7 Hal Penting Dalam Proses Pengembangan Game

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Aug 23, 2014.

Discuss 7 Hal Penting Dalam Proses Pengembangan Game in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,624
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Pernah kepikiran pengen jadi developer video game, tapi bingung mulai dari mana? Punya skill coding tapi bingung milih game engine yg pas sesuai kemampuan? Atau punya skill bikin ilustrasi keren, tapi bingung format file ilustrasi apa aja yg disaranin buat dipake sebagai aset dalam video game?

    Bagi kalian yg punya cita-cita & pegen mencoba profesi sebagai developer video game, pasti pernah punya masalah seputar pertanyaan-pertanyaan di atas. Ngga usah bingung lagi karena banyak komunitas developer video game, terutama developer video game indie yg suka sharing ilmu & pengalaman mereka kepada para generasi penerus yg pengen jadi developer video game seperti kalian.

    Seperti salah satu contohnya adalah PixelProspector. PixelProspector jadi wadah bagi para komunitas developer video game indie untuk mencari inspirasi & menambah wawasan seputar hal-hal yg ada dalam proses pengembangan sebuah video game. Meski udah menginjak umur 5 tahun pada bulan Juli yg lalu, ngga usah takut kalo PixelProspector punya konten yg kompleks, ribet, & ngga cocok buat developer pemula. Justru PixelProspector punya konten yg makin lengkap & inovatif buat mendorong para developer muda dengan menambah informasi seputar tips & trik dalam proses pengembangan video game.

    Menurut PixelProspector ada 7 poin penting dalam proses pengembangan game.

    01. MEMULAI PERTAMA KALI

    Kita seringkali bingung ketika pengen mulai ngerjain suatu hal karena minim info tentang panduan hal-hal yg kudu kita kerjakan pertama kali. Untungnya PixelProspector udah nyiapin daftarnya buat kita pelajari secara mendetil.

    A. Game Making Tool/Engine
    [​IMG]

    Supaya aset-aset video game bisa dipadu-pa&kan dengan sempurna, tentu seorang developer butuh aplikasi pembuat game yg sesuai dengan kebutuhannya. Banyak pilihan engine game yg bisa dipilih untuk merancang video game baik video game 2D maupun 3D. Daftar lengkapnya bisa kalian cek di "The Big List of Game Making Tools" dari PixelProspector. Jangan takut perlu keahlian khusus terutama kemampuan coding buat mengoperasikan software engine game ini. Ada beberapa software yg punya daftar template script yg bisa dibongkar-pasang dengan formula kode logika yg lain untuk memprogram tindakan sebuah aset/obyek dalam game dengan mudah. Jadi developer pemula pun bisa nangkep & belajar dengan cepet pemahaman dasar coding.

    B. Aset Grafis
    [​IMG]

    Belum lengkap sebuah game tanpa aset-aset obyek grafis di dalamnya. Kalo lo emang punya kemampuan artistik dalam membuat torehan-torehan seni dalam media konvensional maupun digital, banyak daftar aplikasi grafis gratis maupun berbayar yg bisa dipake baik. Tutorial cara pakenya pun juga banyak tersebar di internet.

    Atau ngga punya skill buat bikin aset grafis yg cihuy tapi punya &a buat beli aset grafis or mempekerjakan graphic artist? Boleh banget. Bisa kabarin gue cek di link berikut buat nyari komunitas tempat para graphic artist suka ngumpul.

    C. Aset Musik & Suara
    [​IMG]

    Sama halnya dengan aset grafis, aset efek suara & latar musik juga penting sifatnya buat ada dalam video game, kecuali game yg lo bikin emang mengusung tema video game bisu. Banyak daftar aplikasi audio gratis maupun berbayar yg bisa diutak-atik. Atau kalo bingung cara makenya, bisa cari orang-orang yg memang ahli di bi&g ini seperti musisi or sound engineer & voice actor. Ada juga situs-situs yg menyediakan aset suara buat didownload secara gratis seperti videogamecaster.com or mp3bonez.com.

    02. INSPIRASI

    Kena sindrom Creative Block? Itu berarti tan&ya lo butuh istirahat sejenak & mencari inspirasi dari sekitar. Inspirasi datengnya bisa darimana aja. Bisa dari buku, browsing internet, or dari hasil nongkrong di kafe seharian juga bisa. Banyak developer game indie yg suka bagi-bagi info di blog mereka seputar perjalanan mereka dalam ngembangin game lho. So, rajin-rajin aja browsing postingan mereka & jangan takut buat ngobrol via email or sekedar mention via profil jejaring sosial media mereka juga boleh.

