Diskusi "overclocking" Dan Longunge Untuk Ngobrol2 Tentang Overclock

Discussion in 'Hardware Hangout' started by tygacg, Sep 19, 2010.

Discuss Diskusi "overclocking" Dan Longunge Untuk Ngobrol2 Tentang Overclock in the Hardware Hangout area at Nyit-Nyit.Net

  1. tygacg 6 SD STAFF N3 Level 3

    Messages:
    815
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    73
    karena belom ada thread tentang overclock dan ada yg minta.. gw bikin thread ini

    silahkan tanya dan kita akan berusaha menjawab ^^
     
    1 person likes this.

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini
  2. xalempong TK 0 Kecil Level 2

    Messages:
    80
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    33
    nice gan overclocking udah sama unlock dan unlock amd disatuin aja gapapa kan.
     
  3. tygacg 6 SD STAFF N3 Level 3

    Messages:
    815
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    73
    ^
    maksudnya pembahasan tentang unlock ? disini ja gpp.. karena termasuk kotak katik bios ^^

    situ mw unlock ? gampang koq caranya ^^
     
  4. xalempong TK 0 Kecil Level 2

    Messages:
    80
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    33
    ^


    kalo unlock meng unlock emang gampang cara ^^

    cuma hokinya itu kadang yang susah kalo dapet batch yang jelek (==") suram..
     
  5. tygacg 6 SD STAFF N3 Level 3

    Messages:
    815
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    73
    ^
    gw deger2 barch Phenom II yg sekarang 80% unlockable koq..

    btw u mw overclock apa kan u mw nanya2 tentang oveclock tadi ^^
     
  6. -SAPI- TK 0 Kecil Level 1

    Messages:
    53
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    @^
    om tygacg, bisa kasih tutor overclocking? bios apapun de... hahahaha
    soalnya gue juga kaga pernah overclock.
    kaga ngerti juga nih komputer harus diapain. =p
     
  7. gpgalih 2 SD Level 2

    Messages:
    372
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    43
    @tygacg
    om, kalo bisa di edit, post pertama dikasih link gimana cara overclocking ato unlock juga.
    jadi biar yg ga bisa dan pgn belajar bisa baca dlu, nah kalo bingung ato mentok baru deh bisa di tanyain.
    (sebenernya gw yg ga ngerti ini. wkakakaka )
     
  8. xalempong TK 0 Kecil Level 2

    Messages:
    80
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    33
    @tygacg bener banget lo phenom II gampang banget gue ampe beli 4 kali berhasil unlock dan stabil sekarang yang gue pake yang batch golden awkwkw.
    4ghz bakal daily udah puas banget.
     
  9. tygacg 6 SD STAFF N3 Level 3

    Messages:
    815
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    73
    Singkat Tentang Overclock

    Overclocking adalah sebuah kegiatan memaksa kecepatan (clock speed) dari processor (CPU/GPU) dan memory dari keadaan default atau standar pabrik menjadi lebih tinggi sesuai dengan keinginan user, tentunya dibatasi oleh kemampuan hardware itu sendiri, biasanya menggunakan satuan Megahertz (MHz) atau Gigahertz (GHz).

    Clock speed itu sendiri adalah hasil multiplier dikalikan bus speed. AMD Athlon II X2 240 yang memiliki clock speed 2.8GHz didapatkan dari multiplier x14 dan bus speed 200MHz. Semua processor AMD saat ini memiliki bus speed 200MHz dengan nilai multiplier yang berbeda-beda. Jadi, gampangnya overclocking bisa dilakukan dengan menaikkan multiplier ataupun bus speed. Sayangnya tidak semua processor bisa dinaikkan nilai multipliernya, hanya processor khusus saja yang bisa dinaikkan multipliernya. Di processor AMD sendiri disebut dengan Black Edition.



    Apa Alasan Saya Melakukan Overclock??

