Bicara Mengenai Game Developer, Bicara Tentang Kompetensi

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jun 19, 2015.

Discuss Bicara Mengenai Game Developer, Bicara Tentang Kompetensi in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,135
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania! Selamat membaca Bicara Mengenai Game Developer, Bicara Tentang Kompetensi.
    [​IMG]

    Setelah berbicara mengenai hati, kali ini kita akan membahas masalah kompetensi dari game developer.[​IMG]Bicara Mengenai Game Developer, Bicara Tentang HatiBaca Juga
    Kita bertemu lagi dalam artikel mengenai Game Developing, dimana terakhir kali kita membahas mengenai peran hati dalam eksistensi sesorang dalam tim game developer. Konsistensi, komitmen & kepercayaan yg dibutuhkan untuk menjadi perekat untuk mewujudkan mesin yg bekerja tanpa cela.

    Tapi seperti yg sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, kita akan melangkah pada langkah berikutnya yg tidak kalah pentingnya, yaitu kompetensi.

    Nah lho, kenapa tiba tiba penulis loncat ke masalah berat? Inilah yg menjadi perhatian, banyak orang menganggap masalah kompetensi adalah masalah kecil. Ada pernyataan: Jika ada kemauan ada jalan, tidak perlu begini, begitu, bla bla bla.

    Game developing seperti juga bisnis lain & industri lain, memiliki kebutuhan Sumber Daya Manusia yg sebenarnya cukup penting untuk diperhatikan.

    Lho kenapa tiba-tiba loncat ke dalam ranah SDM / Human Resources? Coba kita jabarkan dulu kompetensi itu apa: Kompetensi adalah kemampuan menyelesaikan tugas / melakukan sesuatu dengan efisien & sukses menyelesaikannya.

    Karena kebanyakan dari kita sebagai startup game developer memulai usaha dari nol, kita sering melewatkan peranan manajemen sumber daya manusia untuk menentukan penempatan, rekruitmen, pengembangan / bahkan apresiasi terhadap anggota tim jika ada prestasi. Sebagai contoh seberapa banyak dari kita pernah tahu kompetensi programmer/artist 2D kita serta meluangkan waktu untuk bertanya tentang perkembangan engine game IP kebanggaan kita?

    Ini hal remeh kan? Tapi coba anda lakukan dengan kesadaran penuh bahwa tim anda kompeten & memang jago pada bidang masing-masing. Jika anda tidak pernah bertanya & hanya berpegang pada timeline semata, bisa jadi timbul masalah, karena kepercayaan buta saja tidak cukup.

    Bahkan programmer paling jago pun bisa mengalami bad day dimana semua mentok & tidak bisa melanjutkan untuk mencari solusi, disinilah peran manajemen dengan kompetensinya sebagai manajer tentunya untuk mengembalikan kompetensi programmer tersebut ke titik maksimal dengan cara yg sesuai keadaan.

    Sama saja dengan Art. Artist 2D, apalagi 3D & juga technical artist bisa mengalami art block, yang bisa jadi membuat mood mereka berantakan karena sesuatu & lain hal.

    [​IMG]

    Jadi ketika kompetensi masing-masing anggota tim terjaga & bisa melakukan aktivitas dengan baik, maka tidak ada lagi yg namanya saling menyalahkan. Ngambek itu wajar dalam tim, itu bagian dari proses pendewasaan teamwork untuk mencapai kesuksesan yg lebih tinggi. Setiap orang dalam tim punya peranan & kompetensi yg harus dijaga oleh masing-masing orang itu sendiri.

    [​IMG]

    Dari beberapa diskusi dengan kawan-kawan yg menjalan bisnis serupa & baru memulai / sudah berjalan beberapa waktu, masalah resources / sumber daya manusia selalu jadi masalah rutin yg dikeluhkan.

    Programmer ngambek?

    Art mogok?

    Komitmen awal kita dahulu bagaimana? Harus mengacu pada komitmen bersama pada waktu membentuk tim, apakah bersifat paid job, hobby team, freelance, project based, / yg lain?

    Kita selalu gampang membawa masalah konsistensi dengan timeline ke ranah kompetensi dengan alibi: programmer-nya ga kompeten nih ga selesai on time. Art-nya kok moody sih kacau nih! Dan masih banyak lagi yg penulis pun sering lakukan dulu.

    [​IMG]

    Hal ini terjadi karena kita tidak memiliki pengetahuan yg cukup terhadap standar yg akan kita terapkan ketika membentuk tim game developer yg kita inginkan. Semua harus ada tolak ukur baku berdasarkan tujuan yg hendak kita capai. Okelah kita ga usah muluk-muluk dengan struktur yg kompleks.

    1 programmer core, 1 programmer back end, 1 concept artist merangkap design, 1 2D Artist, 1 orang yg fokus pada Business Development & Marketing, & 1 project manager adalah satu awal yg ideal. Kenapa penulis bilang ideal? Karena tidak semua bisa berjalan sesuai rencana.

    Tetapi dari sudut kompetensi, efisiensi pekerjaan akan lebih bagus jika setiap posisi hanya dikerjakan oleh satu orang, tidak ada tumpang tindih pekerjaan. Enam orang adalah team yg solid untuk memulai sebuah impian kecil, jadi kalau anda merasa tim 2-3 orang sudah cukup, anda tidak salah. Tapi cukup disadari bahwa pekerjaan developing game & producing serta building business model-nya tidak bisa dikerjakan dalam satu waktu dengan orang yg sama tanpa mengorbankan waktu dari salah satu proses tersebut.

    Nah sekarang pilihan ada ditangan, memulai sesuatu dengan berasa berat, karena anggota team berasa gemuk, tetapi sesuai dengan kompetensi masing-masing dengan timeline yg sudah disepakati bersama. Atau 3 orang Superman yg berusaha mewujudkan mimpi membuat sebuah IP game yg keren & menaklukkan dunia?

    Anda suka tantangan? Ada dua cara menempuhkan, pergunakan alat yg tepat, / uji nyali tentunya dengan pertimbangan bahwa anda memiliki tenaga & kemampuan yg memadai untuk bekerja ekstra keras & dua kali lebih keras daripada tim yg menggunakan sumber daya secara bijak.

    var td_screen_width = document.body.clientWidth; if ( td_screen_width >= 1200 ) { /* large monitors */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width >= 1019 && td_screen_width < 1200 ) { /* landscape tablets */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width >= 768 && td_screen_width < 1019 ) { /* portrait tablets */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width < 768 ) { /* Phones */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); }

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Bicara Mengenai Game Developer, Bicara Tentang Kompetensi diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Bicara Mengenai Game Developer, Bicara Tentang Kompetensi.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page