Guide Ini 7 Kegunaan KTM untuk Mahasiswa Selama Masa Kuliah

Discussion in 'Berita Online' started by Situstarget, Nov 22, 2019.

Discuss N3 - Ini 7 Kegunaan KTM untuk Mahasiswa Selama Masa Kuliah in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Situstarget Belum Sekolah Level 0

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Buat kamu yang saat ini masih berstatus mahasiswa, kali ini kita akan membahas mengenai kegunaan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), selain buat gaya-gayaan ternyata ada manfaatnya juga lho KTM ini.

    KTM jaman now bukan cuma buat menuhin isi dompet biar keliatan tebel, tapi juga ada kegunaannya. Sebelum nyesel karena belum manfaatin KTM selama masa kuliah, simak 7 kegunaan KTM berikut ini:

    1. Absensi Mahasiswa
    Kegunaan KTM yang pertama yaitu untuk absensi mahasiswa. Kartu KTM saat ini bukan cuma kartu kosong, beberapa KTM sudah dibekali dengan sebuah Please sign in/up to view this image/link .

    Beberapa kampus menggunakan KTM sebagai alat untuk absensi mahasiswa. Hal ini sebagai upaya meminimalisir tipsen (titip absen), jaman dahulu absen masih pakai tanda tangan, jadinya kalau ada mahasiswa yang males bisa melakukan tipsen ini.

    2. Pinjam Buku di Perpustakaan
    Tempat yang paling sering dikunjungi oleh mahasiswa tingkat akhir yaitu perpustakaan. Padahal tempat ini dahulu jarang dilihat, dilirik juga nggak. Karena sekarang sudah dipenghujung hayat sebagai mahasiswa baru deh mampir ke tempat ini.

    Itu juga karena terpaksa buat mencari referensi tugas akhir atau skripsi. Biasanya perpustakaan memberikan syarat bagi mereka yang mau meminjam buku, maka wajib memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (aka KTM).

    Ada juga perpustakaan yang mengenakan biaya per sekali kedatangan jika tidak memiliki KTM di kampus tersebut. Di saat genting seperti ini, KTM lebih sering keluar masuk dompet (dibaca: digunakan) dibandingkan saat masih menjadi MaBa (Mahasiswa Baru). Betul kan?

    3. KTM Dijadikan Kartu ATM Atau E-money
    Seperti yang sudah disinggung pada poin pertama, kampus tidak hanya membenamkan chip berisi data mahasiswa di KTM. Kolaborasi pihak kampus dengan bank juga menjadikan KTM menjadi lebih canggih daripada sebelumnya.

    KTM bisa dijadikan alat untuk menarik uang di ATM (sebagai Please sign in/up to view this image/link ) maupun sebagai E-money. Proses pembuatan KTM seperti ini biasanya kolektif dan telah bekerjasama dengan bank berplat merah maupun bank swasta.

    Saat beralih dari pelajar ke mahasiswa, tidak perlu lagi membuat tabungan baru. Tinggal manfaatin aja fitur KTM ini, setelah lulus nanti kartu pun akan berubah, bukan lagi menggunakan kartu KTM, namun menjadi kartu debit nasabah biasa.

    4. Daftar Lomba Nasional
    Ingin punya penghasilan tambahan saat menjadi mahasiswa? Mengikuti ajang kompetisi selain mengasah bakat dan kemampuan, bisa juga lho bikin kamu punya banyak duit.

    Sebelum ngomong duit lebih jauh, kamu harus daftar dan mengikuti lomba tingkat nasional atau internasional khusus untuk mahasiswa. Ada banyak lomba seperti itu, sebagai persyaratan lomba salah satunya yaitu kartu KTM ini.

    Kamu tidak bisa mengikuti perlombaan tingkat nasional untuk mahasiswa, jika tidak memiliki KTM. Kartu KTM juga sebagai bukti bahwa kamu memang Please sign in/up to view this image/link X, bukan mahasiswa susupan atau abal-abal.

    5. Syarat Penerimaan Beasiswa
    Poin kelima sama seperti poin keempat, kalau terkait duit apalagi saat menjadi mahasiswa. KTM menjadi salah satu alat bukti terpercaya yang digunakan untuk pengajuan beasiswa atau penerimaan beasiswa.

    Baik beasiswa yang datangnya dari pemerintah, swasta atau luar negeri. Semua umumnya mensyaratkan mahasiswa wajib melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa, jadi KTP saja tidak cukup.

    Nah kalau belum punya KTM segera buat deh, karena kegunaan KTM ini sangat banyak. Sayangkan kalau sampai kehilangan peluang untuk mendapatkan beasiswa cuma gara-gara tidak punya KTM aja.

    6. Syarat Keterangan Kepolisian
    Poin keenam ini ada kaitannya saat kamu hendak PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau saat penelitian yang melibatkan masyarakat. Minimal kamu perlu mengantongi izin dari ketua RT setempat atau bahkan dari pihak kepolisian.

    Kegiatan penelitian perlu dibuatkan surat pengantar agar masyarakat sekitar mau membantu atau minimal bersedia “diganggu” dengan aktivitas penelitian yang kamu lakukan.

    Pihak kepolisian atau ketua RT setempat akan meminta fotokopi KTM kamu sebelum membuatkan surat pengantar tersebut.

    7. Harga Mahasiswa
    Tiket masuk di beberapa event mahasiswa juga berbeda, buat yang punya KTM bisa lebih murah dibandingkan tiket umum. Ini berlaku ga cuma event seperti seminar atau workshop saja.

    Tetapi event seperti pameran, konser musik, dan perlombaan juga memberikan harga yang lebih miring buat mereka yang masih berstatus mahasiswa.

    Nah itulah ketujuh manfaat KTM selama masa kuliah, jangan sampai nyesel belum manfaatin bener-bener itu KTM.


    Please sign in/up to view this image/link
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page