XL kenalkan layanan pengganti RBT, MoodMusic

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 12, 2016.

Discuss XL kenalkan layanan pengganti RBT, MoodMusic in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,759
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Masih ingat dengan layanan Ring Back Tone (RBT) yg populer di Indonesia beberapa tahun lalu? Pesatnya pertumbuhan pengguna telepon seluler saat itu menjadi pemicu meledaknya layanan ini.

    Tidak hanya itu, RBT juga dikenal sebagai alternatif musikus Indonesia mendapat keuntungan dalam menjual karyanya. Mencoba mengulang kesuksesan RBT pada masanya, PT XL Axiata memperkenalkan konsep baru RBT dengan nama MoodMusic.

    MoodMusic merupakan layanan RBT yg dapat disesuaikan dengan mood / perasaan penggunanya. Layanan ini resmi diluncurkan di Jakarta, Selasa (12/1). Melalui press release yg Tech in Asia terima, Head of Product and Service Strategy XL, Hery Yulianto mengatakan bahwa RBT, yg merupakan layanan Value Added Service (VAS), ternyata masih tinggi peminatnya.

    Sampai dengan saat ini, XL mengklaim jumlah pengguna RBT-nya telah mencapai 2,5 juta pelanggan. RBT juga diklaim telah menyumbang sekitar 30 sampai 40 persen dari total pendapatan XL di tahun lalu. Ini menjadi alasan kenapa XL berani menghadirkan RBT dalam kemasan yg lebih segar.
    Peningkatan fitur dari RBT biasa
    MoodMusic sendiri telah dikenalkan sejak 1 Desember 2015 lalu, namun baru resmi diluncurkan di tahun ini. Fitur yg membedakan MoodMusic dengan RBT sebelumnya adalah pelanggan dapat dengan bebas mengganti lagu-lagu sesuai dengan mood-nya.

    Ini dapat dilakukan selama masa langganan tanpa biaya tambahan, terang Hery yg menambahkan bahwa layanan terbaru ini tidak akan menggantikan posisi RBT, namun akan berdampingan & saling melengkapi.

    Heri mengatakan bahwa telah tersedia ratusan pilihan lagu yg dapat digunakan. Lagu-lagu tersebut dikelompokkan ke dalam 11 jenis mood, yaitu Happy, Asik, Romantis, Semangat, Galau, Groovy, Bete, Hitz, Stress, Santai, & Cool.

    Seperti telah dijelaskan sebelumnya, layanan MoodMusic ditawarkan dengan mekanisme berlangganan. Selama masa promo, pengguna baru MoodMusic dapat mencoba layanan ini secara gratis untuk 30 hari pertama. Lalu, setelah itu, tarif normalnya berapa?

    Setelah masa promo berakhir, pelanggan bisa memilih tarif bulanan Rp11.000 per bulan / Rp5.500 per minggu. Semua pelanggan XL, baik pra-bayar & pasca bayar, bisa mendapatkan layanan baru ini, begitu juga pelanggan AXIS, jelas Hery.

    Hery menambahkan, untuk mengatur lagu yg diinginkan agar sesuai mood, pelanggan XL bisa melakukannya lewat 123555#. Nantinya, menurut Hery, MoodMusic juga akan hadir dalam bentuk aplikasi. Dengan begitu, pelanggan bisa semakin memudah saat ingin mengganti lagu kesukaannya.

    Baca juga: [Update] Kumpulan Startup Musik Terbaik di Indonesia
    Untuk memaksimalkan layanan MoodMusic, XL bekerja sama dengan Real Network Indonesia & 18 label musik sebagai penyedia konten. Label musik yg menjadi partner XL antara lain adalah Musica, Trinity Optima, Sani Music, Universal Musik Indonesia, Aquarius, Warner Music Indonesia, GP Records, Pelangi, Ascada, & Alfa Records.

    Jika band / musikus favoritmu tergabung dalam label-label tersebut, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba layanannya. Terlebih karena masih gratis untuk satu bulan pertama.

    Selain XL Axiata, operator telekomunikasi lainnya juga memiliki layanan RBT bagi penggunanya. Namun, baik Telkomsel, Indosat, mau pun operator-operator lainnya tidak banyak melakukan promosi untuk layanan ini.

    Menurut kamu, apakah layanan RBT saat ini masih diminati oleh pengguna telepon seluler?

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page