    03. BELAJAR DARI PENGALAMAN DEVELOPER LAIN

    Ciptaan manusia ngga pernah bisa 100% sempurna. Maka dari itu kita kenal dengan yg namanya inovasi yg jadi proses perbaikan untuk menyempurnakan alat ciptaan manusia versi sebelumnya. Istilah ini sering dikenal dengan postmortem, yg punya arti pemeriksaan penyebab kematian jasad korban oleh tim forensik. Kalo dalam video game, jadi semacam tahap introspeksi dari hasil akhir video game untuk mencari tahu aspek apa yg udah bener & aspek apa yg ternyata kurang cocok buat diaplikasikan kedalam video game rancangan mereka. Daftar Video Game Postmortem dari PixelProspector ngga cuma terbatas pada game indie aja, tapi juga dari game kelas AAA, serta game hasil ajang game jam juga ada.

    04. GAME DESIGN
    [​IMG]

    Konsep game yg udah dibikin tentunya harus melewati beberapa fase sebelum disentuh oleh konsumen. Coba cek ulang konsep yg lo bikin dengan beberapa referensi literatur tentang cara merancang video game. Bisa dari buku, artikel situs portal game, forum video game, & lain-lain. Salah satu daftarnya bisa kalian cek di The Big List Of Game Design dari PixelProspector. Suruh juga temen-temen kalian jadi beta tester buat nyobain video game kalian. Apakah udah oke or justru perlu banyak perbaikan.

    05. BAHASA PEMROGRAMAN
    [​IMG]

    Video game ngga bisa jalan dengan baik kalo codingnya juga asal-asalan. Kalo kalian udah paham dasar-dasar coding sederhana dari tahap sebelumnya, silakan mulai belajar ke level yg lebih tinggi buat mempelajari bahasa pemrograman yg lebih kompleks. Butuh investasi waktu, tenaga, &a, & kesabaran ekstra untuk hal ini. Selama kalian mencintai apa yg kalian kerjakan sih pasti ngga kerasa terlalu berat buat belajar bahasa pemrograman kok.

    06. KOLABORASI
    [​IMG]

    Megang segala macem jenis kerjaan sendirian & bikin video game sampe kelar emang bukan hal yg mustahil, tapi beban kerjanya berat banget & bakal makan waktu lama. Ada developer video game yg berhasil ngelarin gamenya setelah bertahun-tahun & hasilnya maksimal. Kualitasnya pun bisa sesuai dengan yg dia harap karena dia sendiri yg ngerjain semuanya. Tapi ngga semua orang bisa begitu. Itulah fungsi partner dalam merancang video game. Ka&g dua kepala lebih baik daripada satu. Kita bisa saling tukar ide kalo kena sindrom creative-block.

    07. NGGA KALAH PENTING

    Tetep memantau & menjaga timeframe kerja dalam ngembangin video game itu penting. Kata kuncinya adalah disiplin. Perkembangan proses pengembangan video game harus bisa terpantau & jelas targetnya. Kalo ngga, proyek kalian cuma bakal jadi proyek angan-angan, or bahkan bisa berhenti di tengah jalan.

    Menjaga motivasi serta mood juga penting. Banyak-banyak baca buku tentang video game, main game yg bisa jadi referensi genre game yg dikembangin, or nonton film-film dokumenter seputar video game seperti Indie Game: The Movie (2012), KAZ: Pushing The Virtual Divide (2014), Free to Play The Movie (2014), or Video Games: The Movie (2014).

    Atau kalian punya kebiasaan sendiri yg bisa jadi penyemangat kerja? Kerja sambil dengerin musik misal. Apapun yg bisa mendukung kegiatan ngerancang game kalian, just do it.

    Intinya jangan pernah bosen belajar, jangan gampang menyerah, karena usaha keras kalian pasti bakal terbayarkan kalo ngerjainnya juga maksimal & sungguh-sungguh. Seperti yg almarhum Steve Jobs selalu bilang,"Stay Hungry Stay Foolish".

    image : indiedb.com | ludumdare.com | recordingconnection.com | interactivefactual.net | indiegraph.net | twu.ca
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page