6 Game Dari Global Game Jam 2015 Di Bali

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 30, 2015.

Discuss 6 Game Dari Global Game Jam 2015 Di Bali in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,624
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    30/01/2015

    Global Game Jam 2015 telah diadakan pada 23-25 Januari 2015 lalu. Puluhan negara ikut berpartisipasi, & total sembilan kota di Indonesia tidak ketinggalan ajang uji kreativitas yg satu ini. Pada kesempatan ini saya akan mengulas enam game yg berhasil diciptakan oleh para peserta Global Game Jam daerah Bali.

    Satu hal yg sangat menarik dari Global Game Jam 2015 di Bali adalah banyaknya pendatang baru yg sebelumnya belum pernah terlibat game jam / bahkan membuat game sama sekali, tapi berani ikut serta demi mempelajari hal baru. Ini mungkin bisa jadi pertanda untuk kamu semua agar tidak ragu-ragu mengikuti Global Game Jam berikutnya meskipun tidak memiliki latar belakang pengembangan game sama sekali, karena melalui acara ini, kamu bisa mendapatkan banyak sekali ilmu baru, & berkenalan dengan orang-orang baru demi meningkatkan koneksi di dunia industri kreatif.

    Tanpa panjang lebar lagi, mari kita langsung bahas saja enam game hasil karya para peserta Global Game Jam 2015 asal pulau dewata, Bali.
    Guidance
    [​IMG]

    Guidance adalah sebuah game puzzle yg sangat unik. Jika kebanyakan game dikendalikan menggunakan mouse, keyboard, atau joystick, maka Guidance harus kamu kendalikan menggunakan kalimat! Ya kamu tidak salah baca, dalam game ini kamu harus mengetikan sejumlah perintah dalam bentuk kalimat bahasa Inggris. Begitu kamu selesai mengetikan kalimatnya maka karakter dalam game ini akan bereaksi tergantung dari apa yg kamu ketikkan.

    Genre dari Guidance sendiri adalah puzzle. Di sini kamu akan disajikan dengan sebuah masalah simpel yg harus kamu selesaikan demi membantu si kakek yg menjadi pemeran utama Guidance. Kamu juga bisa iseng-iseng mengetikan kata yg tidak terduga lo, misalnya seperti bahasa Inggris dari “bunuh diri”.

    Global Game Jam 2015: Guidance
    Amrep’s
    [​IMG]

    Oke game yg satu ini bisa dibilang sebaiknya menjadi konsumsi untuk gamer berusia 17 tahun ke atas saja. Dari segi gameplay Amrep’s sangatlah simpel & bisa dibilang belum terlalu komplet dibuat. Tapi yg jelas tema, cerita, musik, gambar, & segala hal yg ada di game ini, kamu dijamin akan tertawa terbahak-bahak dibuatnya.

    Global Game Jam 2015: Amrep’s
    Light Surf
    [​IMG]

    Light Surf bisa dibilang merupakan salah satu game dengan kualitas visual paling menarik di Global Game Jam Bali tahun ini. Meskipun memiliki aset visual yg cukup simpel, tapi game ini bisa menyajikan tampilan yg sangat enak dilihat. Hal ini semakin dibuat menarik oleh gameplay yg tidak membutuhkan kontrol ribet sama sekali tapi tetap seru untuk dimainkan. Seberapa simpelkah kontrolnya? Kamu hanya perlu menggerakkan mouse saja untuk bermain game ini. Bahkan mengeklik mouse pun tidak diperlukan. Hal ini membuat Light Surf menjadi sangat mudah untuk dipelajari siapapun, tapi sulit untuk dikuasai. Cobalah mainkan game ini untuk mengisi waktu luangmu.

    Global Game Jam 2015: Light Surf
    MiniCIv
    [​IMG]

    Uhuk uhuk … Oke cukup susah juga saya harus menulis tentang game ini. Kenapa susah? Karena salah satu anggota tim yg mengerjakan MiniCiv adalah … saya sendiri! Saya bisa saja mempromosikan MiniCiv sebagai game terbaik yg dapat kamu temukan, bahkan lebih baik dari pada Civilization sekalipun. Tapi kalau saya melakukannya, maka kredibilitas saya jelas akan rusak habis-habisan.

    Pada dasarnya MiniCiv akan memberikanmu pilihan-pilihan aktivitas untuk dilakukan di berbagai zaman yg digambarkan dengan minimalis & simpel. Kamu bisa memilih aktivitas yg berhubungan dengan kekuatan, kecerdasan, & juga satu elemen rahasia lainnya. Apa aktivitas yg kamu pilih dapat mempengaruhi pilihan-pilihan aktivitas yg tersedia di zaman berikutnya dalam game. Sayangnya karena batasan waktu & hal lainnya, banyak konten yg direncanakan di game ini batal dimasukkan juga.

    Global Game Jam 2015: MiniCiv
    Hidden Imagination
    [​IMG]

    Game yg satu ini dibuat oleh sekelompok tim remaja yg belum memiliki pengalaman mengembangkan game sama sekali. Meskipun belum berpengalaman, Hidden Imagination bisa dibilang memiliki gameplay yg lumayan seru serta konsep cerita yg cukup keren. Di sini kamu akan memerankan anak kecil yg sangat hobi bermain petak umpet sampai-sampai imajinasi permainan petak umpet yg mereka lakukan bisa jadi terlihat sangat nyata di kepala mereka. Awalnya game ini direncanakan akan memiliki berbagai level dengan tema sesuai dengan imajinasi si anak, tapi karena keterbatasan waktu, baru satu level bertema ninja saja yg sempat dikerjakan oleh tim.

    Pada dasarnya di sini kamu hanya perlu menjemput teman kamu di salah satu bagian level, kemudian kamu harus mencapai pintu keluar level sambil menghindari berbagai jebakan kejam yg tersebar dalam game. Simpel, tapi dijamin kamu akan sangat sering mengulang game ini. Tidak hanya itu saja, game ini juga memiliki menu utama yg sangat keren lo. Sangat sesuai dengan tema yg diusungnya.

    Global Game Jam 2015: Hidden Imagination
    Lucky Monkey
    [​IMG]

    Game terakhir dari Bali merupakan game multiplayer kompetitif yg sangat seru untuk dimainkan. Game berjudul Lucky Monkey ini dikendalikan menggunakan gamepad & perlu dimainkan oleh dua orang. Setiap orang akan diperintahkan untuk memasukkan kombinasi tombolnya sendiri, & di sepanjang permainan akan ada beberapa poin di mana kamu harus memasukkan kombinasi yg sebelumnya telah dimasukkan oleh lawan kamu.

    Setelah memasukkan kombinasi milik sendiri, kedua pemain harus berusaha untuk memanjat platform yg didesain sama persis & didesain dengan cukup sulit. Pemenang dari setiap sesi ditentukan dari siapa yg berhasil mencapai puncak paling awal & memecahkan kombinasi yg telah dimasukkan lawannya di awal permainan. Secara keseluruhan game ini merupakan game paling menyenangkan & seru untuk dimainkan saat sedang berkumpul bersama teman. Kalau kamu sedang berkumpul dengan teman & butuh hiburan yg bisa membuat seluruh ruangan tertawa (atau malah jadi bertengkar), saya sangat menyarankan kamu & teman-temanmu memainkan Lucky Monkey.

    Global Game Jam 2015: Lucky Monkey
    [Devtalk] Game Jam - Genjotan Fisik Dan Kreativitas Demi Kepuasan Tanpa Batas[​IMG]TagsKarya Anak Bangsa

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page