Loncat ke Konten

Logo
 
  • Log in dengan Facebook Log in dengan Twitter Log In with Google Sign In
  • Daftar
  • Tablet

QR Code

Indonesia - Ring of Fire - Dampaknya

Info

This topic has been archived. This means that you cannot reply to this topic.
1 balasan ditopik ini

#1
VyruZAkieN

VyruZAkieN
ID
   4881
Joined
06 Mar 2007
Group
Level I
Posts
113 posts

Lagi iseng nggak ada kerjaan  :wacko:  kepikiran dengan perkataan paman saya mengenai ring of fire  :blink:  maka lebih baik kita share aja disini :content: , dikumpulkan dari berbagai sumber di bentuk dalam thread dengan sedemikian rupa agar nyaman untuk dinikmati :blush: .


Pasific Ring Of Fire / Cincin Api Pasifik
Cincin Api Pasifik adalah daerah di mana sejumlah besar gempa bumi dan letusan gunung berapi terjadi di cekungan Samudra Pasifik . memiliki luas 40.000 km (25.000 mi) yang membentuk tapal kuda. Cincin Api memiliki 452 gunung berapi dan merupakan asal bagi lebih dari 75% dari aktifitas bumi dan gunung berapi aktif .Cincin Api Pasifik merupakan garis bergeseknya antara dua lempengan tektonik.
Pasific Ring of Fire
Spoiler Pasific Ring of Fire

Gambar Terposting


Indonesia Merupakan Negara yang Kawasannya Berada di Cincin Api Pasifik
Indonesia sering sekali terkena bencana alam seperti sunami, gunung meletus, gempa bumi (tektonik maupun vulkanik), banjir, tanah longsor, dan lain-lainnya. hal tersebut disebabkan oleh posisi indonesia yang berada di atas lempengan  pasifik, lempengan pasifik merupakan jalur dari cicin api pasifik. pergerakan yang terjadi pada lempengan pasifik dapat menimbulkan gempa tektonik, tanah longsor, dari ke aktifan perut bumi yang berada di jalur cincin api pasifik dapat menyebabkan meletusnya gunung berapi, dari gunung berapi yang meletus ini juga dapat membuat terjadinya gempa vulkanik.
Indonesia Ring Of Fire
Spoiler Indonesia Ring of Fire

Gambar Terposting



Proses Terjadinya Tsunami
Spoiler Proses Terjadinya Tsunami

Ada 3 (tiga) kejadian di laut yang mengakibatkan timbulnya tsunami yaitu :

1. Gempabumi
Secara umum gempabumi yang bisa menimbulkan tsunami adalah gempabumi tektonik  yang terjadi di laut dan mempunayai karakteristik sebagai berikut :
a. Sumber gempabumi berada di laut
b. Kedalaman gempabumi dangkal, yakni kurang dari 60 km
c. Kekuatannya cukup besar, yakni di atas 6,0 SR
f. Tipe patahannya turun (normal fault) atau patahan naik (thrush fault)
Tsunami yang ditimbulkan oleh gempabumi biasanya menimbulkan gelombang yang cukup  besar, tergantung dari kekuatan gempanya dan besarnya area patahan yang terjadi.
Tsunami dapat dihasilkan oleh gangguan apapun yang dengan cepat memindahkan suatu  massa air yang sangat besar, seperti suatu gempabumi, letusan vulkanik, batu  bintang/meteor atau tanah longsor. Bagaimanapun juga, penyebab yang paling umum  terjadi adalah dari gempabumi di bawah permukaan laut. Gempabumi kecil bisa saja  menciptakan tsunami akibat dari adanya longsor di bawah permukaan laut/lantai samudera  yang mampu untuk membangkitkan tsunami

Tsunami dapat terbentuk manakala lantai samudera berubah bentuk secara vertikal dan  memindahkan air yang berada di atasnya. Dengan adanya pergerakan secara vertical dari  kulit bumi, kejadian ini biasa terjadi di daerah pertemuan lempeng yang disebut subduksi.  Gempa bumi di daerah subduksi ini biasanya sangat efektif untuk menghasilkan gelombang  tsunami dimana lempeng samudera slip di bawah lempeng kontinen, proses ini disebut juga  dengan subduksi.

2. Land Slide (Tanah Longsor)
Land Slide/tanah longsor dengan volume tanah yang jatuh/turun cukup besar dan terjadi di  dasar Samudera, dapat mengakibatkan timbulnya Tsunami. Biasanya tsunami yang terjadi  tidak terlalu besar, jika dibandingkan dengan tsunami akaibat gempabumi.

