Gerakan 'Reset The Net' Melawan Penyadapan Pemerintah

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jun 11, 2014.

Discuss Gerakan 'Reset The Net' Melawan Penyadapan Pemerintah in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Setahun setelah pertama kalinya mantan agen NSA Edward Snowden membocorkan dokumen penyadapan yang dilakukan pemerintah AS kepada media The Guardian dan Washington Post. Peristiwa ini sangat menggemparkan dunia berkaitan dengan pengungkapan pelanggaran-pelanggaran hak informasi pribadi yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat.
    Hal yang dilakukan oleh Snowden seakan menjadi titik balik pergerakan perjuangan merebut kembali hak-hak mengenai informasi pribadi. Seperti yang dikutip dari Stuff, Kamis lalu tepatnya tanggal 5 Juni 2014, berbagai perusahaan teknologi, advokat pro demokrasi dan aktivis internet bergabung dan mengkampanyekan gerakan Reset The Net. Kampanye ini sendiri digagas oleh organisasi yang memperjuangkan hak-hak informasi pribadi di dunia siber Fight for The Future.
    Reset The Net adalah kampanye yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak informasi pribadi dan keterbukaan akses terdapat informasi yang terdapat di dunia siber. Sebagai bagian dari kampanye ini beberapa perusahaan seperti Google, Mozilla, Yahoo, Twitter dan Reddit turut membantu dalam penggalangan dana, edukasi dan meluncurkan fitur dan layanan keamanan baru bagi pengguna. Contohnya Google mengeluarkan extension bagi produknya Chrome yang dapat membantu pengguna untuk mengimplementasikan sistem keamanan end-to-end encryption.
    Bagi anda yang ingin berpartisipasi dalam kampanye ini, anda dapat mengungjungi situs www.resetthenet.org untuk berpartisipasi. Pada laman situs ini anda akan melihat video yang menjelaskan bahwa pemerintah saat ini telah memata-matai dan dapat meretas kita dan saatnya kita untuk merebut kembali hak-hak informasi pribadi kita dengan menggunakan aplikasi untuk keamanan informasi pribadi.
    Pada laman situs ini, pengunjung situs ditawarkan berbagai aplikasi atau program yang dapat menjaga keamanan informasi pribadi yang dinamakan Privacy Pack. Program tersebut diantaranya Tor, Cryptocat, Adiu, Pigdin, Redphone dan lain-lain. Laman ini juga menyediakan layanan untuk memperkuat password pada media sosial dan layanan online lainnya.
    Menanggapi gerakan ini, Edward Snowden menyatakan sangat mendukung dan turut bergabung dalam gerakan ini. Satu tahun lalu, kita mempelajari bahwa internet di bawah penyadapan, dan kegiatan kita telah dimonitori untuk membuat rekaman permanen dari kehidupan pribadi kita, tidak perduli seberapa tidak bersalah atau biasa kehidupan seseorang tersebut pernyataan Snowden yang dirilis oleh pengacaranya yang dikutip oleh The Guardian.
    Hari ini, kita akan memulai cara dengan sangat efektif untuk menghentikan pengumpulan aktivitas komunikasi online kita, walaupun Kongres AS tidak bisa melakukan hal yang sama Snowden menambahkan.
    Gerakan ini cukup memberikan tamparan keras bagi pemerintah Amerika Serikat yang selama ini melalui lembaganya NSA mengumpulkan data-data dan memata-matai warganya dan pemerintah negara lain. Gerakan ini menjadi gambaran bahwa banyak warga Amerika Serikat dan dunia yang tidak setuju dengan aktivitas mata-mata yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page