10 Berita Penting Dunia Game Selama Tahun 2015

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 30, 2015.

Discuss 10 Berita Penting Dunia Game Selama Tahun 2015 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,760
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Tak terasa sudah hampir 365 hari kita menjalani tahun 2015. Melihat setahun ke belakang, cukup banyak peristiwa yg menggemparkan dunia gaming, di mana mimpi-mimpi menjadi kenyataan, proyek ambisius yg kandas di tengah jalan, hinggaperpisahan tokoh besar dunia gaming dari perusahaan yg membesarkan namanya.

    Industri game dalam negeri pun semakin menunjukkan kualitasnya. Terdapat banyak game berkualitas karya anak bangsa yg dirilis tahun ini, ajang pameran video game besar berskala nasional yg diadakan di empat kota di Indonesia, serta kabar mengenai kemunculan gamekarya developer lokal di console PlayStation. Sungguh tahun yg penuh dengan momen menggembirakan & tidak terduga!

    Dari semua peristiwa yg terjadi di seputar dunia gaming pada tahun 2015, terdapat setidaknya sepuluh beritabersejarah yg rasanya akan terus dikenang di masa depan. Berikut adalah momen-momen penting di dunia gaming pilihan Tech in Asia Indonesia!
    Presentasi Sony di Ajang E3 yg Mewujudkan Mimpi


    Sebagian besar gamer mungkin setujubahwapresentasi Sony di ajang E3 2015benar-benar mewujudkan banyak mimpi. Mereka memperkenalkan koleksigame baru yg terlihat sangat menarik, serta membangkitkan game lama yg telah ditunggu-tunggu penggemarnya. Dari sekian banyak game yg dipertontonkan selama presentasi tersebut, ada tiga yg kehadirannya disambut dengan penuh suka cita.

    Kejutan pertama hadir saat Shawn Layden, Presiden & CEO Sony Computer Entertainment America, membuka presentasi Sony dengan menampilkan trailer dari The Last Guardian. Game yg pertama kali diumumkan pada tahun 2009 untuk PS3 tersebut kembalidiperkenalkan sebagai game eksklusif PS4 dengan jadwal perilisan pada tahun 2016.

    Kejutan selanjutnya hadir saat Adam Boyes, VP Publisher and Developer Relations Sony Computer Entertainment America, memberi petunjuk tentang sebuah iterasi dari seri Final Fantasy yg telah ditunggu-tunggu penggemarnya. Ia tidak perlu berkata banyak, sebab trailer dari Final Fantasy VII Remake langsung sukses membuat para hadirin beserta penonton tayangan live-streaming gegap gempita dibuatnya.

    Belum sempat para penonton mengaturnapas kembali, ia tidak lama kemudian mengumumkan sekuel dari sebuah seri yg telah ditunggu oleh para penggemarnya selama empat belas tahun:Shenmue 3. Proyek penggalangan dana di Kickstarter yg dicanangkan untuk Shenmue 3pun langsung mencapai target sebesar $2 juta (sekitar Rp260 miliar) hanya dalam waktu kurang dari dua hari.
    Demo Final Fantasy XV Akhirnya Dirilis Setelah Diumumkan Sembilan Tahun Lalu


    Setelah menunggu selama sembilan tahun sejak pertama kali diperkenalkan pada ajang E3 tahun 2006, para fan Final Fantasy akhirnya bisa memainkandemo dari Final Fantasy XV. Versi demo dari game yg pertama kali diperkenalkan sebagai Final Fantasy Versus XIII tersebut dapat diperoleh dengan membeli Final Fantasy Type-0 yg dirilis tahun 2015.

    Demo dengan judul Final Fantasy XV: Episode Duscae ini hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan Final Fantasy XV yg rencananya akan dirilis pada tahun 2016 nanti. Rencananya Square Enix akan merilis game tersebut untuk console PS4 & Xbox One.
    Kebangkitan Figur Developer Indie yg Mencuri Perhatian
    [​IMG]

    Tahun 2015 juga diwarnai dengan kemunculan beberapa figur developer indie dengan karya-karya perdananya yg sukses mencuri perhatian kami. Dari sekian banyak game yg bermunculan, setidaknya ada dua yg benar-benar merupakan permata, yaitu Her Story & Undertale.

