5 Jenis Lalat yang Tidak Bisa Terbang

Discussion in 'Entigapedia' started by pancibuntus, Jul 29, 2013.

Discuss 5 Jenis Lalat yang Tidak Bisa Terbang in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. pancibuntus 4 SD Level 2

    Messages:
    524
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    53
    Lalat rumah, lalat buah ataupun nyamuk, merupakan salah satu serangga yang memiliki dua sayap (ordo Diptera). Di dunia ini terapat 250.000 jenis serangga diptera yang hidup mulai dari menghisap madu hingga darah hewan dan atau manusia. Uniknya, tidak semua serangga diptera memiliki kemampuan untuk terbang. berikut kami merangkum 5 lalat yang tidak bisa terbang:



    1. Lalat Larva Semut


    [​IMG]
    Lalat yang satu ini memiliki bentuk fisik menyerupai larva semut, diptera parasit ini hidup sebagai parasit di koloni semut prajurit yang dikenal ganas. Lalat Vestigipoda longiseta, hidup dengan mencuri makanan-makanan yang dibawah oleh para semut. Bahkan ia mendapatkan perlindungan layaknya larva semut dari para semut prajurit.


    2. Lalat Australia


    [​IMG]

    Lalat asal Australia yang satu ini ketika masih berupa larva hidup dan besar di dalam air yang terjebak di bagian mangkuk sebuah tanaman. Setelah menjadi dewasa, meskipun sudah menjadi lalat namun ia tidak bisa terbang hanya melompat dari satu tanaman ke tanaman lain. Bahkan mereka seringkali ditemukan berada di wilayah yang kering dan gersang, padahal tidak ada tanaman bermangkuk tumbuh di wilayah tersebut.


    3. Lalat Kutu Lebah


    [​IMG]

    Lalat yang dikenal sebagai ‘kutu lebah,’ merupakan salah satu diptera yang tidak bisa terbang. Bahkan mereka menghabiskan masa dewasanya di dalam koloni lebah, dan tubuhnya yang kecil memungkinkan mereka untuk bersembunyi di balik sayap lebah dewasa. Dan tidak segan-segan menjilati mulut inangnya untuk mendapatkan makanan.


    4. Lalat Air Laut


    [​IMG]

    Ketika menjadi larva, lalat yang tidak bisa terbang ini hidup dengan memakan alga dan organisme laut yang membusuk. Lalat air laut atau pontomyia merupakan salah salah serangga yang hidup di lingkungan air laut. Jantan dewasanya memiliki kaki yang lebih panjang, gerakannya seperti berselancar dibantu dengan dorongan angin yang dihasilkan dari kepakkan sayapnya.


    5. Lalat Kelelawar Selandia Baru


    [​IMG]

    Lalat kelelawar yang berasal dari Selandia Baru ini masih berhubungan dengan lalat kelelawar di bagian pertama. Dinamai lalat kelelawar karena ia memperoleh makanan melalui darah yang dihisapnya dari hewan lain. Meski demikian lalat kelelawar betina memberi makanan larva melalui cairan yang terdapat dimulutnya. Maka tak heran jika lalat kelelawar yang tidak bisa terbang ini merupakan serangga yang mengayomi anak-anaknya.


     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page