Liga Indonesia Profil Klub Indonesia Super League 2015: PSM Makassar

Discussion in 'Bola' started by Bola, Feb 16, 2015.

Discuss Profil Klub Indonesia Super League 2015: PSM Makassar in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    46,952
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    PSM Makassar menatap gelaran Indonesia Super League (ISL) 2015 dengan persiapan serius. Memiliki reputasi sebagai salah satu klub besar di tanah air, tim kebanggaan publik Makassar tak ingin kembali gagal meraih prestasi di pentas tertinggi sepakbola nasional.

    Musim lalu, pasukan Juku Eja tak berada pada performa terbaik mereka. Kendati mampu mengakhiri musim di papan tengah, PSM sempat terseok-seok di awal sebelum kemudian perlahan bangkit. Selain pencapaian tim, tidak bisanya mereka berlaga di Stadion Andi Mattalatta menjadi salah satu penyebab minimnya dukungan yang masuk.

    Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama, jelang bergulirnya musim baru manajemen PSM fokus untuk mengembalikan kejayaan klub. Selain memastikan dapat menggelar laga kandang di Makassar, pelatih sekaliber Alfred Riedl pun berhasil dikontrak.

    Dana besar telah digelontorkan manajemen untuk memenuhi kebutuhan tim dalam mengarungi ISL 2015. "Kami sudah mengeluarkan anggaran hingga Rp11 miliar untuk tim, termasuk kontrak pemain. Jumlah ini hampir sama dengan musim lalu. Kami berharap prestasi PSM bisa lebih baik," ungkap direktur operasional tim, Azhary Sirajuddin.

    Kesungguhan manajemen juga diperlihatkan dalam pembentukan tim. Selain mempertahankan sejumlah penggawa lokal yang bersinar musim lalu, PSM juga mengikat sederet pemain masa depan Indonesia seperti Maldini Pali dan Muchlis Hadi Ning Saefullah hingga pemain asing berkualitas.

    "Sebetulnya ada 20 pemain yang akan dikontrak. Ponaryo Astaman dan Abdul Abanda Rahman akan disodorkan kontrak setelah tiba di Makassar. Sedangkan Nemanja Vucicevic menunggu agennya ke Makassar," tutur Sumirlan selaku direktur teknik klub.
    STATISTIK MUSIM LALU​
    INDONESIA SUPER LEAGUE 2014
    MainMenangSeriKalahGol
    2074922-26​
    PELATIH: Alfred Riedl​
    [​IMG]
    PROFIL SINGKAT​

    Nama lengkap: Alfred Riedl
    Kelahiran: Wina, 2 Januari 1963
    Sertifikasi: UEFA Pro
    Karier pelatih; Austria (1990-1991), Olympique Khouribga (1993/94), Zamalek (1994/95), Liechtenstein (1997-1998), Vietnam (1998-2001), Al Salmiya (2001-2003), Vietnam (2003-2004), Palestina (2004-2005), Vietnam (2005-2007), Hai Phong (2008/09), Laos (2009-2010), Indonesia (2010-2011), Laos - direktur teknik (2011-2012), CS Vise - tim muda (2012/13), Indonesia (2013-2014), PSM Makassar (2015 - sekarang).

    Alfred Riedl merupakan juru taktik yang sarat pengalaman dan pernah melatih beberapa negara dari Eropa hingga Asia. Namanya mulai populer di tanah air ketika mampu mengantarkan timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2010 lalu.

    Selepas lengser dari jabatan di tubuh skuat Garuda tahun lalu, pelatih asal Austria itu memutuskan untuk menerima pinangan PSM jelang ISL 2015.

    Ini akan menjadi kali kedua bagi Riedl untuk menangani sebuah klub di Asia tenggara dan yang pertama di Indonesia. Sebelumnya, pria 65 tahun itu pernah berkiprah di liga utama Vietnam (V-League) bersama Hai Phong.

    Menghadapi musim baru, Riedl yang akan didampingi Hans Peter Schaller sebagai asisten mengaku optimistis dengan kondisi serta komposisi skuat PSM.

    "Saya lihat komposisi pemain PSM Makassar sudah bagus. Tapi saya berharap kami masih bisa mendapatkan pemain yang lebih bagus lagi. Saya sudah tahu sedikit soal pemain dan tim ini," demikian ungkap Riedl.

    PEMAIN ANDALAN: Rasyid Bakri​
    [​IMG]
    PROFIL SINGKAT​

    Nama lengkap: Rasyid Assyahid Bakri
    Kelahiran: Gowa, 17 Januari 1991
    Posisi: Gelandang
    Karier klub: PSM Makassar (2011 - sekarang)



    Peran Rasyid Bakri di tubuh skuat PSM begitu krusial. Gelandang muda tersebut merupakan produk asli pembinaan pemain muda lokal klub asal Makassar tersebut.

    Sejak melakoni debut profesionalnya bersama Juku Eja pada 2011 lalu, pemain berusia 24 tahun itu masih setia mengenakan kostum kebesaran PSM hingga gelaran musim ini.

    Sederet pelatih silih berganti menangani PSM, namun nama Rasyid kerap menjadi pilihan utama. Begitu pun musim lalu, ia tetap menjadi tulang punggung lini tengah tim di bawah arahan Jorg Peter Steinebrunner maupun Assegaf Razak.

    Kelebihannya adalah mampu untuk beradaptasi dengan sejumlah posisi di lini tengah tim. Meski memiliki posisi asli sebagai gelandang pengatur serangan, tak jarang ia ditempatkan sedikit melebar.
    Bersama PSM musim lalu, Rasyid menjadi salah satu pemain yang tak tergantikan. Total ia membukukan 19 penampilan dan berhasil mengemas dua gol.

    SKEMA IDEAL​

    PSM MAKASSAR
    [​IMG]
    Markus Horison

    Iqbal Samad - Boman Aime - Ahmad Maulana - Rasul Z

    Ardan Aras - Ponaryo Astaman - Rasyid Bakri - Maldini Pali

    M.Rahmat - Nemanja Vucicevic

    Cadangan: Dimas Galih Pratama, Fauzi Toldo, David Ariyanto, Hendra Wijaya, Irfan Raditya, Syamsul Haeruddin, Kurniawan Karman, Ardan Aras, Maldini Pali, Aditya Putra Dewa, Muchlis Hadi, Johan Yoga, Kaharuddin Salam, Abdul Abanda Rahman.







    liga indonesia isl, live score, wikipedia, pes 2013, divisi 1, 2014, super, Profil Klub Indonesia Super League 2015: PSM Makassar
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page