Lagu Gloomy Sunday Lagu Yg Membawa Kematian

Discussion in 'Arsip Lama' started by blitzter, Aug 18, 2010.

Discuss Lagu Gloomy Sunday Lagu Yg Membawa Kematian in the Arsip Lama area at Nyit-Nyit.Net

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blitzter TK 0 Kecil Level 2

    Messages:
    77
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    33
    kalo repost ya emang lah
    lagu ini sih udah terkenal bikin bunuh diri
    nah gw cuma ngabarin aja ada yg uda tau?
    tapi jgn denger
    kalo abis denger nanti bisa mati

    Btw, ada yang sudah pernah mendengar lagu Gloomy Sunday belom ? Sebuah lagu yang sangat terkenal sebagai lagu bunuh diri, karena banyak kasus bunuh diri terjadi setelah mendengarkan lagu ini.


    Rezső Seress<<abang pencipta neh

    Awal sejarahnya lagu ini diciptakan oleh seorang pianis sekaligus komposer asal Hungaria yaitu Rezső Seress yang dia beri judul Szomorú Vasárnap yg juga berarti Gloomy Sunday pada tahun 1933. Lagu tersebut ditulis berdasarkan puisi yang di tulis oleh László Jávor yg menceritakan tentang seorang penyanyi yang depresi akibat kematian kekasihnya dan ingin bunuh diri. Dan kenyataannya, sesaat setelah lagu itu dirilis ... László Jávor mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

    Semenjak awal diciptakannya lagu itu, banyak peristiwa bunuh diri terjadi bagi mereka yang mendengarkan dan juga menyanyikan lagu itu. Dan pada puncaknya yaitu sekitar tahun 1941, seorang musisi asal Inggris yaitu Billie Holiday menyanyikan lagu itu dan menjadi hits di putar di radio2. Tapi akibat yang terjadi banyak ratusan kasus bunuh diri terjadi setelah lagu itu diputar di radio2 Inggris, Amerika maupun Hungaria. Hal ini yang menyebabkan kegelisahan stasiun radio saat itu dan mereka depresi untuk mengudara kembali pasca kejadian itu. Lalu mulai mem-banned lagu tersebut untuk di putar lagi di radio-radio. Dan statiun radio Inggris BBC pun memasukan lagu tersebut sebagai lagu terlarang untuk diputar di radio mereka. Dari Inggris lalu ke Amerika untuk mem-banned lagu tersebut serta di Hungaria sendiri sebagai tanah kelahiran dari lagu tersebut.

    Lagu itu kemudian menjadi sebuah legenda, dimana pendegarnya pasti berinisiatif untuk mengakhiri hidupnya. Termasuk penciptanya sendiri yaitu Rezső Seress yang mengakhiri hidupnya dengan melompat dari jendela apartemennya pada tahun 1968. Disaat yang sama surat kabar terkenal di Amerika yaitu New York Times menulis artikel tentang itu, dan berikut cuplikannya :

    “ Budapest, January 13. Rezsoe Seres, whose dirge-like song hit, "Gloomy Sunday" was blamed for touching off a wave of suicides during the nineteen-thirties, has ended his own life as a suicide it was learned today.

    Authorities disclosed today that Mr. Seres jumped from a window of his small apartment here last Sunday, shortly after his 69th birthday.

    The decade of the nineteen-thirties was marked by severe economic depression and the political upheaval that was to lead to World War II. The melancholy song written by Mr. Seres, with words by his friend, Ladislas Javor, a poet, declares at its climax, "My heart and I have decided to end it all." It was blamed for a sharp increase in suicides, and Hungarian officials finally prohibited it. In America, where Paul Robeson introduced an English version, some radio stations and nightclubs forbade its performance.

    Mr. Seres complained that the success of "Gloomy Sunday" actually increased his unhappiness, because he knew he would never be able to write a second hit. "

    Hit lagu Gloomy Sunday juga mengakhiri hidupnya, karena setelah menciptakan lagu tersebut ia sendiri tidak bisa membuat lagu lagi yang bisa menjadi hit karena dari lagu itu sudah menambah keputusasaan dia tentang hidup. Selain itu ada juga kasus bunuh diri yang dilakukan oleh Biliy Mackenzie, vokalis band The Associates pada tahun 1997 yang meng-cover lagu Gloomy Sunday versi Billie Holiday di tahun 1982). Dia mengakhiri hidupnya di rumah ayahnya di Dundee.

