Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.1

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Oct 14, 2014.

Discuss Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.1 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,622
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.1.

    Di edisi artikel Gran Turismo 6 Tuning minggu lalu kita udah bahas seputar karakteristik mobil yg banyak dipengaruhi oleh tata letak drivetrain-nya dalam artikel Gran Turismo 6 Tuning: Car Characteristics. Posisi roda penggerak & mesin jadi faktor utama yg menentukan apakah sebuah mobil punya karakteristik yg baik or ngga, seperti dari segi kestabilan, kontrol handling, & kemampuan mobil dalam berakselerasi & berdeselerasi. Di edisi kali ini kita bakal bahas cara menyesuaikan penyetelan kendaraan pada situasi & kondisi tertentu di lintasan.

    Salah satu alasan utama kita memodifikasi penyetelan mobil adalah untuk mengadaptasikan mobil sesuai kondisi & lintasan tertentu secara ideal. Penyetelan singkat pada suspensi & drivetrain bisa cukup besar pengaruhnya lho sama karakteristik handling mobil di lintasan.

    HIGH-SPEED CIRCUITS
    Improving Top Speed


    Penyetelan mobil paling ideal untuk jenis lintasan yg dirancang buat mobil-mobil berkecepatan tinggi adalah dengan memodifikasi mobil supaya bisa melewati tiap tikungan sebisa mungkin tetep dalam kecepatan tinggi. Suspensi & shock breaker harus disetel secara kaku & tinggi mobil dimodif serendah mungkin.

    Setelan modifikasi ini punya resiko dimana ketika tinggi mobil terlalu rendah, ada kemungkinan kinerja suspensi jadi kurang maksimal karena ngga bisa menyerap getaran & goncangan dari lintasan secara maksimal akibat terbatasnya pergerakan suspensi. Hal ini justru bisa ngilangin semua keuntungan efek modifikasi yg seharusnya cocok buat mobil yg diperuntukkan melaju di lintasan khusus untuk kecepatan tinggi.

    Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyeimbangkan porsi kinerja antara pegas suspensi dengan komponen anti-sway bar. Kalo kalian milih untuk menyetel pegas suspensi supaya lebih kaku, anti-sway bar disetel jadi lebih lunak supaya pergerakannya sedikit lebih fleksibel. Penyetelan ini akan berefek pada kontak roda mobil dengan lintasan tetep terjaga dengan baik karena kinerja perputaran anti-sway bar yg ngga terlalu brutal. Di sisi lain, kalo kalian terpaksa menyetel pegas suspensi jadi lebih lunak untuk mengatasi permukaan lintasan yg ngga rata, berarti penyetelan anti-sway bar harus dibikin lebih kaku untuk mengurangi ketidakstabilan mobil saat menikung.

    Pengaturan sudut ban juga penting. Menyetel sudut roda belakang mobil ke arah dalam (toe-in angle) bagus banget untuk ningkatin kestabilan mobil. Selain itu camber angle roda sebaiknya disetel lebih negatif. Sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam menyetel camber angle secara negatif. Modifikasi camber angle yg berlebihan bisa mengurangi laju kecepatan mobil & kemampuan mobil saat berdeselerasi (Baca artikel Gran Turismo 6 Advanced Tuning: Suspension untuk penyetelan sudut roda secara lebih jelas).

    Untuk penyetelan gear ratio, sebisa mungkin final gear mencapai garis grafik merah ketika berada di posisi akhir garis grafis lurus. Gaya downforce sebisa mungkin diminimalisir supaya top speed mobil tetep terjaga tanpa mengurangi kestabilan mobil ketika menikung & mengerem.

    Setelan Suspensi yg Dianjurkan


    TECHNICAL COURSES
    Efficiently Transfering Power to the Road


    Untuk lintasan yg penuh tikungan tajam, kunci dari penyetelan mobil adalah modifikasi yg bisa bikin mobil menikung dengan tajam & dapat berakselerasi setinggi mungkin ketika keluar dari tikungan dengan resiko kehilangan daya yg minim. Hal yg pertama yg harus dilakukan adalah mengatur tinggi mobil ke level serendah mungkin sampe batas ketinggian yg ngga menyebabkan masalah ketika melaju di lintasan nantinya.

