Tokoh dan Studio Game Terbaik Selama 2015

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 1, 2016.

Discuss Tokoh dan Studio Game Terbaik Selama 2015 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,759
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Tahun 2015 memang telah berakhir, tapi sebelum meninggalkannya, masih ada beberapa hal menggantung yg rasanya sangat sayang kalau tidak kita bahas dengan lebih mendalam. Salah satu hal yg menurut saya sangat perlu dibahas adalah mengenai sosok-sosok yg membuat industri game di tahun 2015 lebih ramai & lebih baik daripada tahun sebelumnya.

    Untuk membahas hal ini, kami memutuskan untuk membagi kategori, antara orang-orang dengan impak ke industri game internasional, serta studionya yg impaknya juga sangat besar di kancah industri game seluruh dunia. Bagian kedua adalah khusus untuk studio & seorang tokoh yg kontribusinya kepada industri game lokal sangat besar.

    Tanpa panjang lebar lagi, berikut daftar tokoh & studio game terbaik 2015 menurut Tech in Asia Indonesia.
    InternasionalTokohHideo Kojima
    [​IMG]

    Tidak bisa dipungkiri, tokoh yg paling meramaikan pemberitaan industri game tahun ini adalah Hideo Kojima. Hubungannya yg semakin buruk dengan Konami sudah dimulai dari awal tahun 2015, & terus berlanjut sampai The Game Awards yg berlangsung awal Desember.

    Meskipun dilanda masalah yg begitu besar dengan Konami, Kojima tetap menunjukkan kemampuannya (dan tim) sebagai seorang kreator melalui Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Penutup dari kisah Snake ini sukses menjadi epilog yg cocok untuk seri yg telah berlangsung selama 28 tahun.



    Baru pada pertengahan Desember, Hideo Kojima mengumumkan secara resmi bahwa dia telah mendirikan studio independen sendiri dengan dukungan dari Sony. Game pertama yg dikembangkan oleh Kojima Productions yg baru nantinya akan dirilis untuk console milik Sony. Entah PlayStation yg mana.

    Satu hal yg bisa kita pelajari dari kasus antara Kojima & Konami adalah betapa besarnya impak yg seorang bisa lakukan melalui karya mereka. Tidak banyak ada orang yg bisa menjadi tokoh yg begitu identik dengan karyanya. Bahkan Hironobu Sakaguchi selaku kreator Final Fantasy pun tidak bisa memiliki impak seperti yg Hideo Kojima miliki.

    Untuk saat ini, kita hanya bisa menebak-nebak apa yg akan Kojima lakukan dengan tim independennya. Tapi karena kita tengah berbicara tentang salah satu kreator game paling kreatif di dunia, saya rasa kita bisa menaruh kepercayaan yg besar kepada Kojima Productions yg baru.
    Satoru Iwata
    [​IMG]

    Niatnya saya hanya mau mengisi satu tokoh saja di daftar ini, tapi jelas merupakan penghinaan kalau kita tidak memberikan penghormatan kepada sosok yg bisa membawa Nintendo ke zaman paling inovatif yg pernah mereka miliki. Ya, saya tengah membicarakan soal mendiang presiden direktur Nintendo, Satoru Iwata.
    Lihat Juga: 5 Pelajaran yg Bisa Dipetik dari Kepemimpinan CEO Nintendo, Satoru Iwata

    Satoru Iwata memulai karir dia sebagai seorang programmer. Beliau mendirikan HAL Laboratory yg kemudian diakuisisi oleh Nintendo. Sebagai seorang programmer, Iwata berkontribusi banyak sekali kepada Nintendo. Mulai dari menyelamatkan Earthbound yg terancam batal karena masalah teknis, sampai ke membuat Pokmon Gold dan Silver bisa memiliki peta besar tambahan.
    [​IMG]Dibuat oleh Kotaku

    Iwata juga tidak ragu-ragu untuk mengurangi gajinya sendiri ketika Nintendo dilanda kerugian besar, menunjukkan sifat tanggung jawab yg seharusnya dimiliki oleh banyak politikus dunia. Di masa kepemimpinannya, Nintendo juga menunjukkan taring mereka dengan perangkat-perangkat unik seperti Nintendo DS, 3DS, Wii, & Wii U.

    Satu kalimat yg akan selalu saya ingat dari Satoru Iwata adalah:

    Di kartu namaku, aku adalah seorang presiden korporat. Di kepalaku, aku adalah seorang developer game. Tapi di hatiku, aku adalah seorang gamer.

    Selamat jalan Satoru Iwata. Kami, gamer di seluruh dunia, berhutang banyak padamu.
    StudioCD Projekt Red
    [​IMG]

    Saya sempat berpikir untuk memasukkan Konami sebagai studio terbaik tahun ini. Alasannya hanya karena besarnya humor gelap yg telah mereka berikan kepada kita semua di tahun 2015. Untungnya saya mengurungkan niat tersebut & memilih untuk lebih serius & memberikan penghargaan tersebut ke studio yg memang pantas menerimanya, CD Projekt Red.

    Studio asal Polandia ini merupakan developer dari seri The Witcher. Sebagai sebuah studio game AAA, CD Projekt Red berhasil membuktikan kalau mereka bisa memperoleh kesuksesan dengan game yg memang dibuat dengan apik, tidak perlu dengan skema mencari uang menyebalkan seperti yg dilakukan banyak developer tua melalui DLC, DRM, & sampah-sampah lainnya.