    Beberapa alasan mengapa dilakukannya overclocking:

    Butuh Performa Lebih
    Beberapa orang komplain, pekerjaan berat mereka dengan PC. Dan dengan extra MHz akan membantunya dengan video-codification, atau 3D rendering, proses matematika atau pekerjaan berat lainnya. Untuk kategori ini, medium overclocking akan sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi waktu dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

    Mengurangi atau Mengatasi Bottleneck
    Bottleneck adalah suatu istilah untuk mendeskripsikan komponen pada PC, dimana sebuah komponen akan membatasi performa ataupun efisiensi dari komponen yang lainnya. Overclock dapat mengurangi bahkan mengatasi bottleneck, apabila penyebab bottleneck tersebut berasal dari kecepatan processor, memory maupun VGA. Ingatlah, kecepatan PC adalah sama dengan kecepatan komponen yang paling lambat.

    Efisiensi Pengeluaran Dalam Membeli Komponen
    Ketika saya hanya memiliki uang yang cukup untuk membeli processor dengan kecepatan terendah, padahal saya membutuhkan processor yang memiliki kecepatan lebih tinggi beberapa ratus MHz, dan harga processor tersebut beberapa persen lebih mahal, bahkan mungkin 2 kali lipat lebih mahal. Maka dengan overclocking saya bisa memaksimalkan pengeluaran dalam membangun sebuah PC, karena bisa digunakan untuk membeli komponen lain, misal membeli memory atau harddisk dengan kapasitas lebih besar. Processor dari generasi yang sama, dengan kecepatan 2.7GHz dengan harga US$50 dan di-overclock bisa melampaui kecepatan processor dengan kecepatan 3.2GHz dengan harga US$100.

    Untuk Kesenangan, Hobi ataupun Kompetisi
    Beberapa orang sangat enjoy dengan kemampuan maksimal PC-nya tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Beberapa yang lain membelanjakan uangnya untuk membeli cooling yang kompleks misalnya watercooling. Sedangkan kompetisi overclocking semakin popular dan memberikan kesempatan kepada para overclocker untuk menunjukkan skill overclocknya.

    Untuk Mempelajari Sistem yang Digunakan
    Secara tidak langsung, overclocking membuat kita menjadi mengerti akan komponen dalam sistem yang digunakan, terhadap hubungan dan fungsi antar komponen. Mengerti akan kemampuan komponen yang kita gunakan, sehingga bisa mengerti apa yang dibutuhkan ketika menginginkan sistem yang lebih optimal.



    Pengenalan Software

    CPU-Z: Software untuk mendeteksi status clock speed dari processor maupun memory. Juga info tentang spesifikasi processor, motherboard, memory dan VGA. http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html

    Core Temp: Software untuk mendeteksi suhu processor (per core). http://www.alcpu.com/CoreTemp/

    AMD Overdrive: Software dari AMD untuk overclocking processor AMD lewat Windows. http://game.amd.com/it-it/drivers_overdrive.aspx

    Cinebench R11.5: Benchmark terbaru dari MAXON untuk mengetahui kemampuan sistem dalam mengerjakan rendering 2D (support multicore). http://www.maxon.net/index.php?id=162

    wPrime v.155: Benchmark untuk mengetahui kemampuan sistem dalam melakukan perhitungan bilangan prime, tersedia iterasi hingga 32M dan 1024M. http://hwbot.org/benchmark.application.info.do?applicationId=14#rules

    Prime95: Test stabilitas sistem, terutama untuk processor dan memory. Tes ini lebih tepat sebagai torture test (penyiksaan), untuk mengetahui stabilitas sistem dalam mengerjakan aplikasi yang sangat berat. http://www.softpedia.com/progDownload/Prime95-Download-76537.html

    3Dmark (03/05/06/Vantage): Benchmark dari Futuremark untuk mengetahui performa sistem dalam menjalankan aplikasi 3D, khususnya gaming. http://www.futuremark.com/download/



    Sebelum melakukan Overclocking...