    Nah pada tahun 1941, Billie Holiday menyanyikan Gloomy Sunday yang liriknya ditulis oleh Sam Lewis ... dan begini liriknya :

    Gloomy Sunday

    Sunday is gloomy, my hours are slumberless
    Dearest the shadows I live with are numberless
    Little white flowers will never awaken you
    Not where the black coach of sorrow has taken you
    Angels have no thought of ever returning you
    Would they be angry if I thought of joining you?

    Gloomy Sunday

    Gloomy is Sunday, with shadows I spend it all
    My heart and I have decided to end it all
    Soon there'll be candles and prayers that are sad I know
    Let them not weep let them know that I'm glad to go
    Death is no dream for in death I'm caressing you
    With the last breath of my soul I'll be blessing you

    Gloomy Sunday

    Dreaming, I was only dreaming
    I wake and I find you asleep in the deep of my heart, here
    Darling, I hope that my dream never haunted you
    My heart is telling you how much I wanted you

    Gloomy Sunday

    Please, don't kill yourself after listening this song !

    Daftar Musisi
    yg pernah membawakan Gloomy Sunday

    1935: Pal Kalmar (this is by many considered the original and "the granddaddy of them all")
    1935: (UK): Paul Robeson (released in the US in 1936; Desmond Carter lyrics)
    1935: Pyotr Leschenko (in Russian, under title "Mratschnoje Woskresenje")
    1936: Damia (in French, under the title "Sombre Dimanche", recorded on February 28, lyrics by Jean Marèze and François-Eugène Gonda, music by Rezső Seress)
    1936: Hal Kemp
    1936: Paul Whiteman
    1936: Noriko Awaya (in Japanese, under title "Kurai Nichiyōbi")
    1936: Taro Shoji (in Japanese, under title "Kurai Nichiyōbi")
    1940: Artie Shaw, 3 March. Pauline Byrne vocal.
    1941: Billie Holiday
    1957: Josh White
    1958: Mel Tormé
    1958: Ricky Nelson (released posthumously)
    1959: Eila Pellinen (in Finnish as "Surullinen sunnuntai")
    1961: Sarah Vaughan
    1962: Lou Rawls
    1967: Carmen McRae
    1968: Genesis (U.S. band unrelated to the well-known British band)
    1969: Ray Charles
    1979: Lydia Lunch
    1981: Elvis Costello & the Attractions (Trust)
    1982: Associates (Sulk)
    1983: Marc and the Mambas
    1983: Swans Way
    1983: Jacques Calonne (Ténor Mondain) (in French, under the title "Sombre Dimanche", lyrics credited to László Jávor, but probably the ones by Jean Marèze and François-Eugène Gonda)
    1984: Peter Wolf (Lights Out)
    1985: Harri Marstio (in Finnish under title "Surullinen sunnuntai")
    1986: Christian Death
    1988: Serge Gainsbourg (Le Zénith de Gainsbourg) (in French)
    1991: Vlado Kreslin (Bela nedelja, in Slovene)
    1991: The Singing Loins (Songs For The Organ)
    1992: Diamanda Galás (The Singer) (Desmond Carter lyrics)
    1992: Sinéad O'Connor (Am I Not Your Girl?)
    1995: Gitane Demone
    1996: Sarah McLachlan (Rarities, B-Sides and Other Stuff)
    1996: Mystic (The Funeral soundtrack)
    1998: Marianne Faithfull
    1998: Satan's Sadists (On the compilation Their Sympathetic Majesties Request)
    1999: The Smithereens (God Save the Smithereens)
    1999: Björk
    2000: Kronos Quartet
    2000: Sarah Brightman
    2001: Iva Bittová (The Man Who Cried)
    2001: Heather Nova (South)
    2002: Rob Coffinshaker (Live at the Cemetery) 7" EP
    2003: Edvin Marton
    2003: Hot Jazz Band
    2003: Priscilla Chan (with changed lyrics, pop, Cantonese, titled "Gloomy Sunday")
    2004: Branford Marsalis (Eternal)
    2005: Yellow Spots (Psychobilly)
    2005: Eminemmylou featuring Legs MC (raps added, turned into anti-suicide anthem)
    2005: Venetian Snares (Rossz csillag alatt született - a remix of Billie Holiday's version)
    2006: Emilie Autumn
    2006: Tsukimono (on Famousfor15mb.com)
    2006: Angéla Póka (live) (performing Szomorú Vasárnap live during Megasztár)
    2006: Red Sky Mourning
    2006: Luc�*a Jiménez (for the movie the Kovak Box inspired by the song)
    2006: Zaorany kytky (band from Czech republic)
    2007: Candie Payne
    2007: The Unbending Trees (live)
    2008: Ivana Wong
    2008: The Unbending Trees UK only bonus track on their album.
    2008: Paris Jones Canadian Singer
    2008: Saori Yano Tokyo saxophonist, Billie Holiday tribute CD.
    2009: Aliyah Hussain
    *mana 2010?
    Gloomy Sunday
    by. Various Artist



