Kaleidoskop Serangan Siber Tahun 2014

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jan 15, 2015.

Discuss Kaleidoskop Serangan Siber Tahun 2014 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,101
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Kaleidoskop Serangan Siber Tahun 2014

    Tahun 2014 telah berlalu & 2015 sudah dijalani dengan membawa sejuta harapan. Berbicara tentang serangan siber, tahun 2014 adalah tahun di mana jumlah serangan siber meningkat dengan pesat. Salah satu lembaga keamanan yg menerbitkan produk antivirus yaitu Kaspersky menerbitkan kaleidoskop serangan siber yg terjadi di tahun 2014 lalu. Kaleidoskop tersebut menjadi sebuah refleksi bagi organisasi khususnya di Indonesia untuk selalu mewaspadai segala bentuk serangan siber di tahun 2015 ini.

    Berdasarkan riset dari Kaspersky, para ahli melihat pertumbuhan yg cukup tinggi dalam hal jumlah serangan berbahaya pada komputer & perangkat mobile para pengguna, perkembangan lebih lanjut dari malware keuangan serta perubahan dalam vektor serangan web. Pada tahun 2013, sebagian besar serangan web yg dilakukan menggunakan sumber daya web berbahaya yg terletak di Amerika Serikat & Rusia. Sementara pada tahun 2014 Jerman menjadi inang dari situs yg lebih berbahaya daripada negara lainnya kecuali Amerika Serikat & Belanda tetap berada di tempat ke-3.

    2014 Dalam Angka

    6,2 miliar serangan berbahaya pada komputer & perangkat mobile para pengguna diblokir oleh produk antivirus Kaspersky Lab pada tahun 2014, meningkat satu miliar lebih dari tahun 2013.38% dari pengguna komputer menjadi sasaran setidaknya mengalami sekali serangan web sepanjang tahun.44% serangan web yg dinetralkan oleh produk Kaspersky Lab dilakukan dengan menggunakan sumber daya web berbahaya yg terletak di Amerika Serikat (27,5% dari semua serangan) & Jerman (16,6%). Belanda (13,4%) berada di posisi ke-3.Upaya untuk mencuri uang melalui akses online ke rekening bank diblokir di hampir 2.000.000 komputer pengguna.Antivirus web dari Kaspersky Lab mendeteksi lebih dari 123.000.000 benda berbahaya yg unik: 74% dari mereka ditemukan di URL berbahaya.Sebanyak 3,7 juta upaya untuk menginfeksi komputer berbasis OS X diblokir oleh produk Kaspersky Lab.Rata-rata pengguna Mac menemukan 9 ancaman selama setahun.
    Ancaman Mobile

    295.500 program ponsel baru yg berbahaya, 2,8 kali lebih banyak dibanding tahun 2013.12.100 virus Trojan mobile banking, 9 kali lebih banyak dari tahun lalu.53% serangan yg melibatkan virus Trojan ponsel menargetkan uang pengguna (SMS-Trojan, Trojan perbankan)19% pengguna Android (satu dari lima) mengalami ancaman seluler setidaknya sekali selama setahunSerangan malware ponsel terdaftar di lebih dari 200 negara di seluruh dunia.
    Ancaman Keuangan

    Para penipu yg mengkhususkan diri pada malware keuangan ponsel mungkin terinspirasi oleh “rekan” mereka yg berpengalaman yg telah mencuri uang melalui komputer pribadi selama bertahun-tahun. Zeus tetap menjadi Trojan perbankan paling luas menginfeksi beserta dengan ChePro & Lohmys pada posisi kedua & ketiga. Tiga perempat dari serangan yg menargetkan uang pengguna dilakukan dengan menggunakan malware perbankan tetapi ini bukan satu-satunya ancaman keuangan. Pencurian dompet Bitcoin adalah ancaman perbankan yg paling populer kedua (14%). Perangkat lunak pertambangan Bitcoin (10%) adalah ancaman lain yg terkait dengan mata uang kripto.

    Maria Garnaeva, Ahli Keamanan di Kaspersky Lab Global Research and Analysis Team, mengatakan: “Salah satu cara yg paling efektif untuk menyampaikan malware ke komputer pengguna adalah dengan mengeksploitasi kerentanan dalam Oracle Java & di browser seperti Explorer, Mozilla Firefox, dll. Selain itu, para penjahat siber terus menggunakan eksploitasi untuk kerentanan Adobe Reader. Teknik infeksi ini tetap populer hanya karena teknik rekayasa sosial masih efektif. Setiap tahun kita melihat bagaimana para penjahat siber secara kreatif menggunakan cara yg lebih inventif untuk memikat korban mereka. Itulah sebabnya penerima masih bersedia untuk membaca e-mail yg tampaknya tidak berbahaya dari sumber yg tak terduga & kemudian membuka lampiran or mengikuti link yg mengekspos mereka untuk program jahat.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenKaleidoskop Serangan Siber Tahun 2014 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page