    Sebaiknya kenali terlebih dahulu komponen yang digunakan, terutama processor, motherboard, memory, VGA, Power Supply Unit (PSU), serta cooling yang digunakan.
    Gunakanlah selalu PSU yang berkualitas (pure power) untuk menjaga stabilitas ketika overclocking, baik dalam keadaan overclocking maupun standar.
    HARDWARE FAILURE IS YOUR OWN RISK



    Glossary of Terms

    Hyper Transport Reference Clock (HTRef): Bus clock internal dari processor AMD. HTRef clock default adalah 200MHz. CPU, CPU-NB, HT Link dan memory clock berhubungan dengan nilai HTRef clock ini. Kemampuan HTLink untuk berjalan pada frekuensi tinggi sangatlah tergantung dari motherboard dan BIOS yang digunakan.

    CPU: Central Processing Unit. CPU clock speed memiliki efek terbesar dalam menentukan performa keseluruhan dari sistem. Di sini target utama overclocking.

    CPU-NB: CPU-Northbridge. Bukanlah northbridge yang biasa dikenal, yaitu pada chipset motherboard. CPU-NB di sini adalah bus yang menghubungkan CPU dan memory controller yang terintegrasi pada processor. CPU-NB memiliki clock speed maupun voltage sendiri, terpisah dari CPU clock speed. Frekuensi CPU-NB menentukan kecepatan memory controller.

    CPU FID: CPU multiplier. AMD Athlon II X2 240 memiliki nilai multiplier default x14 (14x200MHz = 2800MHz). Nilai multiplier dapat diturunkan, tetapi hanya model Black Edition processor yang dapat dinaikkan nilai multipliernya (unlock multiplier). Contoh AMD Phenom II X2 555 BE.

    CPU-NB FID: CPU-NB Clock multiplier. Menentukan frekuensi CPU-NB. Contohnya pada AMD Athlon II X2 240, nilai defaultnya adalah x10 (10x200MHz=2000MHz). Nilai ini juga menentukan nilai maksimum dari frekuensi HT Link, yaitu HT Link multiplier tidak bisa lebih tinggi ketimbang CPU-NB multiplier. Dalam keadaan default, CPU-NB dan HT Link memiliki nilai yang sama. Nilai multiplier CPU-NB hanya bisa dinaikkan pada model Black Edition processor.

    HT Link FID/multiplier: Multiplier ini menentukan frekuensi dari HT Link. Contohnya pada AMD Athlon II X2 240, nilai defaultnya adalah x10 (10x200MHz=2000MHz). Nilai multiplier maximum dari HT Link tidak bisa lebih tinggi daripada multiplier CPU-NB. Nilai HT Link multiplier hanya bisa dinaikkan pada model Black Edition processor.

    CPU VID: CPU Voltage Identification Digital. Pendek kata, CPU VID menentukan nilai CPU Core Voltage (vCore). Nilai maksimum CPU VID adalah 1.55v. NOTE: Nilai CPU VID bukan nilai sebenernya dari vCore (lihat Voltage Offset). Nilai CPU VID hanya bisa diubah pada model Black Edition processor.

    CPU-NB VID: CPU-NB Voltage Identification Digital. Pendek kata, CPU-NB VID menentukan nilai CPU-NB Voltage. Nilai maksimum CPU VID adalah 1.55v. NOTE: Nilai CPU-NB VID bukan nilai sebenernya dari CPU-NB Voltage (lihat Voltage Offset). Nilai CPU-NB VID hanya bisa diubah pada model Black Edition processor.

    CPU / CPU-NB Voltage Offset: Voltage Offset berguna untuk mengatur nilai +(positif) dan -(negatif) dari nilai CPU / CPU-NB VID. Nilai voltage sebenarnya adalah nilai dari CPU / CPU-NB VID + Offset. Contoh: VID 1.35v + Offset 0.1v = 1.45v (nilai yang sebenarnya).