    Genre : Classic, Jazz, Trip Hop, Folk, Pop, Ballad, Rock, Electronic, A Capella, Black Metal

    tracklist

    01. Rezso Seress (Original)
    02. Billie Holiday & Her Orchestra
    03. Paul Robeson
    04. Mel Torme
    05. Björk
    06. Heather Nova
    07. Kronos Quartet
    08. Genesis
    09. Sarah McLachlan
    10. Lydia Lunch
    11. The Smithereens
    12. Sarah Brightman
    13. Emilie Autumn
    14. Venetian Snares
    15. Negator


    note : menurut ilmu pengetahuan ilmiah pak dondon
    jika mendengar lagu ini (kalo tau artinya) sipendengar akan berisianatifafsagjwapapalah gw lupa oh ya baru inget ber ini
    langsung ke topik kalo ngedenger lagu nih
    Bahkan, katanya apabila lagu Gloomy Sunday ini dimainkan tanpa lirik (suara penyanyi) atau hanya berupa instrumental saja maka pendengarnya akan tertidur berat dan mengalami mimpi buruk yang kelihatan nyata sekali.<<tuh dari porum cebelah rumah ke 3 blom m

    ati ati ye all
    nih porum kalo mo donlod lagunye

    http://www.4shared.com/audio/PwNCnbEt/gloomy_sunday.htm

    selamat tinggal all
    happy in heaven

    sumber : Please sign in/up to view this image/link
     
    3 people like this.

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini
  2. brokenofalay TK 0 Kecil Level 1

    Messages:
    69
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    33
    ah masa seh kalo cuma dngarin sama nyanyi aja sampe bunuh diri atau yg lain ? kalo bunuh diri itu mah mngkin gara2 stress aja kale lagian kita kan gak tau sebab dia bunuh diri apakah gara2 lagu itu atau mngkin dia membuat lagu itu sesuai dengan kehidupannya (Rezső Seress) yg mencritakan bunuh diri akibat kematian kekasihnya .
    itu orang2 yang ada di daftar yg pernah nyanyikan lagu itu sudah meninggal semua ? kalo emg meninggal mah mngkin udah ajalnya so stiap manusia pasti akan kembali kepada ***** nya masing2 .

    mau unduh lagu nya dulu mau coba dengarin .
     
  3. sarka TK 0 Kecil Level 2

    Messages:
    93
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    33
    beneran ga tuh gan

    wa coba denger musicna ah ^^


    [NYOBA MODE ON]
     
  4. Ninja_Boy 2 SD Banned

    Messages:
    397
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    0
    kalo menurut gw seh ini cuma sugesti aja
    padahal seh neh lagu biasa aja, semua karena SUGESTI
    btw
    nice inpooh gan
     
  5. black890 TK 0 Besar Level 2

    Messages:
    129
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    kaga percaya gw. masa dengerin lagu langsung bunuh diri?(tapi gw belom berani dengerin lagunya)
    hahaha! kaga mungkin tuh. jaman udah modern gini, msih aja percaya ama yg bgituan!
     
  6. MaNiAcRf TK 0 Besar Level 1

    Messages:
    122
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Lagu Yang Aneh , Sampe Merinding Gw Dengernya T_T

    Doain Gw Mudah"an Ga Mati Guys hahaha
     
  7. hyperaby 6 SD Level 2

    Messages:
    909
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    @^ Bneran? gw ga berani dengerin.. lagi kayaknya bukan selera gw

    tapi kalo kasus Bunuh Diri itu.. kayaknya mungkin orang yang gak sadar aja deh.. kecuali kalo itu lagu ada Brainwave nya, baru masuk akal
    btw, Gev Lw udah coba dengerin?? Ngomong2 Artis yang namanya Dipajang itu masuk Ke Kamar Mayat semua???
     
  8. nagare1 Pra TK Banned

    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Glek. baru denger gosipnya uda keder mau denger Glek bener.. wkwkwk
    unduh dl dah. lagunya di setel kalo ada yg depresi kerja tugas. biar bunuh diri pake pensil dah. 2b. stedler/faber castell bole.
    gila gw bingung antara nekat denger ato gak. takut tapi penasaran bgm. oh.. bookmark thread dl. sapa tau ada anak n3 suicide korban lagu. mohon post di thread yah. serem..
     
