Impresi Awal High Sea Saga | N3

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Feb 18, 2015.

Discuss Impresi Awal High Sea Saga | N3 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,715
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    18/02/2015

    Jika kamu melihat laman High Sea Sagadi Google Play maka kamu akan menemukan cukup banyak komentar pedas dari para pemain. Kebanyakan dari mereka menyuarakan hal yg sama yaitu cara monetisasi yg menggunakan harga premium namun mempunyai waktu tunggu, IAP & juga iklan.Sekilas Kairosoft terlihat seperti mencampur semua formula monetisasi & menuangkannya dalam satu game.Faktanya memang begitu, tapi pertanyaannya apakah ini hal yg sangat bodoh untuk dilakukan / sebaliknya? Lewat impresi awal ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan itu, tapi mari kita lihat dulu gameplay dari High Sea Saga.

    Datang dari Kairosoft maka sudah bisa diduga bahwa kamu akan mendapatkan sebuah game simulasi dengan gaya grafis yg retro. High Sea Saga tidak mencoba untuk mengubah hal tersebut. Kamu akan bertugas untuk mengumpulkan para awak kapal, melawanpara perompak, & menyatukan berbagai daerah di bawahkepemimpinan kamu.

    [​IMG]

    Setiap awak kapal akan mempunyai tugas masing-masing seperti mengumpulkan berbagai barang, meneliti, & yg terpenting menjadi ujung tombak untuk melawan para musuh. Keseharian kamu akan kamu habiskan untuk menjelajah area baru, melawan perompak yg menduduki area tersebut, serta memastikan seluruh awak kapal tinggal dengan nyaman.

    Bukan Kairosoft namanya jika kamu tidak bisa membangun sesuatu. Di High Sea Saga kamu akan diberikan kebebasan mengatur bagian dek kapal atas & bawah. Dek bagian atas adalah tempat kehidupan dari para awak kapal, sehingga kamu harus membangun tempat tidur & fasilitas lain. Sedangkan dek bagian bawah lebih ditujukan untuk menyimpan makanan & juga penjara. Ingat bajak laut yg saya bicarakan di atas? Biasanya mereka adalah buruan yg mempunyai harga untuk kepala mereka. Jadi begitu mereka berhasil dikalahkan kamu mempunyai pilihan untuk menukar mereka dengan uang / justru merekrut mereka.

    Desa yg kamu telah berhasil bebaskan dari penjahat akan mulai didatangi oleh penduduk & mereka akan mulai membangun berbagai fasilitas. Ini juga berarti kamu dapat menggunakan fasilitas mereka untuk misalnya membeli barang / merekrut awak kapal dari pulau seberang. Tapi mungkin fitur yg paling menarik adalah perang antar kapal. Saya katakan menarik karena ini merupakanpertarungan dengan skala yg paling besar di mana seluruh anggota kapal akan berperang dengan anggota kapal musuh.

    [​IMG]

    Sampai sini saya merasa cukup terhibur. High Sea Saga walaupun menggunakan formula yg relatif mirip dengangame Kairosoftlain tapi tetap terasa baru & tidak membosankan, setidaknya untuk beberapa jam pertama. Tapi penggunaan IAP, iklan, serta waktu tunggu membuat game ini terasa cukupberbeda dengan seri Kairosoftyang lainnya.

    Yang pertama, High Sea Saga adalah sebuah game premium. Kamu diharuskan membayar Rp. 12.000 & kamu akan tetap disambut dengan sebuah iklan yg akan selalu muncul di bagian bawah layar. Jika kamu ingin menghilangkannya secara permanen maka ada kabar buruk, kamu tidak dapat melakukannya. Kamu akan diberikan pilihan untuk membayar Rp. 15.000/bulan untuk menikmati game ini tanpa iklan.

    Saya sebenarnya sudah siap mengutuk Kairosoft atas hal ini tapi seiring permainan berlangsung saya bahkan sudah tidak melihat iklannya. Maksud saya, iklannya masih ada namun karena terletak di bagian paling bawah maka sayadengan mudah menghiraukannya. Dan setelah dipikir-pikir saya bisa menikmati game ini dengan harga Rp. 12.000 di mana biasanya saya harus membayar Rp. 53.000. Saya rasa saya bisa hidup dengan iklan selama satu bulanketimbang membayar Rp. 41.000 lebih banyak. Kalo kita benar-benar jujur, gameseperti ini tidak akan bertahan selama berbulan-bulan. Setelah menamatkannya satu kali kamu akan tergoda untuk mengulangnya lagi & mungkin sekali lagi, tapi setelah itu?

    Tapi iklan yg selalu muncul bukanlah akhir dari cerita. Selain iklan, Kairosoft juga memberlakukan sistem energi. Setiap melakukan kegiatan eksplorasi seperti pergi ke tempat baru / mengerjakan sebuah misi maka energi kamu akan dikuras. Satu energi akan kembali terisi setiap 5 menit. Tapi untungnya tidak semua menggunakan energi, membangun sebuah fasilitas tidak akan membutuhkan energi tapi membutuhkan waktu tunggu yg tidak dapat kamu percepat. Mungkin inilah yg lebih menyesakkan dada daripada iklan.

    [​IMG]

    Sebenarnya hal ini pun tidak seburuk yg dibayangkan. Biasanya kita akan disibukkan dengan berbagai hal lain, seperti memutuskan equipment apa yg akan digunakan, mencari komposisi tim yg pas, mencari sinergipenempatan fasilitas, & lain-lain. Hal ini sudah akan menyita waktu & tidak terasa beberapa energi sudah terisi. Walaupun ya memang kalau kamu tipe yg duduk berjam-jam untuk bermain secara maraton maka kamu akan tersiksa.

    Sampai sekarang perasaan saya terhadap High Sea Saga masih campur aduk. Saya tidak suka dengan iklan yg tidak bisa dihilangkan secara permanen. Tapi saya juga menyadari perbedaan harga yg signifikan & saya sangat senang bisa menghemat Rp. 41.000. Kebetulan saya bukanlah tipe yg bisa memainkan game secara maratonjadi sistem energinya tidak terlalu menghalangi. Apalagi di level awal-awal, kamu bahkan tidak akan menunggu karena level akan naik dengan cepat & energi akan terisi kembali.

    Saya rasa saya sudah memberikan gambaran yg cukup jelas, dankamu sudah bisa memutuskan apakah sistembaru Kairosoft ini cocok dengan gaya bermain kamu / tidak.Berikan pendapatkamu dengan sistem baru ini jika kamu sudah memainkannyalewat kolom komentar di bawah ini.

    Google Play Store Link: High Sea Saga, Rp. 12.000
    8 Game Kairosoft Terbaik Pilihan N3[​IMG]TagsSimulation

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page