    KALI INI GW MASUKIN TUTTOR UNTUK OVERCLOCK AMD ATHLON II X2 and PHENOM II x2 ( untuk proci AMD yg lainnya sebenrnya basic and langka2 nya sama koq ^^ )


    TUNING MEMORY AM3 / DDR3

    Memory clock speed terikat kepada HTRef clock dengan beberapa ratio/divider. Memory clock divider pada platform AMD AM3 adalah sbb:
    • DDR3-800 (400MHz) = 2:1 divider = multiplier x4 (800MHz = 4 x 200MHz)
    • DDR3-1066 (533MHz) = 8:3 divider = multiplier x5.33 (1066MHz = 5.33 x 200MHz)
    • DDR3-1333 (667MHz) = 10:3 divider = multiplier x6.66 (1333MHz = 6.66 x 200MHz)
    • DDR3-1600 (800MHz) = 4:1 divider = multiplier x8 (1600MHz = 8 x 200MHz)

    Voltage yang optimal tergantung dengan modul memory itu sendiri. Umumnya ada dua kategori DDR3: high voltage (1.80v – 2.00v) dan low voltage (1.6v – 1.7v).

    Parameter yang optimal dalam menentukan timing tRAS dan tRC adalah:
    • tRAS = CL + tRCD + tRP. Contoh: tRAS disetting dengan nilai 21 apabila CL7-7-7
    • tRC = tRAS + CL. Contoh: tRC disetting dengan nilai 28 apabila CL7 + tRAS = 21
    NOTE: Tergantung karakter memory. Beberapa memory ada yang dapat berjalan dengan tRAS yang lebih ketat. Tapi utk DDR3 ada baiknya tRAS berada dikisaran 21-27.

    Teknisnya, timing yang ketat (ditunjukkan dengan angka yang lebih rendah) memiliki performa yang lebih baik.

    Dalam memperketat timing, ada baiknya mencari CL terketat, baru diikuti tRCD dan tRP. Ketika ada kalanya timing yang ketat ternyata hasilnya tidak stabil, cobalah memperlonggar timing tRCD (Misal: 7-9-7-24). Kalau ternyata tetap tidak stabil, barulah timing CL yang dilonggarkan (Misal: 8-9-7-24)

    Mode 2T akan meningkatkan stabilitas memory dengan kapasitas 4GB atau 8GB, tetapi akan sedikit menurunkan performa.

    Sebelum bermain-main dengan frekuensi dan timing memory, ada baiknya mengetahui spesifikasi dari modul memory yang digunakan. Silahkan menggunakan software CPU-Z tab SPD untuk mengetahui SPD yang digunakan oleh produsen memory...
    Sebagai patokan, gunakan spesifikasi standar JEDEC untuk DDR3...
    • DDR3-800 [5-5-5] ~ [6-6-6] @1.5v
    • DDR3-1066 [6-6-6] ~ [7-7-7] ~ [8-8-8] @1.5v
    • DDR3-1333 [8-8-8] ~ [9-9-9] @1.5v
    • DDR3-1600 [9-9-9] ~ [10-10-10] @1.5v

    Ada dua konfigurasi memory controller AMD Athlon II / Phenom II, yaitu Ganged Mode dan Unganged Mode. Ganged Mode berarti dengan single 128-bit dual-channel DRAM Controller (DCT). Sedangkan Unganged Mode berarti mengaktifkan 2x64-bit dual-channel DRAM Controller (DCT0 dan DCT1). Settingan yang direkomendasikan dalam banyak kasus adalah Unganged Mode. Sedangkan Ganged Mode sedikit lebih bagus performanya dalam single-threaded benchmark.



    MAXIMUM VOLTAGE

    Voltage maksimum yang direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari menggunakan pendinginan udara (termasuk high-end HSF) adalah:
    • CPU Core Voltage (vCore) adalah 1.35v – 1.50v
    • CPU-NB Voltage adalah 1.35v – 1.50v
    • HT Link Voltage adalah 1.20v – 1.35v
    • DDR3 Voltage adalah 1.80v – 2.00v (tergantung modul memory)
    NOTE: Nilai tersebut adalah kisaran nilai maksimum, semakin rendah masih lebih baik.
     