  9. brokenofalay TK 0 Kecil Level 1

    Messages:
    69
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    33
    setelah saya mendengar lagu nya .
    ia seh lumayan seram tuh lagu.
    tp coba deh bayangin kalo semua orang yg dengar meninggal dan ada yg stress juga.
    kalo bunuh diri atau stress mngkin wajar .
    yg bunuh diri dan stress mreka mngkin mengalami kejadian yg sama dengan lagu itu dan mreka mendengarkan lagu itu sampe dihayati gitu.
    yah mngkin lagu ini bisa ngehipnotis dengan tempo dan nada dari lagu trsebut.
     
  10. adityadirga Pra TK Level 1

    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    28
    Untung ane gak terlalu bisa bahasa inggris, klo ngerti mungkin ane juga ngikut2 kek penyanyi lagi itu ( tapi jangan ampe dech amit2 gw mokat karena terlalu berhayal tentang lirik lagu yang begitu menyayat hati )

    Tapi salut untuk pencipta lagu ini, walaupun butuh pengorbanan karena menghadapi cobaan hidup yang begitu menyakitkan, sampai pada akhirnya dialah sendiri yang menjadi korban atas karya yang ia buat sendiri.
     
  11. N3rion -Nimble Sneaker- Level 2

    Messages:
    516
    Likes Received:
    89
    Trophy Points:
    53
    gw donlot lagunya ah..
    tapi ntr besok aja gw dengerin nya atow abis imsak, gw takut lagi tidur sendirian nih... ahahahah
    thanks gan menarik jg nih infoh.. asdasdasdas mantra manjurrr http://n3.vc/L5
     
  12. brokenofalay TK 0 Kecil Level 1

    Messages:
    69
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    33
    gue udah dnger kok lagu nya .
    yah lagu nya serem + sedih kalo di hayat trus tau artinya mngkin aja tuh bisa trjadi . haha
    tp keren kok lagu nya .
    :D
     
  13. divide Pra TK Level 1

    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    26
    Game:
    Dragonest
    Region:
    Banten
    akh.. serem ah..
    itu orang pada yg bunuh diri stressnya kambuh kali waktu denger tu lagu :eek:
     
  14. FrankyStrike 1 SD Level 2

    Messages:
    264
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    43
    ini macem lagu2nya enya.. trus yg secret garden gitu...
    bagi orang indonesia mungkin lirik kyk gitu kurang mengena.. tapi bagi mreka lirik seperti itu mungkin terasa banget dihati..
    lagipula kalo di artikan bener2 bisa saja bikin orang sampe bunuh diri gan....
    tp manteb juga lagunya, mayan buat nambah koleksi lagu song from hell.. ahahahaha.....
     
  15. MaNiAcRf TK 0 Besar Level 1

    Messages:
    122
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Yupz Setubuh Gan , Tmn Ane Jg Sampe Nekat Pingin Akhiri Hidupnya ( Gara" Gw Itu Juga )

    Tapi Untungnya Ga Jadi Hahaha , Kata Tmn" Gw , "Hidup Itu Bukan Ditentuin Sama Lagu"

    Dianya Langsung Diem

    huft huft
     
  16. K3nJi Pra TK Level 1

    Messages:
    40
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8

    Masih hidup gan....?
    klo masih hidup gw dengerin nih lagunya...

    haha....just kidding...
     
  17. volcadotz Pra TK Level 1

    Messages:
    32
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    33
    tambahan
    2010 — Andrew Veskoukis Overture to Death (in Greek adaptation)
    2010 — Anna von Hausswolff (on Track of Time)
    2010 — MiD DERACINE (in Japanese as "SOMBRE DIMANCHE")
    credit to wikipedia
    skalian coba sedot ah laguny :ngacir:
     
  18. black890 TK 0 Besar Level 2

    Messages:
    129
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    all. gw udah dengerin lagunya sampe abis. menurut gw, lagunya sama kaya love song lain! hanya kita yg menakuti diri kita sendiri!
    atau mungkin karna gw kaga tw artinya apa kali ya?
     
  19. blitzter TK 0 Kecil Level 2

    Messages:
    77
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    33
    @ALL

    makasih buat thread ne rame

    but wa dah coba n mayan serem sampe wa ga isa tidur mpe sahur

    Brrrr

    tapi wa ga sangka padahal ni thread kirain ga penting

    eh ternyata

    hehehehehehh

    emang serem yah baca liriknya aza serem apa laghi laghunya

    brrr
     
  20. mixmax TK 0 Besar Level 1

    Messages:
    164
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    44
    Cuman sugesti kek na...
    coz saia masih hidup nih... :yahoo:
    apa karena saia ndak tau artinya ya n kurang penghayatan??? :unsure:

    tapi ndakpp dh dari pada ikut"an bunuh diri beneran... :suicide:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page