Pocket, Simpan Artikel Dari Web untuk Dibaca Nanti

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 27, 2015.

Discuss Pocket, Simpan Artikel Dari Web untuk Dibaca Nanti in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,762
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Perangkat smartphone identik dengan kebutuhan data internet. Hampir semua aplikasi mobile membutuhkan koneksi internet untuk berfungsi. Salah satu aplikasi yg sering digunakan oleh pengguna Android / iOS adalah browser web, baik itu untuk mencari informasi ataupun sekadar menonton video di YouTube. Lalu, bagaimana jika kuota internet kamu terbatas, tapi tetap ingin membaca informasi dari internet?

    Jawabannya adalah aplikasi Pocket. Aplikasi ini menawarkan solusi yg tepat, khususnya buat kamu yg kuota internetnya terbatas. Pocket dapat menyimpan berbagai informasi, mulai dari artikel hingga gambar, yg dapat dibuka kapan pun & di mana pun tanpa membutuhkan koneksi internet.
    Mudah & cepat
    [​IMG]

    Begitu dibuka, pengguna akan diberikan panduan sederhana cara menggunakan aplikasi ini. Tutorial awal akan menggunakan browser Google Chrome. Pengguna diberikan pilihan untuk mengikuti panduan / langsung melewatinya dengan tap tombol Skip di kiri bawah. Jika kamu pertama kali menggunakan Pocket, sebaiknya ikuti panduan yg diberikan.

    Tap ikon Google Chrome untuk mencoba panduannya. Secara otomatis, Pocket akan membuka Chrome dengan menu berupa cara menyimpan sebuah artikel. Ada empat langkah untuk melakukannya, yaitu membuka halaman yg ingin disimpan, tap tombol menu di smartphone, pilih Share, & pilih Add To Pocket.

    Hal ini juga berlaku pada aplikasi browser lainnya seperti UC Browser maupun Baidu. Cukup mudah, bukan?

    Apa saja yg bisa disimpan oleh Pocket? Aplikasi ini bisa menyimpan artikel, gambar, & video. Sayangnya, untuk video, Pocket hanya bisa menyimpan tautannya saja, sehingga kamu tetap membutuhkan koneksi internet jika ingin menontonnya.

    Tampilan Pocket cukup sederhana dengan dua menu utama, yaitu My List & Recommended. Menu My List berisi daftar artikel apa saja yg telah disimpan. Cukup tap judul artikel untuk membukanya.

    Jika kamu menyimpan sebuah artikel melalui browser, maka secara otomatis artikel tersebut disimpan dalam article view. Untuk beberapa situs, Pocket akan menyimpannya dalam bentuk website view.

    Tampilan article view memungkinkan pengguna hanya mendapatkan tulisan & gambar yg berkaitan dengan isi artikel. Hal-hal lain yg tidak ada hubungannya secara otomatis akan disembunyikan. Minimnya distraksi ini membuat pengguna bisa lebih fokus membaca artikel. Sedangkan browser view menampilkan artikel dalam halaman seperti pada situs aslinya.

    Jika ingin menambahkan artikel, kamu bisa menggunakan dua menu di bagian bawah, yaitu From your Apps & From your Computer. From your Apps akan membawa pengguna kembali ke halaman tutorial.

    Sedangkan menu From your Computer berguna untuk menggunakan Pocket di komputer. Nantinya kamu akan menerima e-mail dari Pocket mengenai bagaimana cara menggunakan versi komputernya beserta tautan untuk mengunduhnya.

    Menu Recommended berisi rekomendasi artikel-artikel dari seluruh dunia. Sama dengan My List, kamu cukup tap salah satu judul untuk membukanya. Tampilan pada Recommended telah diatur untuk muncul dalam bentuk article view.
    Baca juga: 7 Aplikasi Android Gratis untuk Menambah Penyimpanan Kamu
    Tawarkan fungsi mirip browser
    [​IMG]

    Uniknya, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Pocket untuk menjelajahi dunia maya selayaknya aplikasi browser. Bedanya pengguna tidak bisa memasukan alamat situs yg ingin dijelajahi. Hanya bisa memanfaatkan halaman yg disimpan di Pocket.

    Misalnya kamu telah menyimpan halaman Google, maka kamu bisa memanfaatkan fitur pencarian Google untuk menemukan sesuatu. Cukup tap situs yg muncul pada hasil pencarian Google untuk membukanya.

    Jika kamu menahan tap cukup lama pada sebuah tautan, akan muncul beberapa pilihan yaitu membuka tautan menggunakan Pocket, menyimpannya, membukanya melaluibrowser, & menyalin tautan itu.

    Kamu juga bisa mengubah tampilan artikel yg tersimpan dari article view menjadi website view. Sayangnya hal ini tidak berlaku sebaliknya. Alasannya karena tidak semua situs bisa diubah dari website view ke dalam article view oleh Pocket. Untuk melakukan hal ini pengguna membutuhkan koneksi internet, baik melalui Wi-Fi maupun data seluler.

    Bagaimana jika ingin menyimpan halaman? Apakah harus keluar terlebih dahulu & menggunakan browser? Kamu cukup tap menu penyimpannya yg berbentuk plus. Secara otomatis, artikel tersebut akan tersimpan di Pocket. Pengguna juga bisa membagikan artikel yg disimpan di aplikasi ini kepada teman-teman menggunakan menusharing.
    Dengarkan artikel
    [​IMG]

    Fitur TTS (Text to Speech) melengkapi fitur aplikasi ini. Berkat fitur ini, kamu tidak perlu membaca artikel yg disimpan, cukup mendengarkannya saja. Walau sayangnya belum ada dukungan untuk bahasa Indonesia.

    Jika kamu banyak menyimpan artikel dari situs berbahasa Inggris, cara menggunakannya mudah. Pilih artikel yg ingin didengarkan, baik di My List maupun Recommended, kemudian pilih menu di pojok kanan & tap Listen (TTS).

    Jika bahasa yg dikehendaki belum tersedia, kamu perlu mengunduhnya dulu, lalu mengubah Written Article Language ke bahasa yg diinginkan.

    Pocket juga menawarkan layanan premium dengan harga Rp59 ribu per bulan, / Rp519 ribu buat setahun. Pocket Premium memiliki tiga fitur unggulan yg terdiri dari Permanent Library untuk menyimpan halaman secara permanen, Powerful Search yg memaksimalkan fitur pencarian, & Suggested Tags yg menyarankan tag relevan dengan artikel sehingga kamu tak perlu repot mengetiknya.

    Secara keseluruhan versi gratis Pocket cukup memuaskan, meski tidak tersedia fitur untuk menyimpan video.Saatterjadi errorketikamenyimpan, pengguna bisareload artikel tersebut & aplikasi akanmenyimpannya kembali.

    Lalu, kita tidak hanya bisa menyimpan artikel dari gadget saja, tetapi juga dari komputer. Bahkan, Pocket juga tersedia sebagai aplikasi komputer, sehingga kita dapat membaca artikel pada layar yg lebih besar.
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Pocket Read It Later - Oct 22, 2015 Genre: News & Magazines Size: Varies with device Installs: 5,000,000 - 10,000,000 Gratis Download [​IMG][​IMG] Plus
    • Menyimpan artikel & gambar dengan cepat & mudah
    • Memungkinkan browsing halaman yg tersimpan
    • Fitur mendengarkan artikel
    Minus
    • Tidak bisa menyimpan video
    • Tidak semua website view bisa diubah menjadi article view

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page