[Wajib Main] The Elder Scrolls Online | Tech in Asia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 13, 2015.

Discuss [Wajib Main] The Elder Scrolls Online | Tech in Asia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,761
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Kalau kamu merupakan penggemar serial game The Elder Scrolls, game besutan Zenimax Online Studios & Bethesda Game Studios ini mungkin menjadi salah satu game yg paling kamu nantikan di tahun 2014 silam.

    Namun keputusan pihak pengembang untuk menerapkan sistem berlangganan untuk memainkan game The Elder Scrolls Online membuat banyak penggemar berkecil hatitermasuk saya. Walaupun dengan harga game yg terbilang “murah”, biaya berlangganan per bulan yg tidak sedikit membuat saya urung untuk memainkannya.

    Untungnya nasib baik masih berpihak kepada saya. Setahun setelah The Elder Scrolls Online dirilis, pihak developer menerbitkanupdate terbaru sekaligus mengganti namanya menjadi The Elder Scrolls Online: Tamriel Unlimited.

    [​IMG]

    Fitur-fitur baru ditambahkan ke dalam game, namun kabar yg paling penting adalah keputusan pengembang untuk mengganti kebijakan sistem subscription-based (sistem berlangganan) dengan sistempay-to-play alias bayar sekali untuk main selamanya. Tanpa pikir panjang, saya langsung membeli game ini.

    The Elder Scrolls Online membawa pengalaman menjelajahi dunia open-world penuh petualangan & misteri khas serial game The Elder Scrolls ke dalam babak baru berwujud MMORPG. Seperti pendahulunya, The Elder Scrolls Online menawarkan pilihan sembilan ras & empat kelas yg bisa kamu pilih untuk karakter kamu. Saya sendiri memutuskan untuk memainkan sorcerer Breton sebagai karakter pertama saya.

    [​IMG]
    Fitur yg Tidak Biasa
    Sebagai MMORPG,The Elder Scrolls Online, memiliki keunikan tersendiri dibandinggameonline kebanyakan. Contohnya pada penggunaan gear dalam permainan, kamu bebas menggunakan senjata & baju pelindung apa saja tanpa terbatas pada kelas & ras yg kamu ambil.

    Karakter kamu bisa saja menjadi seorang sorcererArgonianyang memakai baju zirah berwarna hijau terang & membawa senjatadual-wielding axe. Kamu benar-benar bisa menjadi apa saja di sini. Dengan adanya sistem seperti ini, terjadi keseimbangan kekuatan antar kelas yg ada.

    Salah satu fitur umum dalam MMORPG adalah adanya sistem guild & auction. Bedanya, di The Elder Scrolls Online kamu bisa masuk ke dalam limaguild sekaligus! Jadi di sini kamu bisa masuk guild dengan fokus yg berbeda-beda.

    [​IMG]

    Di guild satu kamu bisa saja memfokuskan diri dengan guild PVP sedangkan yg lainnya bisa saja berfokus ke guildpedagang yg hanya bertujuan mencari keuntungan lewat fitur auction. Untuk sistem auction kamu hanya diperbolehkan berjualan di dalam guild yg telah memenuhi syarat-syarat tertentu untuk melakukan perdagangan.

    Terdapat satu fitur unik dalam permainan yg saya sukai sekaligus saya benci yaitu Justice System. Sistem ini memberikan tantangan unik dalam game karena semua perbuatan buruk di dalam game akan ada konsekuensinya.

    Contohnya saja jika kamu kedapatan mencuri barang di rumah-rumah, seorang NPC penjaga akan menghampiri & memaksamu membayar sejumlah denda. Kalaukamu menolak, maka bersiaplah karena semua penjaga kota akan dikerahkan untuk membunuhmu. Walaupun sangat unik, sistem ini sangat menyebalkan bagi saya. Seringkalisaya tidak sengaja menyerang seorang warga dengan tongkat sihir saya & seketika para penjaga kotamengejar saya.

    [​IMG]
    The Elder Scrolls Online vs. Skyrim
    Banyak orang yg membandingkan grafis The Elder Scrolls Online dengan Skyrim yg merupakan game karya Zenimax & Bethesda sebelumnya. Dengan asumsi bahwa game yg lebih baru seharusnya memiliki grafis yg lebih baik, banyak orang yg mempertanyakan kualitas grafis dari The Elder Scrolls Online.

    Dibandingkan dengan kuda tunggangan di Skyrim yg gagah perkasa & tekstur bulunya terlihat jelas & cantik, kuda The Elder Scrolls Online terlihat rapuh & kaku dengan pergerakan terbatas. Namun jangan lupakan fakta bahwa The Elder Scrolls Online adalah MMORPG yg membutuhkan proses tinggi selama permainan & memaksa adanya pemangkasan di sana-sini.

