Foto Terakhir Manusia Yang Tersimpan Di Satelit

Discussion in 'Entigapedia' started by Neos, May 21, 2013.

Discuss Foto Terakhir Manusia Yang Tersimpan Di Satelit in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. Neos TK 0 Besar Level 2

    Messages:
    199
    Likes Received:
    89
    Trophy Points:
    28
    Ada sebuah project unik yang sedang digarap oleh Trevor Paglen. Dia menamakannya sebagai The Last Pictures. Disini dia akan memilih 100 foto yang menggambarkan kehidupan manusia, menyimpannya di satelit, kemudian menerbangkannya keluar angkasa.

    Tujuan
    Milyaran tahun lagi, jika manusia musnah dari muka bumi, satelit tersebut akan tetap mengorbit di luar angkasa. Didalamnya akan tetap tersimpan foto-foto yang menunjukkan bahwa pernah ada manusia hidup di bumi ini. Menjadi bukti bahwa pernah ada kehidupan yang nyata di bumi. Jika milyaran tahun setelah manusia musnah, ada kehidupan baru lagi. Entah itu manusia baru, atau makhluk hidup dari planet lain (alien), dia berharap suatu saat satelitnya ditemukan dan menjadi bukti yang nyata atas eksistensi manusia.

    Tantangan
    Untuk merealisasi project ini, ada beberapa tantangan yang cukup berat.

    Pertama, masalah pemilihan foto. Dari sekian banyak foto kehidupan manusia, mereka harus memilih 100 foto yang mampu menggambarkan kehidupan manusia seutuhnya. Itu bukanlah hal yang mudah. Masalah pemilihan foto ini diserahkan pada Anya Ventura. Dia harus memilih dari 10.000 menjadi 500 hingga ketemu 100 foto terpilih.

    Kedua, masalah bahan foto. Akan sangat sulit menemukan bahan foto yang mampu bertahan hingga milyaran tahun. Profesor MIT, Brian Wardle, mengatakan bahwa pergerakan molekul secara perlahan dalam waktu milyaran tahun akan membuat foto kehilangan ketajaman gambar. Tetapi hal itu bisa diatasi dengan menggunakan material tunggal, yaitu silikon. Foto tersebut akan diukir dengan teknologi nano di silikon, kemudian dilindungi dengan aluminum berlapis emas. Dengan begitu foto tersebut mampu bertahan hingga milyaran tahun.

    Ketiga, adalah masalah menerbangkan satelit ke luar angkasa. Paglen sudah menelepon ratusan perusahaan hardware dan tidak ada satupun yang mau bekerja sama dengan dia. Sampai akhirnya Echostar Corporation bersedia untuk membuat satelitnya.

    Satelit yang diberi nama EchoStar XVI ini diluncurkan pada 2012 lalu dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan. Berikut beberapa foto The Last Picture:


    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
    [​IMG]

    [​IMG]



    Sumber
     
    1 person likes this.

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page