Cara Beli Game Digital Di PlayStation Store

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 20, 2014.

Discuss Cara Beli Game Digital Di PlayStation Store in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,716
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    20/12/2014

    Jadi kamu baru saja membeli PlayStation 4? Selamat kalau begitu. Tapi mungkin ini adalah console pertama kamu & kamu sedikit bingung bagaimana caranya membeli game digital lewat PlayStation Store. Apa saja yg dibutuhkan? Apa saja yg harus saya ketahui sebelum membelinya? Jika pertanyaan-pertanyaan ini ada di kepala kamu sekarang maka tenang saja hari ini saya akan membantu kamu. Tanpa membuang waktu lagi mari kita mulai.
    Mengapa saya harus membeli game diPlayStation Store? Mengapa tidak fisik saja?
    Keduanya baik-baik saja sebenarnya. Membeli gamedalam bentukfisik (keping Blu-ray) datang dengan keuntungannya sendiri. Kamu bisa secara nyata memegangnya, ada berbagai bonus fisik seperti peta GTA V, & kamu juga bisa menjualnya lagi jika sudah bosan. Namun membeli game secara digital juga punya keuntungannyasendiri. Contohnya adalahtidak perlu repot dengan menyimpan koleksi Blu-ray (tergantung tipe orang), tidak bisa hilang / rusak (karena selalu bisa kamu unduhlagi dari server Sony), & dari waktu ke waktu selalu ada diskon yg sulit kamu dapatkan melaluiversi fisik.
    Oke membeli game versi digital tidak terdengar terlalu buruk. Lalu apa yg saya butuhkan?
    Kamu butuh uang tentunya. Jika kamu ingin membeli game di PlayStation Store Indonesia maka kamu bisa menggunakan kartu kredit. Tapi jika kamu ingin membeli di PlayStation StoreUS maka kamu harus mengisi dompet digital kamudenganmenggunakan voucer yg bisa didapatkan di beberapa toko game ternama di Indonesia.PlayStation Store US hanya menerima kartu kredit yg berlaku di Amerika jadi walaupun kamu punya kartu kredit terbitan bank Indonesia kamu tidak dapat menggunakannya.
    PlayStation Store US? PlayStation Indonesia? Apa bedanya? Saya harus pakai yg mana?
    Walaupun PlayStation Storeadalah toko digital yg bisa diakses dari mana saja namun kamu harus memilih region ketika melakukan pembelian. Setiap region bisa mempunyai program promosi & ketersediaan game yg berbeda-beda. Saran saya secara pribadi adalah membuat akun PlayStation Store US karena ada lebih banyak promo & juga lebih cepat di updateketimbang PlayStation Indonesia. Tapi kamu juga dapat membuat dua akunberbeda dalam satu PlayStation 4, bahkan kamu dapat membuat sampai dengan 16 akun dengan region yg berbeda-beda jika kamu mau.

    Catatan: artikel iniberasumsi kamu akan membuatPlayStation Store US.
    [​IMG]PS Store Indonesia – Sepi & masih menunjukkan Call of Duty Ghost. Game tahun lalu.
    [​IMG]PlayStation Store US – Penuh dengan game baru, promo, & bahkan masih ada belasan menu lain yg tidak terlihat di sini.
    Ok, Saya siap membeli gamedigital pertama saya. Tunjukkan caranya.
    1. Yang pertama harus kamu punya adalah akun PlayStation Store.
    • Jika kamu belum membuat akun sama sekali di PlayStation 4 (akun di console), maka kamu akan dipandu untuk membuatnya. Ketika layar PSN muncul maka pilih next & lalu pilih New To PSN? Create an Account.
    • Jika kamu sudah mempunyai akun PlayStation 4 (akun di console)tapi tidak terhubung dengan PSN maka pilih menu PlayStation Store & lalu pilihNew To PSN? Create an Account.

    Isikan semua data yg diperlukan. Jangan lupa untuk menggunakan negara United States jika kamu ingin membuat akun PlayStation Store US. Kamu nantinya akan diminta untuk menggunakan kodepos asli namun ini bisa dengan mudah kamu cari di Internet, misanya saja Alaska – 99615. Untuk data lain saya menyarankan untuk mengisinya dengan akurat sehingga jika kamu lupa password kamu dapat melakukan account recovery dengan mudah.

    2.Isi dompet digital kamu dengan prepaid card.

    [​IMG]

    Saya menyarankan untuk membelinya dari Digicodes, Drakuli, / GSShop. Karena mereka adalah toko game onlinedi Indonesiamaka mereka menerima pembayaran transfer ATM. Setelah melakukan pembelian mereka akan mengiriman kamu sebuah kodeyang nantinya harus kamu redeem lewat PlayStation Store.

    Perlu kamu ingat bahwa kamu harus membeli prepaid card yg sesuaidengan region akun PlayStation Store kamu. Jadi jika kamu mempunyai akun PlayStation Store US maka belilah prepaid card US, & sebaliknya untuk Asia / Indonesia.

    3. Lakukan redeem dengan memasukkan kode prepaid card kePlayStation Store

    [​IMG]

    [​IMG]

    Pilih PlayStation Store -> scroll menu di samping kiri ke paling bawah sampaimenemukan menu redeem -> masukkan kode prepaid-> Continue.

    Setelah itu kamu akan mendapat konfirmasi bahwa dompet digital kamu sudah terisi.

    4. Dengan dompet digitalyangsudah tebal silakan mencari game & membelinya.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Cari game yg kamu inginkan -> add to cart-> proceed to check out & dompet digital kamu akan berkurang. Setelah ini proses download akan dimulai, tapi kamu bisa menundannya lewat menu notification -> download jika kamu inginkan.
    Pertanyaan yg paling sering diajukan
    Q: Apakah saya bisa mengunduh ulang game digital ini / saya harus menyimpannya terus?

    A: Bisa. Jika PlayStation 4 kamu penuh maka kamu dapat menghapus game yg sudah kamu beli secara digital ini. Di kemudian hari jika kamu ingin mengunduhnya kembali kamu cukup memilih menu library & mengunduhnya kembali.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Q: Apakah ada batas waktu?

    A: Tidak ada. Jika perusahaan Sony PlayStation tidak menyatakan dirinya bangkrut maka pada dasarnya kamu bisa mengunduh kembali gameyang sudah kamu beli kapanpun kamu mau.

    Q: Bisakah saya memberi / menjualgame yg sudah saya beli kepada orang lain?

    A: Tidak. Sekali kamu membelinya maka game tersebut menempel ke akun PlayStation kamu. Dalam kasus ini pengunaan Blu-ray fisik lebih menguntungkan.

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page