Liga Spanyol Transfer List 2013: Sukses Atau Gagal? (Bagian Pertama)

Discussion in 'Bola' started by Bola, Dec 15, 2014.

Discuss Transfer List 2013: Sukses Atau Gagal? (Bagian Pertama) in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,276
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Selain sukses historis Bayern Munich menggapai treble, 2013 dari kacamata sepakbola juga mungkin akan diingat sebagai tahun saat Gareth Bale menjadi pemain pertama yang menembus harga €100 juta.

    Keputusan Real Madrid memecahkan rekor transfer untuk mengangkut winger Wales itu dari Tottenham Hotspur mewarnai headline di seluruh dunia dan performanya dalam balutan seragam putih El Real terus menjadi bahan perbincangan setiap pekannya.

    Dengan Goal Transfer List 2014 akan dipublikasikan pada Selasa, kami memutuskan untuk meninjau kembali transfer Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid, dan juga pemain dengan nilai transfer besar lain pada 2013, untuk melihat apakah uang yang dibayarkan pantas untuk mereka.
    Di bawah ini kami menyajikan bagian pertama dari review tahun lalu, dengan hitung mundur dari urutan kesepuluh hingga enam, dan mengajak Anda memberikan suara melalui Twitter untuk menilai mereka sebagai transfer sukses atau atau gagal...

    [​IMG]

    Berbeda dengan perekrutan Radamel Falcao yang menjadi penegasan ambisi besar AS Monaco pada musim panas 2013, kedatangan James Rodriguez dari Porto justru tak begitu mengundang sorotan. Padahal dibutuhkan biaya total €83,7 juta buat menebus servisnya (nilai transfer €45 juta dan tambahan €38,7 juta untuk gaji, pajak, serta fee agen).

    Namun, sementara Falcao gagal bersinar karena terkendala masalah kebugaran, kompatriotnya asal Kolombia itu memainkan peran sentral dalam langkah Monaco finis di posisi runner-up pada musim pertama mereka kembali ke Ligue 1. James menjadi kolektor assist terbanyak (12) dan mencetak sembilan gol.

    Setelah meraih status superstar dengan produktivitas yang ditunjukkannya di Brasil 2014, pemenang Sepatu Emas Piala Dunia ini bergabung ke Real Madrid dengan biaya transfer €80 juta, dan membuat Monaco meraup untung €35 juta dari penjualan figur kunci yang memastikan mereka kembali berkiprah di Liga Champions.

    [​IMG]

    Setelah merelakan Edinson Cavani digaet Paris Saint-Germain pada 16 Juli tahun lalu, presiden Napoli Aurelio De Laurentiis menyadari ia mesti memboyong pengganti bernama top buat meredam keprihatinan fans. Hanya 11 hari berselang, pria yang berprofesi sebagai produser film itu sukses mengamankan rekrutan mayor dalam diri Gonzalo Higuain dari Real Madrid.

    Tak hanya sukses mengungguli Arsenal dalam persaingan mendaratkan El Pipita, I Partenopei juga menebus bintang internasional Argentina itu dengan banderol "hanya" €37 juta, tak terlalu mahal untuk bomber sekelasnya. Berkat uang yang didapatkan dari penjualan Cavani, De Laurentiis dapat memberikan kontrak senilai €5,5 juta per musim untuk Higuain, €1 juta lebih banyak dari yang diterima El Matador di San Paolo.

    Kendati rasio golnya masih di bawah Cavani, yang punya rerata 0,75 gol per laga di Serie A, produk akademi River Plate itu telah 24 kali menggetarkan jala lawan dalam 47 penampilan (0,51) dan memantapkan diri sebagai idola baru publik San Paolo.

    [​IMG]

    Bale memang mencetak rekor dunia baru, tapi kepindahan Marquinhos dari AS Roma ke Paris Saint-Germain mungkin jadi kesepakatan paling mencengangkan pada 2013. Ketangguhan talenta Brasil itu memang sudah teruji setelah ia membuktikan diri sebagai salah satu bek tengah terhebat di Serie A bersama Roma pada 2012/13.

    Namun demikian, keputusan PSG untuk membayar €31,4 juta kepada Giallorossi demi servisnya sangat luar biasa mengingat saat itu ia baru memainkan total 44 laga profesional. Kita akan makin terbelalak dengan fakta bahwa klub Prancis itu juga mengikatnya dengan kontrak lima tahun senilai €5 juta per musim!

    Marquinhos telah membukukan 33 penampilan untuk PSG (enam sebagai pengganti), mencetak tiga gol, tapi belum menyegel posisi starter reguler, dengan kedatangan rekan senegaranya, David Luiz, dari Chelsea musim panas kemarin membatasi kansnya mengisi tim inti.

    [​IMG]

    Marouane Fellaini sudah banyak diprediksi bakal mengikuti jejak David Moyes bergabung ke Manchester United begitu mantan bos Everton itu diumumkan sebagai suksesor Sir Alex Ferguson di Old Trafford pada musim panas 2013. Ternyata transfer tak jua terealisasi hingga masa berlaku buyout clause-nya sebesar €27,85 juta kedaluwarsa dan kesepakatan tampak tak bakal tercapai. Tetapi, United pada akhirnya gagal mengamankan target-target utama di lini tengah dan bergerak meminang Fellaini pada hari deadline transfer.

    Secara total kedatangan mantan gelandang Standard Liege itu memakan biaya nyaris €100 juta, dengan keputusan membayarkan fee transfer €32,4 juta untuk pemain yang sebulan sebelumnya bisa didatangkan dengan ongkos lebih murah itu memunculkan keheranan di antara fans.

    Performa Fellaini pada musim debutnya di Old Trafford (tanpa gol dalam 21 penampilan di semua kompetisi) gagal mengenyahkan anggapan bahwa pemain 27 tahun itu adalah 'panic buy', tapi setidaknya kini ia berhasil bangkit di bawah bos baru Setan Merah, Louis van Gaal.

    [​IMG]

    Tak syak lagi, transfer paling kontroversial pada 2013 adalah kepindahan Mario Gotze dari Borussia Dortmund menuju Bayern Munich. Kehilangan salah satu talenta teristimewa hasil binaan akademi klub ke rival sengit jelas sulit diterima BVB, tapi mereka tak bisa berbuat apa-apa karena The Bavarians telah setuju untuk mengaktifkan klausul pelepasannya senilai €37 juta.

    Namun, yang lebih membuat murka kubu Dortmund adalah fakta bahwa detail kepergian Gotze bocor kepada pers jelang laga krusial di Liga Champions dengan Real Madrid. BVB menyalahkan Bayern atas hal ini, dan api permusuhan di antara kedua kubu kian membara.

    Sementara hubungan Die Borussen dan Die Munchener terus memburuk dalam 18 bulan terakhir, performa Gotze di Allianz Arena justru semakin membaik. Terlepas dari gaji tinggi €10 juta setelah pajak, penyerang serbabisa ini, setelah sebelumnya tak terlalu gemilang dalam awal kariernya dengan Bayern, sekarang menjadi salah satu pemain terpenting dalam tim Pep Guardiola, sementara pada saat bersamaan ia pun menegaskan status superstar dengan gol penentu kemenangan Jerman di final Piala Dunia 2014.

    liga spanyol table, klasemen, seri b, malam ini, terkini, divisi 2, Transfer List 2013: Sukses Atau Gagal? (Bagian Pertama)
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page