Kepolisian Thailand Membuat Aplikasi Palsu Untuk Memata-matai Warganya

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jun 21, 2014.

Discuss Kepolisian Thailand Membuat Aplikasi Palsu Untuk Memata-matai Warganya in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Kepolisian Thailand diduga membuat aplikasi palsu untuk mengakses data pribadi pengguna Facebook di negaranya. Aplikasi tersebut bekerja jika pengguna mencoba mengakses sebuah situs yang diblok oleh pemerintah. Hal ini dilaporkan oleh organisasi yang mengkampanyekan kebebasan Internet Thailand, Thai Netizen Network pada Kamis melalui situs resminya.
    Aplikasi ini berjalan ketika pengguna Internet mencoba mengakses situs yang diblok oleh pemerintah, halaman situs ini akan langsung masuk ke halaman dengan alamat url tcsd.info. Pada halaman situs tersebut akan muncul pemberitahuan bahwa pengguna tidak dapat masuk ke dalam situs yang diblok tersebut.
    Maaf untuk ketidaknyamannya. Informasi yang anda minta telah diblok oleh Central Investigation Bureau dan Royal Thai Police. Pada halaman situs ini juga terdapat halaman TCSD, jika pengguna ingin melayangkan keluhan atau pertanyaan.
    Halaman situs tersebut membuat pengguna tertipu untuk agar masuk ke dalam aplikasi palsu mirip item Login pada Facebook. Jika pengguna masuk, maka akun Facebook tersebut dapat dibobol.
    Pada laman situs ini terdapat empat item mencurigakan yaitu close,sign in with Facebook,sign in with Google dan sign with Microsoft. Jika pengguna masuk mengklik item close dan sign in with Facebook, maka situs ini akan meminta anda untuk meminta ijin pengguna untuk masuk ke Login untuk mengakses alamat email dan profil pengguna.
    Jika pengguna mengklik sign in with Google situs ini akan menyambungkan ke halaman Google yang juga meminta kepada pengguna untuk masuk ke aplikasi TCSD yang digunakan untuk mengakses informasi pada Facebook kita.
    TCSD sendiri adalah kepanjangan dari Technology Crime Supression Division Police. Pada halaman situs tersebut juga terdapat logo Kementerian Teknologi Komunikasi dan Informasi Thailand, Royal Thai Police, TCSD dan Central Investigation Bureau.
    Seperti yang dilaporkan oleh media setempat, kelompok Thai Netizen Network telah melaporkan hal ini pada Kamis malam waktu setempat, dan pada Jumat pagi item close pada laman ini menghilang. Namun item, sign in with Facebook tetap ada apa, dan jika pengguna mengklik maka akan masuk ke halaman yang menampilkan aplikasi TCSD dan akan melakukan langkah seperti yang dilakukan aplikasi ini sebelumnya.
    Sebelumnya pada akhir Mei lalu, penasihat junta yang bertanggung jawab terhadap penyensoran Internet di Thailand, Mayor Jenderal Pisit Paoin mengatakan pada media bahwa pemerintah Thailand berencana memata-matai situs media sosial dan aplikasi chat. Langkah ini diambil pemerintah Thailand untuk mengidentifikasi atau menangkap warga yang mencoba menyebarkan konten ilegal.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page