Aplikasi Surabaya Traffic atasi kemacetan di kota Pahlawan

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 30, 2015.

Discuss Aplikasi Surabaya Traffic atasi kemacetan di kota Pahlawan in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,762
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Masalah kemacetan bukan hanya terjadi di ibukota Jakarta, namun juga sudah menyebar ke kota-kota besar lainnya. Seperti halnya yg terjadi di kota Pahlawan, Surabaya. Masalah kemacetan di kota tersebut telah melahirkan aplikasi yg fungsinya memberi informasi lalu lintas secara urun daya (crowdsourcing) dari para penggunanya.

    Surabaya Traffic, aplikasi Android buatan developer lokal yg dipimpin oleh putra daerah bernama Johan Limantono, resmi diluncurkan pada Oktober 2015. Berdasarkan data dari AppAnnie, Surabaya Traffic telah tersedia di Google Play sejak September 2015. Ketika itu, Surabaya Traffic telah diunduh sebanyak 500 kali.

    Kebanyakan kamu berpikir bahwa aplikasi ini layaknya Waze / aplikasi sejenis yg mengintegrasikan informasi lalu lintas ke dalam peta. Anggapan kamu keliru. Aplikasi membagikan informasi lalu lintas menggunakan foto, detail lokasi, & deskripsi. Layaknya Instagram.

    Informasi-informasi tersebut diunggah oleh pengguna lainnya. Bedanya, kita bisa melihat semua aplikasi tanpa harus berteman dengan mereka. Informasi akan tetap berada di linimasa hingga dua hari setelah diunggah. Setelah itu, informasi akan terhapus secara otomatis.
    Bukan hanya informasi kemacetan
    [​IMG]

    Ketika mengakses aplikasi ini, kita akan langsung diarahkan ke laman utama yg berisi berbagai kategori laporan. Mulai dari cuaca, banjir, lalu lintas, kecelakaan, kebakaran, jalan ditutup, hingga jalan rusak. Meski aplikasi bisa diakses tanpa login, beberapa fungsi hanya dapat kita nikmati setelah login menggunakan akun Facebook.

    Setelah login, kita akan melihat sidebar di sebelah kiri yg berisi berbagai opsi, seperti Home, Laporan, Pesan, Teman, Bantuan, & Logout. Kita dapat chatting dengan sesama pengguna melalui opsi Teman. Pada opsi tersebut, kita dapat melihat siapa sajapengguna yg telah terdaftar dengan Surabaya Traffic.

    [​IMG]

    Sebelum bisa chatting, kita perlu berteman dulu dengan mereka. Caranya adalah dengan men-tap tombol ikon orang dengan tanda plusdi sebelah kanan profilnya. Nantinya, kitadapat melihat notifikasi mengenai aktivitas mereka di aplikasi ini pada laman Pesan.

    Baca juga: TemanJalan Coba Pecahkan Masalah Kemacetan Ibu Kota
    Ikut melaporkan kondisi lalu lintas
    Kamu juga dapat berpartisipasi melaporkan kondisi lalu lintas. Informasi dapat kamu unggah dengan men-tap ikon pensil di sudut kanan bawah layar. Kamu tinggal menambahkan foto, memilih kategori, menulis deskripsi laporan, & menambahkan detail lokasi. Begitu men-tap tombol Lapor, informasi lalu lintas dari kamu sudah tersedia buat pengguna lain.

    Informasi lalu lintas yg tersedia masih terbatas. Wajar, karena aplikasi ini tergolong baru diluncurkan. Dengan bertambahnya pengguna yg aktif melapor, tentu informasinya akan semakin banyak lagi.

    Secara keseluruhan, semua fitur di dalam Surabaya Traffic dapat diakses dengan mudah tanpa embel-embel iklan yg mengganggu. Ini menjadi nilai tambah aplikasi ini.

    Beberapa aplikasi dengan fungsi serupa yg sudah duluan tersedia adalah NTMC Polri TV yg diluncurkan saat Idul Fitri tahun ini. Aplikasi tersebut memberikan pantauan langsung dari berbagai lokasi di Pulau Jawa.

    Sedangkan aplikasi dengan sistem crowdsourcing yg juga banyak diandalkan pengguna jalan sebagai sumber informasi lalu lintas adalah Waze. Tanpa menggunakan aplikasi, kita juga dapat memantau situasi lalu lintas melalui akun media sosial resmi para petugas di lapangan.

    Nah, apakah kamu sudah menggunakan aplikasi ini untuk memantau kemacetan? Atau kamu punya aplikasi favorit sendiri? Jangan ragu mengutarakannya di kolom komentar!
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Surabaya Traffic Surabaya Traffic - Oct 26, 2015 Genre: Social Size: 4.1M Installs: 100 - 500 Gratis Download [​IMG] Plus
    • Seluruh fitur dapat diakses tanpa lag
    • UI/UX sederhana & intuitif
    • Linimasa ala media sosial berisi informasi dari sesama pengguna
    Minus
    • Kualitas foto laporan bergantung pada kamera smartphone pengguna
    • Tidak bisa melakukan pencarian lokasi
    • Belum dilengkapi dengan peta

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah; Sumber gambarKars Alfrink)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page