Campus Visit IPB CI-Agriculture manfaat big data untuk pertanian lokal

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 21, 2015.

Discuss Campus Visit IPB CI-Agriculture manfaat big data untuk pertanian lokal in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,760
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Pada hari Minggu (20/9) lalu, tim Tech in Asia kembali mengadakan acara Campus Visit di Institut Pertanian Bogor. Kali ini, kami bekerja sama dengan salah satu acara tahunan IPB, yaitu IT Today dengan membawa CI-Agriculture untuk berbagi wawasan seputar dunia startup & teknologi IoT kepada para mahasiswa yg hadir.

    Dengan topik Through Your Future with Technology, Data Acquisition Manager CI-Agriculture Aristyo Rahadiyan berbagi wawasan tentang implementasi analisis big data untuk pertanian Indonesia.
    Pengaplikasian analisis big data untuk pertanian
    Menurut Aristyo, implementasi big data sebenarnya sudah semakin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meski ia menambahkan bahwa hingga kini, penerapannya lebih kerap digunakan di ranah marketplace. Padahal banyak ranah yg juga akan lebih terbantu dengan implementasi big data, salah satunya adalah pertanian, ranah yg dimasuki CI-Agriculture.

    Dengan menggunakan teknologi satelit, drone, & sensor; CI-Agriculture dapat mengetahui empat aspek utama yg berpengaruh dalam pengelolaan pertanian. Empat aspek tersebut adalah soil segmentation, rainfall cluster analysis, elevation analysis, & crop condition monitoring. Menurut Aristyo, empat aspek tersebut bisa berdampak pada perawatan pupuk, pengelolaan sawah, hingga pada hasil pertanian.

    Setelah mendapat & menganalisis data, CI-Agriculture akan memberikan arahan kepada para petani mengenai perawatan sawah dengan menggunakan asistensi mobile. Panduan yg diberikan CI-Agriculture berkisar pada takaran pemberian pupuk yg tepat, hingga prediksi hasil panen yg akan didapatkan dengan kondisi lahan & cuaca saat itu.
    Manfaat analisis big data untuk petani lokal
    Dengan panduan tersebut, produktivitas pertanian diharapkan akan meningkat. Misalnya dalam pemberian pupuk dengan kondisi lahan yg sesuai. Petani tidak perlu lagi khawatir memberikan pupuk yg berlebih / malah kurang. Ini tentunya akan berpengaruh pada keuntungan para petani, serta hasil panen yg lebih bagus. Bisa dibilang, semakin valid analisis data yg diperoleh, maka semakin tepat prediksi hasil panen para petani.

    Selain itu, Big data juga dapat digunakan untuk melihat angka distribusi komoditas, analisis permintaan & pemasokan, hingga memonitor tren harga di Indonesia.

    Upaya yg dilakukan CI-Agriculture ini diharapkan bisa membantu ketahanan pangan Indonesia, dengan memperbaiki pertanian lokal, mengurangi tingkat impor hasil pertanian, & membantu mensejahterakan petani lokal.

    Baca juga: Campus Visit ITB: Pentingnya Sebuah Inovasi dalam Mendirikan Usaha ala Brodo

    Bagi kamu mahasiswa yg tertarik dengan Campus Visit & ingin menjadi bagian dari komunitas ini, silakan bergabung ke dalam grup Facebook Tech in Asia Campus Visit. Dalam grup ini, kamu akan bertemu dengan mahasiswa lainnya yg berjiwa entrepreneur & dapat saling berbagi informasi yg menarik & berguna.

    (Diedit oleh Lina Noviandari)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page