Video Ucapan Perpisahan Robin Williams di Facebook Ternyata Scam

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Aug 18, 2014.

Discuss Video Ucapan Perpisahan Robin Williams di Facebook Ternyata Scam in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya.

    Sebuah pesan video perpisahan terakhir Robin Williams sebelum bunuh diri yg disebarkan melalui Facebook ternyata palsu. Ternyata video ini hasil rekaan penjahat siber yg ingin memanfaatkan kesempatan melalui kematian Robin Williams.

    Hal ini diungkap oleh peneliti dari Symantec pada Kamis lalu (14/08), yg mengumumkan hasil penemuannya melalui blog resmi perusahaan tersebut. Pada video palsu tersebut mengatakan bahwa sebelum melakukan bunuh diri, Robin Williams membuat sebuah video yg diunggah oleh halaman situs phishing kantor berita Inggris BBC. Video palsu tersebut diunggah & disebarkan melalui media sosial Facebook.

    Penipu membuat tajuk video tersebut dengan kata-kata yg menyentuh. Kata-kata tersebut berbunyi: Video eksklusif: Robin Williams mengucapkan selamat tinggal dengan ponselnya sebelum menggantung diri & mengiris dirinya sendiri dengan pisau. Dia tetap membuat semua orang tertawa dengan video ini tetapi dapat membuat semua orang menangis pada akhirnya.

    Dengan tajuk video yg menyentuh, penipu memcoba memancing korban untuk masuk ke dalam video palsu tersebut. Seperti yg diungkap oleh peneliti dari Symantec, setelah mengklik video tersebut, korban akan dibawa masuk ke dalam situs phishing BBC. Sebelum memainkan video tersebut, korban diperintahkan untuk menyebarkan video tersebut sehingga semakin banyak korban yg dijaring oleh penipu ini.

    Pada tahap selanjutnya korban akan diperintahkan untuk menyelesaikan survei, untuk memverifikasi umur korban. Hal ini sebenarnya dilakukan oleh penipu untuk mengumpulkan data pribadi korban. Data pribadi ini dapat dimanfaatkan untuk dijual kepada orang lain.

    Peneliti dari Symantec menyarankan untuk melakukan beberapa hal agar terhindar dari kejahatan ini. Hal pertama yg harus dilakukan adalah agar tetap waspada & skeptis ketika membaca berita yg sensasional yg disebarkan melalui media sosial. Hal selanjutnya yg harus dilakukan adalah dengan tidak menginstal or melakukan survei yg tidak diketahui kredibilitasnya, karena hal ini bisa dimanfaatkan oleh penjahat untuk mencuri data. Dan yg terakhir adalah dengan selalu melaporkan ke media sosial berita palsu seperti ini sebagai spam.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Nokia Mulai Menjual Flagship Lumia 930 dan dual-SIM Lumia 630 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page