    Pegas suspensi bagian depan sebaiknya disetel jadi lebih lunak, se&gkan pegas bagian belakang disetel lebih kaku (untuk mobil bertipe rear-wheel drive, level kekakuan pegas belakang diatur secukupnya aja) untuk memperoleh kemampuan menikung yg lebih baik. Penyetelan shock breaker bisa disesuaikan dengan level setelan pegas.

    Untuk sudut roda bagian depan bisa disetel ke arah toe-in angle kalo emang pengen fokus pada kemampuan menikung mobil yg lebih responsif, or disetel sedikit aja ke arah toe-in angle buat dapetin feeling berkendara yg lebih nyaman. Penyetelan negative camber bisa disetel secukupnya aja karena traksi butuh dijaga ketika mobil mengerem & menikung.

    Transmisi gigi bisa diatur dengan rasio yg pendek untuk menjaga putaran mesin ketimbang mengutamakan top speed, & rasio final gear sebaiknya disetel rendah supaya mobil bisa segera berakselerasi tinggi dalam waktu singkat.

    Dalam skala modifikasi lebih luas, penyetelan mesin mobil sangatlah mungkin. Tujuannya untuk mencapai torsi maksimum pada saat kecepatan rendah & se&g supaya mobil lebih bisa fokus untuk menambah akselerasi ketika keluar dari tikungan dibanding fokus ke pencapaian daya maksimal mesin ketika se&g dalam putaran tinggi. Penambahan nilai downforce di bagian depan & belakang sebaiknya disetel setinggi mungkin. Komponen aerodinamika penting sifatnya untuk mendukung kestabilan mobil dalam menikung dibanding menambah top speed.

    Setelan Suspensi yg Dianjurkan


    COUNTERING UNDERSTEER
    Understanding Where the Car Refuses to Turn


    Understeer adalah kondisi dimana sudut perputaran mobil ketika menikung lebih lebar dari sudut normal, sehingga seolah-olah mobil sepenuhnya dikuasai oleh kemudi. Cara untuk bisa mengatasi understeer adalah dengan mengidentifikasi saat dimana understeer berlangsung. Apakah ketika akan memasuki tikungan? Apakah di Apex (titik sudut netral tikungan)? Atau saat berakselerasi keluar dari tikungan?

    Kalo understeer terjadi sesaat sebelum memasuki tikungan, daya cengkeram ban depan perlu ditambah sebanyak mungkin. Hal ini bisa dicapai dengan menyetel pegas suspensi depan jadi lebih lunak & menambah sisi extensi dari shock breaker supaya jangkauan kinerjanya bisa lebih panjang. Sebagai hasilnya beban berat bisa tersalurkan ke sisi bagian depan mobil.

    Understeer ngga cuma bisa diakibatkan oleh faktor kinerja suspensi. Limited Slip Differential (LSD) yg terlalu sensitif juga bisa jadi penyebabnya. Mengurangi nilai sensitivitas LSD bisa jadi solusi. Penggantian sistem 2-Way LSD jadi sistem 1-Way juga bisa dicoba. Manfaatin juga penambahan nilai downforce untuk bagian depan mobil supaya daya cengkeram roda depan bisa lebih efektif.

    Kalo understeer terjadi pada mobil tipe rear-wheel drive saat berakselerasi keluar dari tikungan, hal ini bisa diatasi dengan mengurangi ketinggian mobil terlebih di area depan, menambah damping force dari extension shock breaker bagian depan, & menambah tekanan untuk shock breaker bagian belakang. Kalo understeer terjadi di mobil tipe FF, solusinya adalah menambah efek dari kinerja LSD.

    Setelan Suspensi yg Dianjurkan


    Bersambung ke artikel Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.2

    Seri artikel Gran Turismo 6 Mechanism bisa kalian akses via link gambar dibawah:

    Sumber

    Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode.

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Gran Turismo 6 Tuning: Settings for Specific Situations Part.1.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page