[HOT] 5 Teknologi Masa Depan yang sudah Banyak diterapkan Masa Kini

Discussion in 'Nyit-nyiters Mania' started by developed, Apr 4, 2014.

Discuss [HOT] 5 Teknologi Masa Depan yang sudah Banyak diterapkan Masa Kini in the Nyit-nyiters Mania area at Nyit-Nyit.Net

  1. developed Pra TK Level 1

    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    26
    Have a Nice Day!

    Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

    Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana.Perkembangan teknologi berlangsung secara evolutif.

    Sejak zaman Romawi Kuno pemikiran dan hasil kebudayaan telah nampak berorientasi menuju bidang teknologi.Tak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini.

    Nah! Ternyata beberapa prediksi Teknologi Masa Depan sudah ada yang mulai digunakan saat ini lho!

    ini dia listnya…

    Here we go!


    1. Komputer Kuantum

    [​IMG]

    [​IMG]

    Bayangkan sebuah komputer masa depan, yang kecepatannya ribuan kali lebih cepat dari supercomputer tercepat sekarang. Ribuan kali lebih cepat dan efisien dari IBM ”Roadrunner” di Los Alamos yang kecepatannya mencapai 1.7 petaflops (1 petaflop = 10^15 operasi per detik).

    [​IMG]

    Inilah kedahsyatan komputer kuantum. Komputer ini begitu dahsyat karena diciptakan memakai fenomena keajaiban dunia kuantum, Superposition dan Quantum Entanglement.

    [​IMG]

    Dalam pemecahan kode misalnya (kriptografi), untuk memecahkan kode yang digitnya sampai 140, komputer biasa akan memerlukan waktu milyaran tahun untuk memecahkannya. Tapi dengan komputer kuantum, ini bisa dipecahkan hanya dalam waktu beberapa puluh menit saja.

    Dengan komputer ini manusia juga akan bisa memprediksikan cuaca di bumi dan gejala-gejala alam lain yang sangat kompleks dengan sangat akurat berbulan-bulan sebelumnya, seperti gempa bumi dan tornado.

    Dan tentu saja ini akan makin merevolusikan lagi kecepatan pengembangan seluruh teknologi canggih yang ada sekarang.


    2. CISCO Telepresence (http://goo.gl/V0VUd3)

    [​IMG]

    Cisco merupakan perusahaan terbesar untuk peralatan networking yang berpusat di California Amerika.

    Cisco systemmerupakan perusahaan yang didirikan oleh 2 orang Staff computer support dari Universitas Stanford, US yaitu Leonard Bosack dan Sandy Lerner. Nama Cisco sendiri terinspirasi dari Nama sebuah kota, San Francisco sedangkan logonya menggambarkan 2 menara dari Golden Gate Bride. Telepresence merupakan salah satu terobosan yang cisco kembangkan lewat produk-produknya salah satunya WebEX

    setidaknya ada empat manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan telepresensi. Keempat manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

    1. Meningkatkan kiprah bisnis

    Telepresensi memungkinkan terjadinya transformasi bisnis dengan menghubungkan karyawan, pelanggan, dan rekan kerja, dengan sebuah pengalaman tatap muka yang unik yang dapat mempererat hubungan, membangun kepercayaan dan meningkatkan kecepatan pemasaran. Bisnis tidak akan lagi mengalami keterlambatan penerbangan dan bahaya perjalanan lainnya.

    2. Mengurangi biaya perjalanan dan meningkatkan produktivitas

    Telepresensi akan mengembalikan dana yang dikeluarkan dengan menciptakan penghematan pada biaya perjalanan, serta meningkatkan keseimbangan hidup dan kerja pebisnis. Perusahaan yang memakai teknologi ini akan mendapatkan kembali produktivitas, waktu yang dihabiskan untuk perjalanan, dan dapat memperoleh peluang bisnis yang lebih besar.

    [​IMG]

    3. Menciptakan kelestarian lingkungan dan mengurangi emisi karbon

    Perjalanan bisnis sedikit banyak memberikan kontribusi emisi pada atmosfer yang memengaruhi kualitas udara lokal. Telepresensi membantu mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh perjalanan bisnis.

    4. Kolaborasi yang lebih mudah dan lebih cepat

    Telepresensi meningkatkan efisiensi dan efektivitas dengan realitas maya namun tetap intim, dan tetap ada pertemuan ‘tatap muka’. Telepresensi mengurangi kebutuhan untuk perjalanan sembari membuat diskusi yang mendalam dan kolaborasi jauh lebih mudah, cepat, dan nyaman.

    Teknologi ini bahkan sudah bisa diperdagangkan secara luas lewat Beli Cisco

    [​IMG]


    [​IMG]


    Informasi ini juga bisa di cek di social media cisco:
    Twitter @BeliCisco

    Facebook Beli Cisco

    LinkedIn Beli Cisco

    Visit beli cisco di http://goo.gl/V0VUd3

    3. Printer 3D

    [​IMG]

    Teknologi printer tiga dimensi (3D) saat ini terus dikembangkan untuk membuat berbagai macam benda dengan cara yang instan, lebih mudah, dan lebih cepat. Peneliti memperkirakan, teknologi printer 3D ini sedikit banyak bakal mengubah kehidupan manusia di masa datang.

