Liga Italia Westfalenstadion, Surga Bagi Juventus

Discussion in 'Bola' started by Bola, Mar 17, 2015.

Discuss Westfalenstadion, Surga Bagi Juventus in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,952
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Salah satu bentrok kelas wahid leg kedua babak 16 besar Liga Champions bakal tersaji di Westfalensatdion, Kamis (19/3) dini hari WIB. Ya, si empunya stadion, Borussia Dortmund, bakal menjamu raksasa Serie A Italia, Juventus. Sang tuan rumah diwajibkan menang dalam duel tersebut, mengingat di leg pertama mereka takluk 2-1.

    Di atas kertas, Dortmund terlihat memiliki peluang lolos lebih besar, lantaran hanya butuh menang lewat skor tipis 1-0. Selain sudah bangkit selepas menjalani musim yang salah di putaran pertama, Marco Reus juga diuntungkan dengan bermain di kandang sendiri.

    Sudah bukan rahasia jika Westfalenstadion yang juga memiliki nama komersil Signal Iduna Park, dikenal sebagai salah satu stadion angker dengan atmosfer paling mengerikan di Eropa. Tim yang bertamu dipastikan bakal merasakan atmosfer neraka persembahan 80.700 suporter Die Borussen, yang selalu memadati stadion.

    Tak percaya? Mari tengok bagaimana perjalanan Dortmund di Liga Champions dalam kurun dua musim ke belakang. Musim 2012/13 mereka secara ajaib melaju ke final dengan 100 persen kemenangan di kandang! Semusim setelahnya, Real Madrid yang akhirnya jadi juara, sempat nyaris tak lolos karena kalah 2-0 di Westfalenstadion. Dortmund terhenti akibat kalah agregat 3-2 di babak perempat-final.

    Menilik paparan tersebut, dibuatkah Juventus merinding karenanya?

    [​IMG]

    Jawabannya ternyata tidak! Jika bagi klub lain Westfalenstadion adalah neraka dunia, maka bagi Juve stadion yang berdiri pada 2 April 1974 itu bagaikan surga. Pernyataan itu didukung fakta bahwa Si Nyonya Tua memiliki rekor sempurna sepanjang sejarah lawatannya ke stadion tersebut.

    Tercatat tiga kali Juve bertandang ke Westfalenstadion, yang dimulai pada 5 Mei 1993. Kala itu keduanya bertemu di final Piala UEFA musim 1992/93. I Bianconeri yang menang 3-1 pada leg pertama di Westfalenstadion, kemudian keluar sebagai juara dengan agregat 6-1, setelah menang 3-0 di Delle Alpi pada leg kedua.

    Berlanjut semusim kemudian pada babak semi-final kompetisi yang sama. Dortmund secara luar biasa mampu menahan Juve 2-2 pada leg pertama di Delle Alpi. Namun di leg kedua, mereka malah tak berdaya di Westfalenstadion. Die Schwarzgelben takluk 2-1, akibat gol-gol Roberto Baggio dan Antonio Conte hanya mampu dibalas satu oleh pemain pujaan lembah Ruhr saat itu, Julio Cesar.

    Kemenangan terakhir Juve di stadion yang terletak di North Rhine-Westphalia, Jerman, itu terjadi di babak fase grup Liga Champions musim 1995/96. Mereka dominan dengan kemenangan 3-1, meski kemudian dibalas Dortmund lewat keunggulan 2-1 di Delle Alpi.

    Motivasi Juve juga semakin tebal, menilik rekor apik mereka ketika berhadapan dengan tim-tim Bundesliga Jerman. Dari 44 kali pertemuan, La Vecchia Signora mengemas 23 kemenangan, 14 kali kalah serta sisanya berakhir seri. Dan jika dikerucutkan dengan hanya bertandang ke Negeri Panser, maka dari 21 pertemuan La Fidanzata d'Italia mengoleksi hasil identik dengan menang dan kalah delapan kali, sementara lima lainnya berakhir imbang.

    Sebaliknya bagi Dortmund, meski tak terkalahkan dalam 14 laga kandangnya di Liga Champions dan meraup 11 di antaranya dengan kemenangan, mereka inferior jika bertemu tim Italia di Westfalenstadion. Dari 14 pertemuan, The Borussian menang lima kali, tiga kali imbang, dan enam kali menelan kekalahan. Tiga kakalahan di antaranya, tentu saja disebabkan oleh Juve.

    Berdasar fakta tersebut, mampukah Juventus menjaga 'surganya'? Atau malah Dortmund yang mengubahnya jadi neraka? Ah, tak sabar rasanya menanti laga berkualitas ini, Kamis (19/3) dini hari esok!

    liga italia seri a b, liga italia era digital, liga italia tabla, liga italia terkini, liga italia tvri, liga italia klasemen, Westfalenstadion, Surga Bagi Juventus
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page