    2 people like this.
  10. tygacg 6 SD STAFF N3 Level 3

    Messages:
    815
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    73
    Overclocking Test

    Sebagai sample, digunakan processor AMD Athlon II X2 215 sebagai processor dual-core termurah dari AMD. Juga akan digunakan AMD Phenom II X2 555 BE yang harganya dua kali lipat, sebagai pembanding hasil dari overclocking.

    [​IMG]
    Dengan software CPU-Z, terlihat spesifikasi dari processor AMD Athlon II X2 215.
    Core Speed = CPU Clock Speed = (CPU FID * HTRef)
    Multiplier = CPU FID (C

    Kini menuju layar BIOS, tentunya yang menjadi perhatian penting dalam overclocking.


    [​IMG]

    Menu overclocking ada pada tab T-Series. Setiap merk motherboard memiliki penamaan sendiri-sendiri. Pada menu ini, ada CPU/HT Reference Clock untuk mengubah nilai dari HTRef. Disinilah kunci overclocking terutama bagi processor yang bukan model Black Edition.


    [​IMG]

    Pada Sub-Menu Over Voltage Configuration tedapat opsi untuk settingan voltage. Perlu diperhatikan, CPU Vcore dan CPU-NB Over Voltage adalah sebagai Voltage Offset, yaitu sebagai menambah maupun pengurang dari nilai CPU VID dan CPU-NB VID. Selain itu terdapat opsi utk voltage memory, chipset, dan HyperTransport.


    [​IMG]

    Pada Sub-Menu CPU FID/VID Control terdapat opsi untuk mengubah Core FID (CPU multiplier), Core VID untuk memberikan nilai vCore dan CPU-NB VID, tentunya dikombinasikan dengan Voltage Offset.


    [​IMG]

    Masih di layar yang sama, CPU-NB FID ada beberapa opsi. Nilai 800MHz dst melambangkan nilai multiplier x4 dst. Nilai 800MHz dst sendiri didapat dari HTRef dikalikan CPU-NB FID. NOTE : Nilai tersebut tidak otomatis berubah, jadi tetap harus dihitung secara manual.


    [​IMG]

    Sub-Menu Hyper Transport Configuration adalah untuk mengubah settingan HT Link FID (multiplier).


    [​IMG]

    Sub-Menu DRAM Timing Configuration memberikan opsi pengaturan memory clock speed, divider, dan timing memory. Pada Memclock Value terdapat opsi pengaturan divider memory. Nilai tersebut didapat dari hasil perkalian multiplier memory dan HTRef (Misal: DDR3-1066 yang sama dengan multiplier x5.33 dikalikan HTRef 200MHz).


    [​IMG]

    Fokus timing memory ada pada CL-TRCD-TRP-TRAS.

    BENCHMARK

    Maka dilakukan benchmark dengan software Cinebench R11.5 (32-bit), MaxxPi (1M dan 8M), SuperPi (1M dan 8M), wPrime (32M dan 1024M).


    Menggunakan beberapa settingan, yaitu:
    1. AMD Athlon II X2 215 default @2700MHz

    2. AMD Athlon II X2 215
    [*]HTRef 250MHz * CPU FID x13.5= 3375MHz
    [*]CPU-NB FID x 8 = 2000MHz
    [*]HT Link FID x 8 = 2000MHz
    [*]Memory multiplier x 5.33 = 1333MHz

    3. AMD Athlon II X2 215
    [*]HTRef * CPU FID x13.5 = 3510MHz
    [*]CPU-NB FID x8 = 2340MHz
    [*]HT Link FID x8 = 2340MHz
    [*]Memory multiplier x5.33 = 1385MHz

