10 Tips Keamanan Bagi Pengguna Android (1)

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Nov 27, 2014.

Discuss 10 Tips Keamanan Bagi Pengguna Android (1) in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. 10 Tips Keamanan Bagi Pengguna Android (1)

    Unduh Aplikasi Hanya Melalui Google Play

    Sejauh ini, hal paling berbahaya mengenai Android adalah bukan pada OSnya melainkan pada aplikasi yg diinstal oleh pengguna. Tidak seperti iOS, menginstal sebuah Android oleh diri sendiri or melalui orang lain adalah perkara yg mudah bagi pengguna Android.

    Namun jangan pernah mengunduh aplikasi dari platform or situs pihak ketiga. Karena kemudahan ini dapat dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk menyebarkan malware melalui situs or platform pihak ketiga ini. Anda dapat terinfeksi oleh malware jika melakukan hal ini, dengan tidak melakukan hal ini anda dapat terhindar dari serangan malware. Anda juga harus tidak menggunakan akses root pada perangkat Android anda.

    Perhatikan App Permission Saat Mengunduh Aplikasi

    Sebelum anda menginstal sebuah aplikasi melalui Google Play, sebaiknya anda mengecek app permission sebelum menginstal untuk melihat apa saja yg diingin diakses oleh aplikasi anda. Jika sebuah aplikasi permainan ingin mengakses akun Google, SMS, lokasi or akses pribadi lainnya, tentu hal ini sedikit mencurigakan. Hal ini dapat menghindarkan anda dari serangan malware or pencurian data pribadi.

    Gunakan Password Yang Kuat

    Mungkin untuk poin ini kerap kali disarankan bagi anda, namun hal ini merupakan salah satu hal paling fundamental untuk pengamanan perangkat or platform yg menggunakan password. Penggunaan password yg kuat dapat menghindarkan anda dari pencurian akun yg dapat menyebabkan pembobolan data pribadi anda.

    Untuk memperkuat password anda dapat menggunakan kombinasi minimal 10 karakter yg unik. Untuk melengkapi keamanan password anda dapat secara berkala mengganti password serta menghentikan mode yg menunjukan password ketika memasukan kombinasi password untuk login.

    Enkripsi Data Anda

    Mendengar kata enkripsi pasti terbayg bagi anda kerumitan melakukan hal ini, terlebih jika anda bukan seorang ahli sekuriti. Namun sebaiknya anda membuang jauh-jauh pikiran mengenai kerumitan pada enkripsi.

    Anda dapat dengan mudah mengenkripsi ponsel anda dengan masuk ke pengaturan lalu masuk ke fitur keamanan & pilih fitur Encrypt Phone & sebagai tambahan anda dapat mencentang fitur Encrypt SD Card untuk melindungi data pada kartu memori SD anda. Hal ini akan berguna ketika perangkat Android anda hilang, sehingga pencuri tidak bisa membuka ponsel Android anda.

    Hati-hati Ketika Menggunakan Jaringan WiFi

    Secara default, Android mencoba berhubungan dengan semua jaringan WiFi yg pernah anda akses. Untuk beberapa kasus, penjahat siber dapat memanfaatkan hal ini dengan membuat jaringan WiFi palsu sehingga dapat masuk ke dalam sistem ponsel anda.

    Karena hal tersebut, sebaiknya anda tidak menggunakan layanan WiFi umum. Atau jika anda tetap menggunakan, sebaiknya jalankan program yg dapat mengaudit daftar WiFi yg pernah anda pakai. Anda juga dapat mematikan mode pencarian secara default untuk jaringan WiFi yg terbuka.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten10 Tips Keamanan Bagi Pengguna Android (1) diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page