Jack Ma: Mencari Uang itu Mudah, Menghabiskannya yang Sulit

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 18, 2015.

Discuss Jack Ma: Mencari Uang itu Mudah, Menghabiskannya yang Sulit in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,755
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Bagi seorang pria yg mengatakan dirinya takut memberikan pidato, Founder Alibaba Jack Ma sebenarnya banyak berpidato. Yang terbaru, ia menyampaikan pidato di upacara pembukaan program MBA Peking University. Dalam pidatonya, ia dikabarkan berbicara tentang pandangan & caranya mempraktikkan filantropi.

    Pada saat musibah ledakan Tianjin terjadi, banyak netizen yg meminta Jack Ma menyumbangkan uangnya. Tetapi dalam pidatonya, ia berpendapat bahwa dalam konteks negara berkembang, investasi merupakan cara yg lebih baik dibanding berdonasi, karena secara teoritis investasi akan menciptakan lebih banyak pekerjaan & dalam jangka panjang lebih banyak kekayaan.

    Jack Ma juga mengatakan bahwa di Cina, berdonasi terbilang sulit karena kita tidak tahu kepada siapa sumbangan tersebut diberikan. Cina tidak memiliki infrastruktur, pelatihan SDM, & kerangka hukum yg tepat untuk memastikan bahwa donasi disalurkan dengan baik. Menurut Jack Ma, mengatur itu semua tidak bisa dilakukan dalam semalam.

    Lebih lanjut pria berwajah unik ini juga mengeluhkan tentang masalah yg melanda orang super kaya. “Ketika kamu punya satu / dua juta, itu uangmu & kamu sangat bahagia. Ketika kamu punya sepuluh / dua puluh juta, maka masalah datang; kamu mulai memikirkan tentang devaluasi renminbi (mata uang Cina) & investasi. ”

    “Ketika kamu punya beberapa ratus juta / miliar, kamu harus benar-benar ingat bahwa itu bukan [lagi] uangmu. Masyarakat telah mempercayakannya padamu untuk diinvestasikan, itu semacam kepercayaan yg disematkan padamu & tanggung jawab yg kamu ambil.

    “Bagaimana caramu mengelola uang dengan baik? Kamu tidak bisa menyumbangkannya secara bodoh,” jelas Jack Ma. “Kamu harus menunggu SDM, organisasi, & sistemnya sudah siap terlebih dahulu sebelum melakukannya. Itu sebabnya saya mengatakan bahwa menghabiskan uang jauh lebih sulit daripada menghasilkan uang.”

    Bagaimanapun, Jack Ma mengatakan bahwa ia mengagumi mereka yg menyumbangkan uangnya: “Saya sangat mengagumi tipe orang yg berpenghasilan 200 RMB [sekitar Rp450.000] per bulan & masih mau menyumbangkan 1 [sekitar Rp2.200] per bulan, / bahkan 1 per hari. Mereka adalah lapisan masyarakat yg paling menakjubkan.”

    Baca juga: 10 Aturan untuk Sukses dari Jack Ma

    (Diterjemahkan oleh Lina Noviandari & diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page