    [​IMG]

    CD Projekt Red menunjukkan bahwa mereka menghormati gamer, & hal tersebut membuat gamer balik menghormati mereka. Karena meskipun studio game punya hak untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya, mereka juga punya kewajiban untuk menyajikan pengalaman yg berkualitas kepada para pelanggannya, bukannya malah membuat hidup penggemar & pelanggan mereka lebih susah.

    Saya jelas akan sangat menantikan Cyberpunk 2077 dari kalian, CD Projekt Red. Lupakanlah seri The Witcher sejenak & selesaikan game menjanjikan itu.
    Indonesia
    Industri game di Indonesia bisa dibilang sudah mulai semakin panas & bergairah. Semakin banyak developer lokal yg merilis game unik & cukup berani meskipun memiliki target pasar yg niche. Game yg mampu memperoleh pengakuan secara internasional pun semakin banyak, membuka potensi yg semakin cerah untuk masa depan.

    Untuk tahun ini, kami memutuskan untuk memilih satu tokoh & satu studio yg kontribusinya kepada industri game lokal bisa dibilang sangat terasa. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita lihat para pahlawan industri game Indonesia di tahun 2015 ini.
    TokohKris Antoni Hadiputra
    [​IMG]

    Kris Antoni Hadiputra Nurwono adalah co-founder & CEO dari Toge Productions, studio game asal Tangerang yg populer melalui seri Infectonator serta berbagai game Flash lainnya. Sebagai seorang developer, Kris cukup aktif di komunitas, hal ini terbukti dari keterlibatannya dengan berbagai acara seperti Game Developers Gathering ataupun Global Game Jam di Indonesia.

    Salah satu hal terbaik yg dilakukan oleh Kris Antoni tahun ini adalah menjadi penggagas dari Koalisi Kemakmuran, sebuah proyek untuk mengajak berbagai developer lokal berpotensi untuk membuat game yg simpel namun dieksekusi dengan amat sangat apik.

    Melalui koneksinya dengan penerbit besar seperti Armor Games, game dari Koalisi Kemakmuran yg dirilis sebagai seri Armor Academy ini sukses mendapat sorotan positif, memberikan kesempatan bagi para developer yg lebih kecil untuk merasakan besarnya impak yg dapat diberikan penerbit sebesar Armor Games.

    [​IMG]

    Sebagai seseorang yg bisa dibilang cukup “sesepuh” di industri game lokal, Kris Antoni juga terkenal akan keramahannya kepada siapapun yg ada di industri game. Baik kamu seorang developer yg baru mau mulai membuat game pertama, / kamu seorang yg sudah melanglang buana di industri game selama beberapa tahun, Kris Antoni tidak akan segan-segan untuk berbagi cerita / sekadar senyuman kepadamu.

    Selamat kepada Kris Antoni, & sukses terus untuk Toge Productions ke depannya!
    StudioMojiken Studio[​IMG]Tim Mojiken ketika hendak melakukan AMA dengan Tech in Asia ID

    Ya, saya tidak akan menutupi fakta bahwa secara subjektif, Mojiken merupakan studio game lokal favorit saya. Tapi jika dilihat secara objektif sekalipun, Mojiken Studio betul-betul menunjukkan masa depan yg cerah di kancah internasional sekalipun.

    Awal tahun Mojiken dimulai dengan proyek Mojiken Camp yg sangat menarik perhatian saya. Melalui proyek ini, Mojiken hendak menyeimbangkan masalah yg tidak saja ditemui oleh studio game, tapi startup teknologi secara umumnya, yaitu kekurangan orang teknis.

    Di proyek ini, Mojiken mampu menyulap enam orang artis untuk mengembangkan game mereka sendiri, & game yg dihadirkan pun tidak bisa dianggap remeh.

    [​IMG]

    Ketika banyak orang berlomba-lomba membuat sesuatu yg mungkin akan disukai jutaan manusia lainnya, Mojiken tidak ragu-ragu untuk menciptakan sebuah duel bisbol di luar angkasa dengan karakter dua orang pria tanpa pakaian, sebuah game puitis super sulit dengan musik niche mengiringi, sampai ke sebuah pengalaman indah yg hanya menyuruhmu untuk duduk diam selama lima menit lebih.

    Kontribusi Mojiken kepada komunitas pun cukup besar, terbukti dari aktivitas mereka meramaikan Game Developers Gathering dengan mengadakan kontes yg ramai, sampai ke mengadakan konser kecil-kecilan ketika acara hendak selesai.
    A post-rock gig at a game dev event? This can be considered as a “dream come true” experience.
    A photo posted by mohammad fahmi (@fahmitsu) on Nov 7, 2015 at 10:39am PST



    Selain itu, di saat developer besar pun memilih untuk ambil aman & merilis game mereka eksklusif secara digital, Mojiken juga tidak ragu-ragu untuk menyajikan game mereka dalam format fisik terbatas. Sesuatu yg menurut saya adalah angin segar untuk industri yg masih kecil di negeri ini.

    Apa yg kira-kira akan Mojiken lakukan ke depannya? Hanya mereka & Tuhan yg tahu. Tapi saya menaruh harapan yg cukup besar kepada studio asal Surabaya ini.

    Demikianlah daftar tokoh & studio paling memiliki impak di industri game lokal & internasional selama 2015? Apakah kamu punya daftarmu sendiri? Kalau iya, langsung saja sampaikan di bawah.

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page