    Sam Barlow sebagai kreator Her Story sukses menyuguhkan sebuah gameplay unik tentang wawancara saksi kasus pembunuhan. Narasi yg disampaikan di dalamnya dibangun dengan cara unik, tidak berurutan, penuh misteri, serta memberikan konklusi yg tidak terduga. Tidak heran kami menobatkanHer Storysebagai salah satu game dengan narasi terbaik selama tahun 2015 versi Tech in Asia.

    Begitu pula dengan Toby Fox, kreator dari Undertale yg bisa dikatakan mengerjakan game tersebut sendirian. Walau menyajikan visual klasik dengan gaya 8-bit, namun narasi & musik yg ada di dalamnya sangatlah fantastis. Hal itu pula yg membuat kami memasukkannya sebagai salah satu game dengan musik paling berkualitas selama tahun 2015.
    Hideo Kojima Berpisah dari Konami


    Keretakan hubungan antara Hideo Kojima dengan Konami, perusahaan yg telah membesarkan namanya, mulai tercium sejak awal tahun 2015. Nama studio game yg dimiliki Kojima, yaitu Kojima Productions, bahkan lenyapdari semua materi promosi Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

    Tidak hanya itu, game horor sensasional P.T. yg dibuatnya bersama sutradara kenamaan Guillermo del Toro & aktor Hollywood Norman Reedus, juga secara sepihak ditarik peredarannya dari PlayStation Store.

    Simpang siur berita tersebut menuai spekulasi dari berbagai pihak. Ada yg menyebutkan bahwa suasana kerja di Konami tidaklah kondusif lagi, / Kojima menghabiskan terlalu banyak uang untuk membuat game sehingga tidak dinilai profitableoleh Konami. Kedua belah pihak pun memilih bungkam, setidaknya hingga 2015 hampir berlalu.

    Pada bulan Desember 2015, Kojima pun akhirnya mengumumkan perpisahannya dengan Konami secara resmi. Ia kini menjadi developer game independen & mendirikan Kojima Productions yg baru. Tidak hanya itu saja, ia juga menjadi partner resmi dari Sony untuk menghadirkan karya pertamanya di PlayStation.
    Nintendo Akhirnya Terjun ke Platform Mobile
    [​IMG]

    Setelah sekian lama Nintendo bersikukuh untuk mengembangkan berbagai game secara eksklusif di console miliknya, tahun ini akhirnya Nintendo mengonfirmasi akan ikut meramaikan platform mobile dengan menggandeng DeNA. Mereka bahkan mengumumkan akan merilis sedikitnya lima game mobile hingga tahun 2017 mendatang.

    Walaupun demikian, ternyata game perdana Nintendo di platform mobile merupakan sebuah game yg tidak disangka sama sekali. Alih-alih merilis versi mobile dari berbagai properti intelektual terkenal milik mereka, Nintendo malah akan meluncurkan sebuah game sosial berjudul Miitomo pada tahun 2016 nanti.
    Wii U Semakin Menarik BerkatKoleksi Game Berkualitas
    [​IMG]

    Walaupun posisi Wii U di pasar nasional masih kalah dibandingkan dominasi PS4, namun daya tarik console buatan Nintendo ini semakin menarik berkat koleksi game berkualitas yg dirilis tahun 2015. Jajaran game eksklusif seperti Splatoon, Super Mario Maker, maupun Xenoblade Chronicles X jelas tidak bisa dipandang sebelah mata saja.

    Splatoon merupakan bukti dari kreativitas Nintendo yg mampu mengemas genre multiplayer shooter secara fun serta jauh dari aksi anarkis. Super Mario Maker juga berhasil merangsang kreativitas & partisipasi para pencinta Mario di seluruh dunia untuk ikutmerancang kembali game platformer legendaris tersebut. Tidak ketinggalan Xenoblade Chronicles X yg menyuguhkan potensi penuh kemampuan grafis Wii U yg selama ini seakan tersembunyi.
    CEONintendo Satoru Iwata Meninggal Dunia
    [​IMG]

    Salah satu figur paling dicintai dalam sejarah Nintendo, Satoru Iwata, meninggal dunia setelah berjuang melawan komplikasi dari tumor saluran empedu yg ia derita padatahun 2014. Berita kepulangannya begitu mendadak di bulan Juli 2015,hingga membuat tampuk kepemimpinan Nintendo sempat dipegang sementara oleh dua orang direktur senior bersamaan, yaitu Shigeru Miyamoto & Genyo Takeda.
    Cek juga hal-hal yg bisa dipelajari dari mendiang Satoru Iwata sebagai CEO dari Nintendo

