Pertumbuhan Satu Dekade OLX di Indonesia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 26, 2016.

Discuss Pertumbuhan Satu Dekade OLX di Indonesia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,760
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    OLX Indonesia merayakan sepuluh tahun mereka beroperasi di Indonesia. Pada acara yg digelar di Jakarta, Selasa (26/01), OLX menjelaskan bahwa situs mereka mengalami pertumbuhan signifikan dalam kurun waktu dua tahun terakhir. CEO OLX Indonesia, Daniel Tumiwa, menyatakan bahwa perkembangan selama satu dekade bukan waktu yg singkat & mudah untuk dijalani.

    “Satu dekade ini menjadi perjalanan yg sangat berarti untuk OLX Indonesia, karena dapat menjadi bagian dari perkembangan industri jual beli online. Saat ini pengguna telah mengetahui platform yg diinginkannya, sehingga OLX Indonesia hanya perlu terus berupaya menghadirkan yg terbaik,” ujar Daniel.
    Mayoritas mengakses dari perangkat mobile
    OLX Indonesia mencatat lebih dari tiga miliar pageview & dengan total listing produk lebih dari empat juta iklan setiap bulannya. Sebagai informasi tambahan, masing-masing kunjungan ke situsnya berdurasi 10 menit.

    Daniel menjelaskan, perangkat mobile juga menjadi faktor penting dalam pertumbuhan OLX Indonesia. Dari total keseluruhan kunjungan situs OLX Indonesia, 90 persen di antaranya berasal dari perangkat mobile. Dari keseluruhan perangkat mobile tersebut, 65 persen berasal dari platform Android.

    Berdasarkan penelitian internal yg dilakukan OLX Indonesia, kategori produk paling populer dengan jumlah iklan terbanyak adalah elektronik & gadget. Di posisi kedua dalam daftar ini ditempati oleh motor, disusul oleh motor, lalu baru produk-produk lainnya.

    [​IMG]OLX Indonesia “diramaikan”740.000 iklan baru per bulan, dengan nilai transaksi sebesar Rp500 miliar per bulan pada kategori elektronikkhususnya smartphone. Sementara itu, pada kategori motor tercatat sebanyak 434.000 listing produk per bulan, dengan nilai transaksi sebesar Rp1,2 triliun per bulan. Berikutnya adalah kategori mobil dengan 430.000 listing produk per bulan dengan nilai transaksi Rp10,6 triliun per bulan.

    Untuk nilai transaksi, Daniel menyebutkan bahwa total transaksi mengalami puncaknya pada Desember 2015. Pada bulan itu, terjadi 1,4 juta transaksi dengan nilai total sebesar Rp16 triliun.

    Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa secara global terdapat 260 juta pengguna aktif bulanan OLX, dengan kunjungan yg mencapai 1,9 miliar pageview per bulan. Tak hanya itu, aplikasi OLX juga diklaim sebagai aplikasi Android terbaik di Google Play Store di 27 negara.
    Polesaplikasimobile & pertimbangkanescrow
    Menurut Daniel, OLX Indonesia telah menerapkan model bisnis untuk memonetisasi situs melalui fitur On Site Promotion. OLX Indonesia akan membebankan sejumlah biaya untuk pengiklan yg ingin menikmati fitur baru OLX, yaitu Sundul Iklan & Top Listing.

    Selain itu, penetrasi smartphone & perangkat mobile setahun belakangan ini dinilai sebagai tantangan oleh OLX Indonesia. Semua pemain besar di ranah e-commercesudah menyadari ini & mulai beralih ke mobile.

    Karena itu, aplikasi mobile turut menjadi fokus utama OLX Indonesia di masa mendatang. Fokus OLX Indonesia dalam aplikasi mobile diwujudkan melalui pembaruan pada tampilan aplikasi agar lebih menarik & informatif, serta kehadiran fitur chat untuk mempermudah komunikasi antara penjual & pembeli.

    Disinggung soal fitur rekening bersama / escrow, Daniel menjelaskan kalau OLX Indonesia telah mempersiapkan hal tersebut. Namun pihaknya belum memutuskan untuk meluncurkannya dalam waktu dekat. Ia mengatakan fitur tersebut akan diluncurkan jika memang dibutuhkan oleh pengguna.

    Persaingan e-commerce & marketplace bukan lagi ke arah variasi produk yg ditawarkan, namun lebih kenyamanan pengguna saat mengakses aplikasi mobile yg ditawarkan. Perjalanan OLX yg berhasil mencapai usia satu dekade tentunya menandakan ranah startup e-commerce Indonesia tumbuh kian positif.

    Menurut kamu, selain OLX Indonesia, startup apalagi yg akan panjang umurnya?

    Baca juga: Lanskap Startup Teknologi di Indonesia Tahun 2015 (INFOGRAFIS)(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page