Liga Indonesia Legenda Persija Jakarta Dan Persib Bandung Wafat

Discussion in 'Bola' started by Bola, Feb 15, 2015.

Discuss Legenda Persija Jakarta Dan Persib Bandung Wafat in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,317
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Sepakbola Indonesia kembali berduka, setelah salah satu pemain legenda Indonesia, Thio Him Tjiang, wafat, Sabtu (14/2). Him Tjiang wafat pada usia 85 tahun, dan jenazahnya kini disemayamkan di Rumah Duka Abadi, Daan Mogot, Jakarta Barat.

    Mungkin generasi saat ini masih belum banyak yang mengetahui kiprah pemain keturunan Tionghoa itu. Dia adalah pemain timnas Indonesia di era 1950-an. Bersama timnas Indonesia, Him Tjiang tampil dalam sejumlah event besar seperti Olimpiade Melbourne (1956), Pra Piala Dunia di Tiongkok (1957), Merdeka Games di Kuala Lumpur (1957 dan 1958), Pra Olimpiade Roma (1960). Ia juga ikut timnas melakoni tur ke Uni Soviet dan Eropa pada 1956.

    Yang paling berkesan adalah, ketika itu dia ikut membawa timnas mengimbangi Uni Soviet tanpa gol di perempat final Olimpiade Melbourne 1956. Ketika itu, Uni Soviet yang menjadi raksasa sepakbola dunia diperkuat kiper legendaris Lev Yashin. Sayang, di pertemuan kedua tim Merah Putih takluk dengan skor 4-0, dan Uni Soviet pada akhirnya menjadi juara cabang sepakbola Olimpiade 1956.

    Berbicara soal klub yang dibelanya, Him Tjiang mengawali karier bersama klub Union Makes Strength (UMS), yang dilatih Endang Witarsa. Di awal kariernya Him Tjiang adalah pemain depan (kiri dalam) namun di bawah asuhan pelatih timnas Indonesia (1954-1964) Tony Pogacnik posisi Him Tjiang diubah menjadi bek kiri. Ia dikenang publik sebagai bek kiri yang tangguh dalam menghalau lawan.

    Dia juga dikenal dengan julukan Si Kaki Lady. Julukan itu diberikan karena ia termasuk pemain yang jarang didera cedera hingga memiliki kaki yang hampir mulus seperti seorang wanita.

    Kemudian, selama delapan tahun anak dari Thio Kioe Sen (mantan kiper UMS era 1920-1936) ini memperkuat Persija Jakarta (1953-1961). Bersama tim Macan Kemayoran, Him Tjiang ikut memberikan gelar juara pada 1954. Him Tjiang melanjutkan kariernya ke Persib Bandung.

    Di klub tersebut, pemain kelahiran 28 Agustus 1929 ini hanya bermain satu musim pada 1961. Namun, dia langsung membawa Persib menjadi juara di tahun itu. Menariknya, tim yang ditaklukkan Persib di laga final adalah Persija yang merupakan mantan klub Him Tjiang, dengan skor 3-1.

    Selamat jalan Opa Thio Him Tjiang....

    liga indonesia isl, live score, wikipedia, pes 2013, divisi 1, 2014, super, Legenda Persija Jakarta Dan Persib Bandung Wafat
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page