    Belum lagi peta The Elder Scrolls Online yg berkali-kali lipat jauh lebih besar dibanding Skyrimyang memang sudahsangat besar. Setelah sekitar tiga puluh jam bermain (menurut perhitungan client Steam), saya baru menjelajah sekitar sepuluh persen dari total peta yg ada. Itupun masih banyak daerah & zonayang akan ditambahkan melalui update di masa mendatang.

    Di dalam beberapazonasaya selalu mendapatiadanya penggunaan aset grafis yg berulang. Hal ini dilakukan bukan karena pengembang malas, tetapi saya sadar bahwa kekurangan seperti ini tidak dapat dihindari karena keterbatasan teknologi yg ada. Meskipun demikian, The Elder Scrolls Online tetaplah MMORPG dengan grafis paling indah yg pernah saya mainkan.

    [​IMG]
    Perang Tiada Akhir
    The Elder Scrolls Online menerapkan sistem yg sedikit berbeda yaitu player killyanghanya dapat dilakukan pada satu peta khusus, yaitu di provinsi Cyrodiil di mana terdapat tiga faksi yg otomatis dipilihkan sesuai dengan ras karaktermu. Contohnya karenakarakter saya adalah seorang Breton, maka ia otomatis bergabung dengan faksi Daggerfall Covenant.

    Bersama anggota faksi lainnya, saya harus berusaha merebut sekaligus mempertahankan kastil dari jajahan dua faksi lawan. Pada jam-jam sibuk, perang besar-besaran dapat terjadi di seluruh Cyrodiil.

    Karakter dengan faksi berlawanan akan saling bertemu & berusaha membunuh satu sama lain. Saya sendiri lebih suka membantu menjaga pertahanan di garis belakang. Karena sebagai seorangsorcerer, karakter saya memiliki sedikit ilmu penyembuhan yg sangat berguna dalam kondisi perang.

    Berperang di The Elder Scrolls Online bukan hanya untuk senang-senang saja. Faksi yg menguasai kastil & kekayaan terbanyak dalam satu periode akan mendapatkan keuntungan berupa kenaikan stats selama beberapa waktu. Hal ini sangat berguna dalam permainan.

    Hadiah lainnya yaitu satu orang dengan poin heroik tertinggi dalam satu kastil pada satu periode akan mendapatkan gelar Emperor & tentunya tambahan stats lainnya selama periode selanjutnya. Hal ini membuat orang berlomba-lomba menjadi yg terbaik untuk mendapatkan titel bergengsi itu.

    [​IMG]
    Tipikal MMORPG
    Dengan segala keunikan yg membedakannya dari berbagai game lain, bukan berarti The Elder Scrolls Online terlepas dari masalah yg terdapat pada MMORPG pada umumnya. Salah satunya dalam segi quest & misi.

    Misi yg ada antara lain kamu harus mencari orang ini, membunuh monster itu, mengumpulkan benda ini, pergi ke tempat itu, & seterusnya. Bagi sebagian orangtermasuk sayamodel quest seperti itu sangatlah membosankan & repetitif.

    Saya juga seringkali mengalami gangguan di dalam permainan, seperti koneksi yg terputus tiba-tiba di tengah pertarungan, padahal koneksi internet saya tidak bermasalah. Ada juga beberapa glitch & bug yg saya temukan dalam petualangan saya di Tamriel.

    Saya tahu masalah ini berasal dari piranti game, yg untungnya selalu mendapat update berkala untuk membereskan masalah-masalah kecil yg saya temui. Mungkin saja saat ini glitch yg saya dahulu temui itu sekarang sudah dibereskan.

    [​IMG]
    Kesimpulan
    Akhir katasaya sangat merekomendasikan The Elder Scrolls Online untuk kamu khususnya para penggila serial game The Elder Scrolls. Jika dulu sistem berlangganan membuatkamu memutuskan untuk tidakbermain, berarti sekaranglah saatnya kamu bermain. Bagi kamu para pecinta MMORPG, saya jamin The Elder Scrolls Online akan memberikan pengalaman berbeda dari berbagai game yg biasa kamu mainkan.

    Keleluasaan di game ini membiarkan kamu menjadi apa saja yg kamu inginkan. Apakah kamu ingin menjadi seorang petualang penyendiri yg menguak rahasia terbesar Tamriel, ataupun seorang komandan pasukan gagah berani yg menghancurkan pertahanan kastil musuh, semuanya kamu yg menentukan.
    Steam Link: The Elder Scrolls Online: Tamriel Unlimited, Rp. 389.999
    PlayStation Store Asia: The Elder Scrolls Online: Tamriel Unlimited, Rp521.000

    PlayStation Store US: The Elder Scrolls Online: Tamriel Unlimited, $59,99 (Rp855.000)

    Xbox One: The Elder Scrolls Online: Tamriel Unlimited, $59,99 (Rp855.000)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page