    4. AMD Athlon II X2 215 (optimize)
    [*]HTRef 260MHz * CPU FID x13.5 = 3510MHz
    [*]CPU-NB FID x9 = 2340MHz
    [*]HT Link FID x9 = 2340MHz
    [*]Memory multiplier x5.33 = 1385MHz
    [*]Memory timing 8-8-8-24-33 1T
     
  11. tygacg 6 SD STAFF N3 Level 3

    Messages:
    815
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    73
    5. AMD Phenom II X2 555 BE default @3200MHz



    Maka didapat hasil benchmark sbb:
    [​IMG]


    Dapat dilihat, ternyata processor hasil overclock bisa melampau performa processor yang harganya dua kali lipatnya yang tentunya tidak di-overclocking. Apalagi overclocking yang digunakan pun tidak menggunakan perangkat tambahan apapun dan masih sangat layak digunakan untuk harian. Karena ketika pengujian, suhu full load processor yang sudah teroverclock ini hanya maksimum 45 derajat Celcius pada pengujian wPrime 1024 sebagai benchmark terberat. Ini bisa dilakukan, karena masih belum sama sekali ada tambahan voltage sama sekali.



    Untuk Intel akan menysull ^^ karena untuk bikin ini aja sang penulis harus nysun materi selama 3 hari ^^

    All Credits to bondhahnmrt85 of IDWS not me ^^

    thx broo ^^
     
    1 person likes this.
  12. babhii 3 SD Level 2

    Messages:
    460
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    53
    gan tapi banyak yg bilang overclocking malah ngerusak komputer ya?
     
  13. xalempong TK 0 Kecil Level 2

    Messages:
    80
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    33
    tergantung bro graze kalo mau di oc tapi peralatan perangnya ga dikuatin sama aja ngerusak.
    seperti hsf pasta mobo dan psunya :hilarious:
     
  14. tygacg 6 SD STAFF N3 Level 3

    Messages:
    815
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    73
    ^
    betull.. ga selamanya overclock merusak.. kalo setinggannya pas dengan kemampuan hardware yg ada ^^
     
  15. gpgalih 2 SD Level 2

    Messages:
    372
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    43
    @tygacg
    om, katanya klo mau overclock ato unlock mobonya harus khusus ya?
    cara tau itu bisa gimana?
     
  16. xalempong TK 0 Kecil Level 2

    Messages:
    80
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    33
    ^

    bantu jawab semua mobo model sekarang udah support oc kok yang harus khusus hanya hsf dan pastanya aja
     
  17. tygacg 6 SD STAFF N3 Level 3

    Messages:
    815
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    73
    ^
    gak koq.. mbo amd dengan cihpset 770 ke atsa uda bisa unlock and overclock itu pasti.. tapi fitur2 di biosnya tergantung dari produsen mbo itu sendiri jg.. jadi kalo mw unlock kudu cek2 lagi ^^

    cos ada mbo yg bisa ada yg engga tapi 90% uda bisa ^^
     
  18. the_Luvphobia Loudie SiLver Level 2

    Messages:
    1,181
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    63
    tingkat kegagalan kira" berapa % jika seorang newbie melakukan overclocking dan jika gagal,hardware akan pasti rusak ??
     
  19. xalempong TK 0 Kecil Level 2

    Messages:
    80
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    33
    tingkat kegagalannya sih sedikit kalo gagal terus ga mau booting tinggal cabut jumpernya setting bios dari ulang lagi hehehe.


    TMIIW (Thanks Me If Im Wrong)
     
  20. tygacg 6 SD STAFF N3 Level 3

    Messages:
    815
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    73
    tergantung hwnya jg.. kalo emang da jadut di paksa yg lebih besar.. tapi kalo OC kek gini.. ga ada ceritanya waktu oc lgnsng rusak, ga mungkin keculai keterlaluan..

    tapi seandainya kelewat batas oc pun mentok2 kek kata xalempong.. no boot.. tinggal cabut batre cmos.. tahan dudukannya selama 30detik selesai da ^^
     

Share This Page