Ide Startup Menarik Startup Weekend Jakarta 2015

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 25, 2015.

Discuss Ide Startup Menarik Startup Weekend Jakarta 2015 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,759
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Beberapa waktu yg lalu, Startup Weekend Jakarta 2015 telah digelar di Freeware Spaces, Jakarta. Sebanyak 120 peserta hadir di acara tersebut. Mereka dibagi menjadi beberapa tim & harus membuat sebuah startup dalam waktu 54 jam. Di akhir acara, setiap tim harus menjelaskan startup mereka di hadapan para juri dalam sebuah sesi pitching.

    Ketika melakukan pitching, setiap tim hanya punya waktu tiga menit untuk menjelaskan startup yg telah mereka buat. Dari 17 ide startup yg dipresentasikan, ada 12 di antaranya yg menurut kami cukup menarik untuk dilanjutkan pengembangannya.

    Di antara 12 ide berikut, ada tiga ide startup yg kemudian ditetapkan sebagai juara pertama, kedua, & ketiga oleh para juri. Namun menurut Aryo Ariotedjo, Managing Partner dari Grupara Inc. yg juga merupakan penyelenggara Startup Weekend Jakarta 2015, acara ini bukanlah sebuah kompetisi. Penentuan pemenang & hadiah yg diberikan hanya sebagai penyemangat agar para peserta tetap mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.
    Baca juga:Belajar Membuat Startup dalam 54 Jam di Startup Weekend Jakarta 2015
    1. Do-Cart (Juara Pertama)[​IMG]Tim Do-Cart bersama Aryo Ariotedjo (memakai topi), penyelenggara Startup Weekend Jakarta 2015

    Produk-produk pertanian biasanya harus melalui rantai distribusi yg panjang sebelum akhirnya sampai ke tangan konsumen. Hal ini membuat harga produk-produk tersebut menjadi mahal. Di sisi lain, konsumen juga tidak bisa langsung membeli produk tersebut langsung dari petani, karena keterbatasan akses.

    Do-Cart mencoba mengatasi hal tersebut dengan membuat marketplace khusus untuk produk-produk pertanian, seperti jagung, ubi, & kentang. Di dalam marketplace tersebut, pengguna bisa mengetahui ketersediaan & harga produk-produk pertanian di tiap daerah, serta bisa langsung membelinya.
    2. Konsaato (Juara Kedua)[​IMG]Tim Konsaato, juara kedua Startup Weekend Jakarta 2015

    Jumlah fans yg banyak, tidak serta merta membuat seorang penyanyi / grup musik bisa membuat konser di Indonesia. Apabila tidak ada promotor yg berani mengeluarkan dana, mereka pun tidak akan bisa menggelar konser di tanah air.

    Masalah itulah yg coba diselesaikan oleh Konsaato, sebuah platform crowdfunding khusus untuk para penggemar musik. Dengan Konsaato, kamu bisa memberi bantuan dana agar seorang penyanyi / grup musik bisa mengadakan konser di Indonesia. Konsaato akan langsung menggelar sebuah konser apabila nominal biaya yg ditetapkan telah terpenuhi.
    3. Future of Indonesia (Juara Ketiga)[​IMG]Foto bersama tim Future of Indonesia

    Demi mewujudkan kehidupan yg lebih baik di seluruh dunia, tahun ini para pemimpin dunia telah menyepakati 17 Global Goals yg diharapkan bisa tercapai dalam 15 tahun ke depan. Tim Future of Indonesia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan Global Goals tersebut dengan sebuah platform yg bernama Future.id.

    Dengan Future.id, setiap pengguna bisa mengajukan ide-ide program yg bisa dilakukan untuk mewujudkan Global Goals tersebut. Tak hanya itu, ketika sebuah program telah disetujui untuk dilakukan, pengguna juga bisa memberikan bantuan dana dengan metode patungan / crowdfunding.
    4. Plura
    Plura adalah sebuah aplikasi mobile yg bisa mempertemukan para penggemar olahraga futsal. Dengan aplikasi ini, kita bisa mencari lawan tanding & mengatur waktu pertandingan. Apabila kita kekurangan pemain untuk bermain, kita juga bisa menemukannya dengan aplikasi ini.
    5. We Can Cook
    We Can Cook adalah sebuah situs yg bisa memberikan rekomendasi resep masakan berdasarkan bahan-bahan yg sudah kamu miliki di rumah. Contohnya apabila kamu sudah mempunyai kecap, bawang merah, & daging ayam, We Can Cook akan memberikan resep yg terdapat bahan-bahan tersebut di dalamnya, lengkap dengan video tutorial cara membuatnya.
    6. Kiyoo
    Kiyoo (dibaca kaiyu) merupakan sebuah platform penyewaan furniture secara online. Dengan produk yg mereka buat, Kiyoo berusaha menghubungkan penjual furnituredengan barang yg sulit terjual karena harganya mahal dengan masyarakat yg ingin mempunyai furniture tapi tak punya cukup uang untuk membelinya.
    7. Bricklik
    Bricklik merupakan platform di mana kamu bisa berinvestasi di bidang properti, baik berupa rumah ataupun ruko, dengan metode patungan / crowdfunding. Demi menjaga keuntungan dari investasi yg mereka lakukan, Bricklik akan menjalin kerjasama dengan sebuah biro investasi properti yg terpercaya.
    8. Total Autocare
    Total Autocare adalah sebuah aplikasi mobile yg bisa mengingatkan jadwal perawatan rutin untuk setiap kendaraan yg kamu miliki. Dengan aplikasi ini, diharapkan pengguna tidak akan lupa akan jadwal perawatan kendaraan, seperti penggantian oli maupun ban. Dengan begitu, kondisi kendaraan mereka pun akan tetap baik.
    9. Workstree
    Workstree merupakan marketplace yg mempertemukan para freelancer dengan para pemberi kerja. Berbeda dengan layanan lain yg serupa, pengguna Workstree bisa bergabung dengan pengguna lain, & menerima tawaran pekerjaan sebagai sebuah tim.
    10. Sch-Work
    Sch-work merupakan sebuah aplikasi mobile untuk memperlancar alur komunikasi antar pegawai di instansi pemerintah. Dengan aplikasi ini, para pegawai pemerintah bisa saling berkomunikasi lewat perangkat mobile. Mereka pun bisa mengirimkan hasil pekerjaan mereka kepada atasan lewat aplikasi ini.
    11. Qupid
    Qupid merupakan sebuah aplikasi pencarian teman kencan yg akan memberikan satu orang pasangan kencan untuk kamu setiap harinya. Demi menjamin kesuksesan perjodohan yg mereka lakukan, Qupid pun menyiapkan lokasi kencan yg romantis agar para pengguna bisa mengenal pasangannya dengan lebih baik.
    12. Chicken Time
    Chicken Time merupakan aplikasi mobile untuk memastikan kamu bisa bangun tidur tepat waktu. Aplikasi ini akan mengirim pesan kepada orang terdekat kamu, jika kamu belum bangun pada waktu yg telah ditentukan. Dengan aplikasi ini kamu juga bisa mengganti bunyi alarm yg biasa digunakan dengan sebuah lagu tertentu / sebuah siaran radio.

    Dari kedua belas ide tersebut, kita bisa melihat kalau tren membuat platform crowdfunding & marketplace untuk barang & jasa, begitu mendominasi dalam Startup Weekend Jakarta 2015 kali ini.

    Startup-starup di atas memang baru berupa ide & produk awal. Menurut Aryo Ariotedjo, kelanjutan dari ide-ide tersebut dikembalikan kepada masing-masing tim apakah akan dilanjutkan / tidak.

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page