Jepang Serius Jegal Bajakan Anime + Manga

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Aug 9, 2014.

Discuss Jepang Serius Jegal Bajakan Anime + Manga in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,622
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Meski bajakan belum pasti secara langsung merugikan para pencipta konten dan meski bisa dibilang pembajakan membantu meningkatkan kepopuleran Anime + Manga (dan (ehm Windows) ke seluruh dunia, pembajakan adalah tindakan yang melanggar hukum. Kalau selama ini Jepang termasuk nggak peduli soal banyaknya bajakan Anime + Manga yang tersebar di Internet dan lebih fokus untuk menutup video satu-demi-satu di YouTube, sekarang Jepang punya gerakan Manga-Anime Guardians (M.A.G) yang siap secara aktif jegal bajakan dan mempromosikan konten resmi.



    Menteri Industri, Perdagangan, dan Ekonomi Jepang memperkirakan masalah pembajakan pada tahun 2013 di Cina merugikan Jepang sebesar 560 milyar Yen, atau sekitar 64.346.232.580.000 Rupiah. Pemerintah Jepang bersama dengan 15 partner Internasional akan berusaha untuk menangani 580 situs bajakan dan membuat proses pembelian konten resmi menjadi lebih mudah.

    Para penggemar Manga dan Anime di luar Jepang dapat menikmati konten secara resmi melalui situs rekanan yang tercantum dalam Manga-Anime-here.com. Situs tersebut berfungsi sebagai sebuah indeks yang siap membawamu ke website lain yang menyediakan Manga dan Anime secara resmi (berbayar dan gratis).

    Sayangnya berbagai konten dari Jepang masih sulit untuk diakses secara resmi dari Indonesia. Misalnya saja aku ingin menyaksikan ALDNOAH ZERO, sebuah Anime yang tersedia secara resmi dan gratis di Crunchyroll. Ketika halamannya kubuka, sebuah pesan yang meyebalkan langsung muncul: "video tidak tersedia di wilayah anda".

    [​IMG]

    Ok, gimana kalau aku rela mengeluarkan uang untuk menyaksikan Anime terbaru? Nggak bisa. Selama konten Jepang belum mendapat ijin spesifik untuk boleh diakses dari Indonesia, kamu nggak bisa mengaksesnya secara resmi baik itu gratis maupun berbayar.

    Tentunya pembatasan akses bisa dengan mudah diakali dengan penggunaan Proxy, tapi hal ini jadi berpindah ke area "abu-abu" sisi hukum. Apalagi Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring sudah secara eksplisit menyebutkan konten "Manga" melanggar undang-undang.

    44. Soal komik manga, hamster, hentai juga diblokir, karena memuat konten dan gambar2 porno secara vulgar. Ini melanggar undang2...— Tifatul Sembiring (@tifsembiring) August 1, 2014


    Selain itu kalaupun konten Jepang akhirnya bisa secara resmi dinikmati di Indonesia, para fans masih diganggu dengan kualitas yang kurang memuaskan bila dibanding dengan konten hasil bajakan. Yups, bajakan hasil kerja keras tim fansub dan scanlation bukan hanya punya terjemahan kualitas tinggi tapi juga kualitas audio-visual yang mantap. Mereka nggak hanya menterjemahkan lirik lagu opening dan ending, mereka juga meyajikannya dengan efek teks yang memanjakan mata. Kepiawaian dalam menghias teks juga terasa manfaatnya ketika tidak ada dialog verbal antar tokoh tetapi ada informasi dalam betuk tulisan di layar. Misalnya ada papan nama bertuliskan "温泉" muncul. Pada versi resmi tulisan ini akan dibiarkan begitu saja, sedangkan pada versi bajakan tulisan tersebut akan dimodifikasi menjadi "Pemandian Air Panas".

    [​IMG]

    Hmm, lalu website apa saja yang bermasalah? Daftar lengkap website yang terlibat dalam pembajakan telah diberikan oleh pemerintah Jepang di dalam file PDF ini. Daftar website scanlation untuk Manga, fansub Anime, layanan Direct Download, dan Torrent disajikan pada halaman 11-21. YouTube (website berbagi video terbesar milik Google) mendapat kursi spesial sebagai situs video bajakan nomor 1.

    Link berguna:
    Backup link PDF website bajakan
    Website resmi M.A.G
    Website resmi METI
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini
  2. Anonymous 5 SD Level 2

    Messages:
    665
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    54
    Game:
    Tidak Ada
    gmn nasibnya nanti susah nonton anime
     

Share This Page