sesuatu. Namun jika dilihat dari sisi yg lain, perubahan tersebut membawa dampak positif bagi masyarakat & banyak peluang-peluang baru yg muncul.

    Menurut Alif, kuncinya adalah selalu peka terhadap perubahan. Ia juga menyarankan memberi perhatian kepada setiap perubahan yg terjadi di masyarakat, mengamati kebutuhan masyarakat, & tidak melewatkan setiap peluang yg muncul.
    2. Jangan takut untuk memulai usaha sejak dini
    Sebagai mahasiswa yg masih menikmati uang bulanan dari orang tua, kita seringkali merasa terbuai dalam zona aman. Segala kebutuhan kita sudah tercukupi & hidup dengan nyaman. Hal inilah yg dianggap oleh Aif sebagai salah satu tantangan bagi mahasiswa setelah selesai kuliah.

    Memasuki dunia kerja adalah fase di mana kita harus memenuhi semua kebutuhan sendiri. Maka dari itu, Alif sangat mendukung mahasiswa yg sudah memulai usahanya sejak masih muda. Jangan pernah takut untuk memulai, ambil pelajaran & pengalaman sebanyak mungkin, & jadikan itu sebagai pendukung perkembangan usaha kalian. katanya.
    3. Think different
    Salah satu tujuan startup adalah untuk menjadi solusi bagi masalah sosial. Banyaknya startup di Indonesia adalah bukti bahwa banyak sekali masalah sosial di negara kita ini. Namun sayangnya, tidak sedikit startup yg ramai-ramai bergerak di bidang yg sama.

    Di sisi lain, ini adalah kesempatan bagi para entrepreneur untuk menciptakan ide yg berbeda melalui pemikiran kritis & kreatif hingga menghasilkan sesuatu yg berbeda. Jangan pernah takut untuk menciptakan sesuatu yg baru & berbeda.

    Selama hal itu membawa perubahan yg positif & berguna untuk masyarakat, kumpulkan tekadmu & mulailah bergerak menjadi agen perubahan.

    Baca juga: Campus Visit UIN: Tujuh tips membangun startup di ranah game
    Bagi kamu mahasiswa yg tertarik dengan Campus Visit & ingin menjadi bagian dari komunitas ini, kami mempersilakan Anda untuk bergabung ke dalam grup Facebook Tech in Asia Campus Visit . Dalam grup ini, kamu akan bertemu dengan mahasiswa lainnya yg berjiwa entrepreneur & dapat saling berbagi informasi yg menarik & berguna.

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page