    Seperti yang sudah dihasilkan oleh printer teknologi terkini beberapa waktu belakangan, apa saja yang dapat dibuat dengan berbahan dasar material yang beragam. Mulai dari perkakas kecil, suku cadang kendaraan, senjata api, mobil, bahkan hingga implan organ tubuh manusia. Ke depannya, peneliti memprediksi printer 3D bisa digunakan untuk membuat makanan dan kegiatan medis untuk penyembuhan.

    Lewat sebuah video, AsapScience menjelaskan kemudahan yang diberikan oleh printer ini bisa membuat setiap orang menciptakan apa saja lewat alat tersebut. Bagaimana tidak, sekarang ini berbagai konsep untuk membuat sebuah benda sudah tersedia di internet dan hanya tinggal diunduh, lalu pengguna menciptakannya sendiri di rumah. Bukan tak mungkin, di masa depan seseorang hanya perlu mengumpulkan bahan-bahan pembuat makanan dan kemudian mewujudkannya dengan printer 3D. AsapScience juga mengatakan, printer 3D nantinya bisa digunakan oleh tim kedokteran untuk membuat luka di kulit seseorang kembali normal seperti sedia kala.

    [​IMG]


    4. Meta Space Glass

    [​IMG]

    Meta SpaceGlasses adalah sebuah kacamata AR yang tidak hanya sekedar menampilkan informasi tetapi kita bisa melakukan banyak hal melalui kacamata AR satu ini.

    [​IMG]

    Sederhananya, ini mirip sebuah komputer dalam bentuk kacamata dan sebuah teknologi AR di dalamnya yang bisa menggabungkan dunia virtual dengan dunia nyata. SpaceGlasses ini terdiri dariDua buah layar transparan dengan resolusi QHD (960×540 px), Dual Camera, dan Projector. Saat ini META SpaceGlasses sudah bisa dibeli (pre Order) dengan harga US$ 667 tetapi bisa dikatakan masih versi BETA sehingga masih jauh dari sempurna. Agak susah menjelaskannya jadi lebih baik nonton videonya biar anda bisa lihat kecanggihan kacamata AR yang satu ini.


    5. Robot

    [​IMG]

    Jika disebut bahwa simbol kecanggihan teknologi masa kini adalah robot, tentu banyak orang yang menyetujuinya. Robot dan robotika menjadi arus utama perbincangan seputar teknologi di kalangan masyarakat akademisi hingga awam, sesuai dengan kapasitas masing-masing. Mahasiswa di perguruan tinggi hingga pelajar di sekolah pun tak bosan membincangkan robot dan robotika.

    [​IMG]

    Kata robot awalnya dikenal dari sebuah sandiwara pada tahun 1921 karya Karl Capek dari kosa kata bahasa Czech robota yang berarti pekerja atau budak pekerja. Robot digambarkan sebagai sebuah mesin otomatis yang menjadi pembantu atau budak manusia, sehingga manusia sebagai majikan akan mendapatkan keuntungan lebih besar karena robot tidak mengalami kelelahan atau kejenuhan sebagaimana jika manusia yang bekerja.

    Namun ide dan karya tentang alat atau mesin otomatis telah ada jauh sebelum kata robot diperkenalkan dan menjadi populer. Di Jepang pada abad 17 hingga 19 di periode Edo, ada karya para seniman yang dikenal dengan nama karakuri. Karakuri merupakan boneka-boneka yang dapat bergerak otomatis dengan bantuan sistem mekanis dan pewaktu menggunakan pegas. Boneka-boneka karakuri ini populer di kalangan masyarakat waktu itu karena sebagian besar digunakan sebagai hiburan. Baru di kemudian hari hingga saat ini, beberapa konsep mekanis dari karakuri diterapkan pada sistem otomasi pada industri atau robot-robot masa kini.

    Bergeser ke barat dan mundur setengah milenium dari Jepang, ada ilmuwan jenius pada akhir abad ke-13 yang membangun beberapa mesin otomatis untuk berbagai keperluan. Dia adalah Abu Al-Iz ibnu Ismail ibnu Al-Razaz Al-Jazari, ilmuwan muslim kelahiran Turki. Di antara karya-karyanya adalah mesin pompa air otomatis, jam gajah, boneka pemain musik, dan lain-lain.

    Replika dari karya Al-Jazari saat ini ada di museum di London, Inggris atas usaha dari FSTC – Foundation for Science, Technology, and Civilization yang berusaha untuk mengkaji dan mendokumentasikan penemuan-penemuan para ilmuwan pada masa 1000 tahun peradaban Islam yang selama ini terkubur.

    Tentu, sebelum masa Al-Jazari sudah ada karya-karya mesin otomatis. Namun, Al-Jazari diakui sebagai ilmuwan dan penemu pertama yang merealisasikan dan mendokumentasikan karya-karyanya. Buku yang ditulis oleh Al-Jazari berisi keterangan yang lengkap dan terstruktur dari masing-masing karyanya. Oleh karena itulah, ada yang menyebut Al-Jazari sebagai Bapak Ilmu Otomasi atau Bapak Robotika Dunia.
    [​IMG]


    How? Agan punya info dan referensi lain?...
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page