3. Gunung Berapi aktif yang berada di tengah laut, ketika meletus akan dapat menimbulkan  tsunami. Tsunami yang terjadi bisa kecil, bisa juga sangat besar, tergantung dari besar  kecilnya letusan gunung api tersebut. Ada banyak gunung api yang berada ditengah laut di  seluruh dunia. Untuk di Indonesia , yang paling terkenal adalah letusan gunung Krakatau  yang terletak di tengah laut sekitar Selat Sunda, yang terjadi pada tahun 1883. Letusannya  sangat dashyat, sehingga menimbulkan tsunami yang sangat besar dan korban yang  banyak, baik jiwa maupun harta benda. Dampak dari bencana ini juga dirasakan  kedahsyatannya di negara lain.
Tanah longsor di dalam laut dalam , kadang-kadang dicetuskan oleh gempabumi yang  besar; seperti halnya bangunan yang roboh akibat letusan vulkanik, mungkin juga dapat  mengganggu kolom air akibat dari sediment dan batuan yang bergerak di lantai samudera.  Jika terjadi letusan gunung api dari dalam laut dapat juga menyebabkan tsunami karena  kolom air akan naik akibat dari letusan vulkanik yang cukup besar lalu membentuk suatu  tsunami. Contoh seperti yang terjadi di Gunung Krakatau.Gelombang terbentuk akibat  perpindahan massa air yang bergerak di bawah pengaruh gravitasi untuk mencapai  keseimbangan dan bergerak di lautan, seperti jika kita menjatuhkan batu di tengah kolam  akan terbentuk gelombang melingkar.
Sekitar era tahun 1950 an ditemukan tsunami yang lebih besar dibandingkan sebelumnya  percaya atau tidak mungkin ini disebabkan oleh tanah longsor, bahan peledak, aktifitas  vulkanik dan peristiwa lainnya. Gejala ini dengan cepat memindahkan volume air yang  besar, sebagai energi dari material yang terbawa atau melakukan ekspansi energi yang  ditransfer ke air sehingga terjadi gerakan tanah. Tsunami disebabkan oleh mekanisme ini,  tidak sama dengan tsunami di lautan lepas yang disebabkan oleh beberapa gempabumi,  biasanya menghilang dengan cepat dan jarang sekali berpengaruh sampai ke pantai karena  area yang terpengaruh sangat kecil.Peristiwa ini dapat memberi kenaikan pada gelombang  kejut lokal yang bergerak cepat dan lebih besar (solitons), Seperti gerakan tanah yang  terjadi di Teluk Lituya memproduksi suatu gelombang dengan tinggi 50- 150 m dan  mencapai area pegunungan yang jaraknya 524 m. Bagaimanapun juga , suatu tanah  longsor yang besar dapat menghasilkan megatsunami yang mungkin berdampak pada  samudera.Gambar Terposting



Proses Terjadinya Gempa Bumi
Spoiler Proses Terjadinya Gempa Bumi

Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi.
Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km.
Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi. Beberapa gempa bumi (jarang namun) juga terjadi karena menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam, seperti Dam Karibia di Zambia, Afrika. Sebagian lagi (jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari/ke dalam bumi (contoh. pada beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi dan di Rocky Mountain Arsenal. Terakhir, gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. Hal ini dapat membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. Gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi.

Tipe-Tipe Gempa bumi
1. Gempa bumi vulkanik  ( Gunung Api ) ; Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.
2. Gempa bumi tektonik ; Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik. Teori dari tectonic plate (lempeng tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.
Gambar Terposting



Proses Terjadinya Tanah Longsor
Spoiler Proses Terjadinya Tanah Longsor

Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah  dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang mempengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh:

    * erosi yang disebabkan sungai-sungai atau gelombang laut yang menciptakan lereng-lereng yang terlalu curam
    * lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat
    * gempa bumi menyebabkan tekanan yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng yang lemah
    * gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu-debu
    * getaran dari mesin, lalu lintas, penggunaan bahan-bahan peledak, dan bahkan petir
    * berat yang terlalu berlebihan, misalnya dari berkumpulnya hujan atau salju
Gambar Terposting



Sumber
Spoiler Sumber


Sumber : http://forum.upi.edu...p?topic=13675.0 (proses terjadinya tsunamimi)
               http://id.wikipedia....wiki/Gempa_bumi (mengenai Gempa Bumi)
             http://id.wikipedia....cin_Api_Pasifik (mengenai cincin api)



Mohon Feedback-nya

Mau aman dan mudah bertransaksi ONLINE? Gunakan selalu Jasa Rekening Bersama Netheroez di Nyit-Nyit.Net. Klik disini!

Mau beli cheat ? Takut kena tipu ? Gunakan jasa Middleman. Apa itu Middleman ? Klik disini!

#2
dejiezz

dejiezz
ID
   29512
Joined
20 Dec 2007
Group
Level II
Posts
776 posts
   Awards

Lihat Postmhemen, pada 02 December 2010 - 07:24 PM, memposting:

nice share gan
bertambah 1 lagi pengetahuan tentang bumi + negara kita

bertambah lagi orang yg melakukan postingan tidak berguna
warn +1 untuk anda ^_^


Forum Stats [ Total Posts: 1091608, Total Anggota: 130800, Total Topik: 126019, Total Reply: 965589 ]


Forum Total Members Online Now: 257 [ Details: 9 Members, 247 Guests, 1 Anonymous ]