    Perjalanan Nintendo saat dipegangoleh Satoru Iwata mengalami pasang surut yg cukup ekstrem. Di masa kepemimpinannya, Nintendo pernah meraih masa kejayaan dengan merilis dua console inovatif yaitu Nintendo DS & Wii. Iwata juga mengalami masa-masa pahit di mana Nintendo mengalami kerugian yg berkepanjangan, hingga menyebabkan ia memotong gajinya sendiri sebagai bentuk tanggung jawab.

    Walaupun kini telah tiada, iasempat menetapkan arahperkembangan Nintendo selanjutnya denganmenambah jumlah game berkualitas di Wii U serta mengukuhkankomitmen Nintendo untuk platform mobile. Terima kasih, Iwata-san.Tanpamu mungkin kita tidak akan mengetahui serunya bermain Wii atauDS bersama teman maupun keluarga.
    Kreator Candy Crush Saga Diakuisisi oleh Activision
    [​IMG]

    Kreator Candy Crush Saga, King, diakuisisi oleh developer sekaligus penerbit game AAA Activision dengan nilai total sebesar $5,9 miliar (setara Rp80 triliun)! Akuisisi ini bahkan lebih mahal dibandingkan Microsoft yg mengakuisisi Mojang dengan nilai $2,5 miliar (Rp34 triliun) pada tahun 2014 lalu.

    Walau telah dibeli oleh Activision, King masih tetap memegang kendali untuk pengembangan game mobile serta mengelola berbagai judul hit yg telah mereka rilis selama ini. Belum ada kabar mengenai rencana ke depan Activision di dunia game mobile sejauh ini. Apakah mungkin kita akan disajikan versi mobile dari Call of Duty / Tony Hawk’s Pro Skater di masa depan?
    Penyelenggaraan Game Developers Gathering Prime
    [​IMG]

    Acara silaturahmi & networking antar para developer game yg berawal dari pertemuan kecil-kecilan di restoran, Game Developers Gathering (GDG), tahun ini semakin meriah dengan diselenggarakannya GDG Prime di kota Bandung, beserta tur ke tiga kota seperti Jakarta, Yogyakarta, & Surabaya.

    GDG Prime sukses menghadirkan para developer game dari berbagai kota untuk memamerkan karya masing-masing. Komposer seri Mega Man, Manami Matsumae, ikut memeriahkan dengan menggelar konser mini dengan lagu-lagu gubahannya untuk game Target Acquired.

    Walau hanya berlangsung selama satu hari, ajang GDG Prime termasuk meriah hingga ke sesi penutup di mana pihak penyelenggara memberikan penghargaan bagi para peserta. Semoga saja GDG Prime akan terus diselenggarakan secara rutin dengan menggandeng lebih banyak lagi para pelaku industri game lokal.
    Game Karya Developer Lokal untuk Pertama Kalinya Merambah Console PlayStation
    [​IMG]

    Industri game tanah air semakin menunjukkan kualitasnya. Kali ini MINTSPHERE, sekelompok developer game asli Indonesia yg pernah merilis Trigger Knight, mengumumkan proyek game berjudul Fallen Legion yg akan dirilis untuk PS4.

    Fallen Legion dikembangkan berkat kerja sama MINTSPHERE dengan penerbit game YummyYummyTummy yg juga membantu pelaksanaan GDG Prime. Game ini seakan terinspirasi dari mekanisme pertarungan pada Valkyrie Profile, di mana pemain akan mengendalikan beberapa karakter untuk menciptakan combo dengan menggerakkan tokoh-tokoh yg ada secara bergantian.

    Lebih membanggakannya lagi, Fallen Legion juga termasuk di dalam jajaran game yg dipamerkan oleh Sony pada ajang PlayStation Experience di San Fransisco awal Desember 2015. Ini merupakan bukti dukungan serta harapan Sony terhadap game karya anak bangsa yg akan meramaikan koleksi hiburan berkualitas pada consolePlayStation.

    Menurut kamu, apa lagi momen gaming yg berkesan di tahun 2015 ini selain sepuluhperistiwa di atas? Yuk berbagi melalui kolom komentar di bawah!

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page